Sukses

Hujan Deras Guyur Jakarta, Wagub Djarot Sidak Rawa Jati Jaksel

Wagub Djarot mengungkapkan, setelah blusukan ke beberapa titik tersebut‎ kondisinya masih aman.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras disertai angin kencang melanda Ibu Kota Jakarta secara merata seharian ini. beberapa genangan di beberapa sudut jalan protokol ikut menghiasi.

Melihat hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat langsung melakukan sidak ke beberapa titik yang berpotensi banjir, salah satunya di Kampung Rawajati, Kalibata, Jakarta Selatan.

"Ini lagi keliling ke beberapa titik‎, cuma cek lapangan!" kata Djarot melalui pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jumat (26/12/2014) malam.

Mantan Wali Kota Blitar itu mengungkapkan, setelah dirinya melakukan blusukan ke beberapa titik tersebut‎ kondisinya masih aman. Meskipun beredar kabar, jika debit air Bendungan Katulampa yang berada di Bogor naik 120 cm atau berstatus siaga III.

"Cek lapangan masih aman‎," imbuh Djarot.

Katulampa Siaga III

Hujan yang melanda wilayah Bogor dan sekitarnya sejak sore hari mengakibatkan debit air di Bendung Katulampa Bogor, Jawa Barat kembali naik mencapai ketinggian 100 cm atau status Siaga III.

Kepala Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, volume air di Sungai Ciliwung sempat bertahan diangka 30 cm pada pukul 15.00 WIB. Namun, sekitar pukul 16.00 WIB ketinggian air naik kembali.

Tinggi muka air (TMA) akhirnya terus meningkat pada pukul 17.00 WIB di angka 100 cm. Jika di angka 100 cm atau dilevel Siaga III tersebut diperkirakan volume air yang melewati bendungan tersebut sebanyak 138 ribu liter per detik.

"Ini disebabkan karena wilayah Puncak diguyur hujan sejak siang hari," jelasnya kepada Liputan6.com, Jumat (26/12/2014).

Pihaknya terus berkomunikasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dan waspada dengan kondisi saat ini," imbaunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini