Sukses

Bendungan Katulampa Siaga IV, Warga Jakarta Diminta Waspada

Hujan dengan intensitas rendah masih mengguyur wilayah Bogor, Jawa Barat.

Liputan6.com, Bogor - Hujan dengan intensitas rendah masih mengguyur wilayah Bogor, Jawa Barat. Pantauan terakhir Liputan6.com pada pukul 19.00 WIB, ketinggian air di Bendung Katulampa Bogor naik hingga angka 60 cm atau Siaga IV.

Kepala Bendungan Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, sejak pukul 18.00 WIB, volume air di Sungai Ciliwung sudah mengalami peningkatan. Saat itu, ketinggian bendung mencapai 60 cm, diperkirakan volume air yang melewatinya sebanyak 47 ribu liter per detik.

"Namun angka ini bisa bertambah jika di Puncak terus diguyur hujan," kata Andi kepada Liputan6.com di Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/11/2014).

Dia melanjutkan, saat ini di untuk wilayah Puncak, kondisinya masih hujan dengan intensitas lebat. "Puncak masih terpantau hujan," ujar dia.

Andi juga menjelaskan untuk batas normal ketinggian air di Bendungan Katulampa adalah di bawah 50 cm. "Volume air di bawah 50 cm tersebut, di bawah 35 ribu liter perdetik itu normal," jelas dia.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak dan di Depok untuk terus memantau kenaikan volume air di aliran Sungai Ciliwung. Dia pun mengimbau warga untuk berhati-hati.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk berhati-hati dengan kondisi saat ini," tandas Andi. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini