Sukses

Selamat Ulang Tahun Pak SBY

SBY, Presiden ke-6 Republik Indonesia itu memasuki usia yang ke-65.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini, Selasa (9/9/2014) berulang tahun. Pendiri sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat itu memasuki usia yang ke-65.

SBY lahir di Tremas, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 9 September 1949. Dia menjadi Presiden ke-6 Republik Indonesia yang menjabat dua kali masa jabatan sejak 20 Oktober 2004. Masa jabatannya yang kedua segera berakhir pada 20 Oktober 2014 mendatang, dan digantikan oleh Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Yudhoyono yang dipanggil 'Sus' oleh orangtuanya melewatkan sebagian masa kecil dan remajanya di Pacitan. Ia merupakan seorang pensiunan militer. Selama di militer, ia lebih dikenal sebagai Bambang Yudhoyono.

Karier militernya terhenti ketika ia diangkat Presiden Abdurrahman Wahid, sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada tahun 1999 dan tampil sebagai salah seorang pendiri Partai Demokrat.

Pangkat terakhir Susilo Bambang Yudhoyono adalah Jenderal TNI sebelum pensiun pada 25 September 2000.

Pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2004, keunggulan suaranya dari Presiden Megawati Soekarnoputri membuatnya menjadi presiden pertama yang terpilih melalui pemilihan langsung oleh rakyat Indonesia. Hal ini dimungkinkan setelah melalui amandemen UUD 1945.

SBY menikah dengan Kristiani Herrawati yang merupakan anak perempuan ketiga Jenderal (Purn) Sarwo Edhi Wibowo (alm), komandan RPKAD (kini Kopassus) yang turut membantu menumpas Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1965.

SBY dan Ibu Ani memiliki dua anak, yakni Agus Harimurti Yudhoyono yang kini sudah menikah dengan artis Anisa Pohan dan Edhie Baskoro Yudhoyono yang kini berstatus suami Siti Ruby Aliya, putri Ketua Umum PAN Hatta Rajasa. Dari kedua anaknya itu, SBY dan Ibu Ani memiliki dua cucu, yakni Almira Tunggadewi Yudhoyono dan Airlangga Satriadhi Yudhoyono. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini