Sukses

Ahok: Djarot Gayanya Seperti Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menginginkan mantan Walikota Blitar Jawa Timur Djarot Syaiful Hidayat untuk menjadi Wakil Gubernur yang akan mendampinginya.

Menurut Ahok, gaya Djarot sama seperti Joko Widodo atau Jokowi yang sebelumnya pernah menjabat Gubernur DKI dan kini menjadi Presiden. Persamaan Djarot dan Jokowi, yakni sama-sama bergaya santai.

"Saya pikir Pak Djarot gayanya kayak Pak Jokowi, santai. Saya kira di Blitar, dia cuma pakai jeans kaos, sama saja," ujar Ahok di Balaikota  DKI Jakarta, Senin (1/12/2014).

Dia pun berharap, Jika Djarot terpilih, maka bakal menjadi pemimpin yang hebat seperti Jokowi atau bahkan lebih hebat dari Walikota Solo tersebut. "Mudah-mudahan lebih hebat idenya dari Pak Jokowi. Ditambah Pak Jokowi yang hebat di Presiden tambah wakil gubernur yang lebih hebat dari Pak Jokowi, gua kan tinggal kunjungan sister city saja," pungkas Ahok.

Selain itu, Ahok mengaku memiliki kedekatan dan kesamaan dengan Djarot. Dia juga mengaku sudah mengenal lama dengan Djarot. Juga memiliki kesamaan memiliki paham Marhaen.

"Namanya teman dari dulu, teman dari saya zaman Bupati ya. Saya sering ikut acara bupati kepala daerah PDIP kalau keluar negeri atau dalam negeri, ya visi kita samalah Marhaein lah, kerakyatan. Jadi salah satu visi kita apa, kita dari dulu kita bukan karena kekuasaan atau karena posisi ya. Kita hanya berbicara kemanusian, keadilan sosial yang kita kejar. Kesamaan visi ini itu ada. Itu khasnya orang Bung Karno, nasionalis lah, keadilan sosial bukan bantuan sosial," kata Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengaku bisa menilai Djarot dari pengalamannya saat bersama-sama menjadi bupati dan melakukan kunjungan di luar negeri.

"Bisa ketahuan kan kalau kepala daerah ke luar negeri, kalau yang duitnya banyak di tasnya itu berapa puluh ribu US dolar buat belanja. Kalau Djarot sama saya agak mirip, kere, nggak belanja. Terus kalau malam yang lain ke mana-mana terus pergi hiburan-hiburan malam, saya sama Djarot diam-diam saja ‚Äéhabis makan, karena duitnya pas-pasan. Kita langsung ketawa, ini bupati 10 tahun tetap bokek juga," tandas Ahok. (Mvi/Riz)

Loading