Sukses

Ahok Siap Ajukan Surat Pengajuan Djarot Jadi Wagub DKI ke Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) resmi memilih mantan Walikota Blitar Djarot Saiful Hidayat sebagai Cawagub DKI Jakarta. Nama Djarot telah diserahkan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Boy Sadikin kepada Gubernur Basuki Tjahaja Purnama dalam bentuk salinan surat keputusan DPP PDI Perjuangan.

Nama Djarot telah dilirik Ahok sejak lama untuk menjadi pendampingnya sebagai Wakil Gubernur bila dirinya telah ditetapkan menjadi orang nomor satu di DKI. Pascapenetapan tersebut, Ahok akan langsung mengajukan nama Djarot kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang kemudian akan diteruskan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"‎‎Hari ini akan kita jalani (kirim surat pengajuan pada Mendagri)," ujar Ahok usai menerima surat pencalonan Djarot dari DPP PDI Perjuangan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (3/12/2014).‎

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengaku sebenarnya sudah mengetahui bahwa PDIP pasti akan mengabulkan permintaannya untuk mengajukan nama Djarot sebagai Cawagub DKI pada tanggal 2 Desember lalu. Namun, menurut dia, pengajuan surat pencalonan Djarot baru dapat diantar hari ini. Ia sendiri mengaku telah menyiapkan surat pengajuan cawagubnya sejak kemarin.

"Harusnya sejak kemarin, cuma (Boy Sadikin) nggak sempat datang karena terlalu padat (kegiatan) kan. Saya sudah tahu secara lisan. Sekarang berkas (pengajuan calon wakil gubernur) sudah ada," ucap Ahok.

Lalu mengapa Djarot tidak ikut hadir saat Boy menyampaikan surat pengajuan pencalonannya sebagai Cawagub? Ahok mengatakan kalau saat ini Djarot sedang berada di Surabaya untuk mengikuti kegiatan lain. Ia mengatakan, pascapenetapan tersebut, Djarot akan langsung terbang menuju ke Jakarta sore ini.

"Harus (bertemu). Selama ini kita komunikasi dengan baik. Kita telepon-teleponan, Nanti kita akan ketemu dengan Beliau," ucap Ahok. ‎

Kepastian pengajuan nama Djarot sebagai Cawabud DKI didapat setelah Ketua DPD PDI Perjuangan Boy Sadikin datang menemui Ahok untuk menyerahkan surat keputusan DPP PDIP yang resmi menetapkan Djarot Saiful Hidayat sebagai satu-satuanya Cawagub dari partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Saya diperintahkan untuk menyampaikan surat usulan dari partai yang mengajukan Pak Djarot sebagai wakil gubernur. Fix Pak Djarot yang diajukan. Nah tadi sudah diputuskan Pak Djarot untuk jadi pendamping Pak Ahok," kata Boy.

Boy pun sempat menunjukkan sebuah amplop berwarna cokelat yang menurutnya berisi surat keputusan dari DPP PDIP terkait pencalonan nama Djarot sebagai cawagub DKI. Surat tersebut akan langsung diserahkan kepada Ahok dalam pertemuan tersebut.

"Ini suratnya masih tertutup. Ini dari DPP dan Bu Mega. Nanti biar Pak Ahok sendiri yang memberitahu. Jadi kemarin saya sempat dipanggil Ketua Umum ke Teuku Umar. Dan saya diminta untuk menyampaikan surat kepada Pak Ahok," tandas Boy. (Mut)

Loading