Sukses

Menyulap Limbah Plastik Jadi Boneka Wayang

Sampah plastik itu punya manfaat untuk bahan pembuatan wayang sampah.

Liputan6.com, Karanganyar - Sampah plastik yang biasanya langsung dibuang, kini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan suatu karya seni. Sampah plastik itu punya manfaat untuk bahan pembuatan wayang sampah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (29/9/2014), ide wayang sampah itu digagas oleh Komunitas Wayang Sampah yang peduli akan lingkungan di Karanganyar, Jawa Tengah.

Wayang menjadi pilihan dalam kampanye lingkungannya karena wayang merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia. Para siswa sendiri antusias mendapat pengetahuan pemanfaatan sampah, meski cukup sulit membuat boneka wayang, mereka dengan senang mengikutinya.

Tokoh boneka wayang sampah pun diambil dari keseharian masyarakat agar pesan dari pertunjukan wayang sampah plastik dapat diterima dengan mudah.

Melalui pagelaran wayang sampah, selain menggugah kesadaran warga akan pentingnya menjaga lingkungan, kegiatan itu juga sebagai pelestarian seni wayang yang telah diakui dunia.

Baca Juga:

Bahaya, Sampah Plastik Menyebar Hingga Kutub

Siswa Bogor Mulung Sampah Peringati Hardiknas

TPS Daur Ulang Karya Warga Cilincing

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini