Sukses

Sepakat Damai dengan KIH, Sikap KMP Tetap di Luar Pemerintahan

Hal ini dikemukakan Koordinator Koalisi Merah Putih (KMP) Idrus Marham.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun Koalisi Merah Putih [KMP) sudah bersepakat damai dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH), bukan berarti mengubah peta koalisi parpol dua kubu di DPR.

Koordinator Koalisi Merah Putih Idrus Marham mengatakan, pihaknya tetap berada di luar pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

"Kami (KMP) tetap semua di luar. KMP sudah menyatakan berada di luar pemerintahan melakukan peran-peran sebagai penyeimbang. Itu jelas," kata Idrus di rumah Hatta Rajasa, Kompleks Golf Mansion, Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (12/11/2014).

Sekretaris Jenderal Partai Golkar itu bahkan menegaskan, dengan pertemuan dan islah tersebut justru menambah KMP semakin menjadi solid. Idrus menambahkan, pertemuan tertutup di rumah mantan Menteri Koordinator Perekonomian dengan perwakilan KIH tidak membahas arah politik pasca-islah kedua kubu.

"Nggak. Justru akan memperkuat koalisi KMP," tandas Idrus Marham.

Selain Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, pertemuan itu dihadiri perwakilan KMP yakni Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan dan Idrus Marham. Sedangkan perwakilan dari KIH yang hadir adalah politisi PDIP Pramono Anung dan Olly Dondokambey.

Usai pertemuan, Hatta Rajasa mengatakan, pembahasan dengan KIH itu terkait solusi terbaik di DPR usai islah KIH-KMP.

"Tadi kita sudah bicarakan mencari solusi terbaik di DPR, dan seperti yang kawan-kawan sudah ikuti perkembangannya. Kemarin (Senin 10 November 2014) sebenarnya sudah tercapai kesepakatannya, hanya memang kita memerlukan satu koordinasi solid," kata Hatta di rumahnya, Jakarta, hari ini.

Islah politik KIH-KMP itu berlangsung di ruang kerja Ketua DPR Setya Novanto di lantai 3 Gedung Nusantara III, Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin 10 November 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • KIH

  • KMP