Sukses

Menteri Yohana: Peringatan Hari Ibu Akan Digelar di Desa-desa

Pernyataan Yohana senada dengan Presiden Joko Widodo yang meminta peringatan hari penting semacam ini tetap dilakukan secara sederhana.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise mengungkapkan, Peringatan Hari Ibu 2014 ini sengaja diselenggaraan secara sederhana di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur.

Dan tahun-tahun selanjutnya, peringatan yang sudah masuk 86 tahun ini juga akan diselenggarakan secara sederhana dan bukan di pusat-pusat kota seperti yang selama ini dilakukan.

"Biasanya an acara seremonialnya di Istana, di TMII (Taman Mini Indonesia Indah), sekarang sudah diarahkan ke pinggiran kota. Walaupun saat ini belum maksimal, kita 2015 akan gelar di desa-desa," ujar Yohana Yambise saat menghadiri Peringatan Hari Ibu di Gor Ciracas, Jakarta, Senin (22/12/2014).

Pernyataan Menteri Perempuan pertama asal Papua ini senada dengan Presiden Joko Widodo yang meminta peringatan hari penting semacam ini tetap dilakukan secara sederhana. Dan khusus Hari Ibu, presiden pun meminta Yohana turut melibatkan perempuan-perempuan dari pedesaan.

Hal tersebut disampaikan Jokowi lantaran permasalahan kekerasan terhadap perempuan yang masih marak malah terjadi di kampung-kampung.

"Justru di kampung dan desa itu problem dan masalah perempuan banyak terjadi," ujar Jokowi yang turut hadir di acara tersebut bersama sang istri Iriana.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga memberikan grasi terhadap seorang aktivis agraria asal Sulawesi  Eva Susanti Hanafi Bande atau Eva Bande.

"Jangan sampai ada lagi aktivis perempuan yang memperjuangkan hak rakyat justru malah akhirnya masuk ke tahanan. Jangan ada lagi hal seperti itu lagi," tegas Jokowi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.