Sukses

Hujan Sejak Siang, Bendungan Katulampa Kini Siaga IV

Kepala Posko Bendungan Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, volume air di Sungai Ciliwung sempat mengalami penurunan sejak 3 hari kemarin.

Liputan6.com, Bogor - Hujan yang mengguyur wilayah Bogor, Jawa Barat dan sekitarnya sejak siang hari tadi mengakibatkan debit air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat kembali naik. Ketinggian air di sana bahkan mencapai ketinggian 80 cm atau status Siaga IV. Sebelumnya, ketinggian air berada pada angka 30 cm atau level Normal.

Kepala Posko Bendungan Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, volume air di Sungai Ciliwung sempat mengalami penurunan sejak 3 hari kemarin. Namun karena di wilayah Puncak, seperti Rindu Alam, Taman Safari, dan Gadog turun hujan sejak siang, mengakibatkan ketinggian air naik lagi sekitar pukul 17.00 WIB tadi.

Andi mengatakan, diperkirakan volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini sebanyak 90 ribu liter per detik.

"Sekarang naik lagi menjadi angka 80 cm. Jika di Puncak terus mengalami hujan, diprediksi ketinggian bisa meningkat," kata Andi kepada Liputan6.com di Bogor, Jabar, Senin (17/11/2014).

Andi menuturkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk terus waspada dan berhati-hati dengan kondisi saat ini," imbau dia.

Sementara itu, pantauan cuaca di wilayah Bogor saat ini terpantau masih hujan dengan intensitas sedang dan lebat. Bila hujan terus terjadi selama beberapa jam, dimungkinkan volume air di Bendung Katulampa akan bertambah. (Ndy/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini