Sukses

Jaga Gereja, Polda Jabar Libatkan Ormas Islam

Menurut Kapolda Jabar, keterlibatan ormas Islam mengamankan Natal tahun ini merupakan bentuk toleransi beragama yang terjalin di Indonesia.

Liputan6.com, Bandung - Saat perayaan malam Natal 2014 di wilayah Jawa Barat, Polda Jabar akan melibatkan ormas Islam. Terutama membantu mengamankan gereja-gereja.

Kapolda Jabar Irjen Pol M Iriawan mengatakan, keterlibatan ormas Islam mengamankan Natal tahun ini merupakan bentuk toleransi beragama yang terjalin di Indonesia.

"Kita mencoba mensinergikan para ormas Islam yang ingin menjaga gereja tertentu. Dunia luar tahu kalau di Indonesia khususnya di Jawa Barat, toleransi beragama terjalin harmonis dan rukun," ujar Kapolda M Iriawan di Bandung, Rabu (24/12/2014).

Untuk jumlah personel yang diterjunkan dalam pengamanan Natal 2014 dan tahun baru 2015, Polda Jabar menerjunkan 21.115 personel kepolisian yang dibantu oleh unsur TNI dan dinas terkait.

"Kita akan menurunkan 21.115 personel Polri dibantu TNI, pemerintah daerah dan mitra polisi. Kita ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan misa Natal," ucap Iriawan.

Iriawan menuturkan kedua hari besar tersebut akan terjadi peningkatan kepada aktivitas masyarakat. Terutama pada pusat keramaian serta potensi munculnya gangguan keamanan dan ketertiban. Namun pihaknya siap untuk melakukan pengamanan tersebut. "Pengamanan (Natal dan Tahun Baru) dilakukan biar aman dan kondusif," pungkas Kapolda Jabar. (Ans/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini