Sukses

Benda Diduga Bom di Mal Jambu Dua Bogor Diledakkan

"Untuk pastinya unsur apa saja yang berada di benda tersebut? Kita menunggu dari pemeriksaan laboratorium selanjutnya," kata Kapolres Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Adanya penemuan benda yang diduga mirip bom di lantai 2 ruang parkir Mal Jambu Dua, menggegerkan pengunjung. Demi keamanan petugas kepolisian Resor Bogor Kota langsung melakukan sterilisasi di tempat lokasi ditemukannya benda mirip bom tersebut.

Kapolres Bogor Kota AKBP Bahtiar Ujang Purnama mengatakan, penemuan benda mencurigakan itu berdasarkan adanya laporan dari seorang petugas keamanan mal. Pihaknya kemudian mendatangi TKP dan melakukan sterilisasi area.

"Kita terima laporan bahwa telah ditemukan benda semacam kardus dimana ada berbagai benda yang diduga ada kaitannya dengan bahan peledak. Kemudian kita langsung ke TKP dan lakukan sterilisasi di area ditemukannya benda mencurigakan itu," ungkap Bahtiar di TKP, Jumat (13/6/14).

Menurut Bahtiar, benda itu ditemukan sekitar pukul 14.00 WIB di tangga darurat lantai dasar. Terlihat mencurigakan, benda itu lantas dipindahkan ke tempat yang aman. Yaitu di parkiran lantai 2 di mana ada sekat tembok.

Untuk itu, pihaknya meminta tim Gegana agar memastikan apakah benda itu mengandung bahan peledak atau tidak. Setelah melalui pemeriksaan, benda tersebut akhirnya diledakkan oleh Tim Gegana Brimob Kelapa Dua Depok pada pukul 16.00 WIB.

"Setelah tim Gegana datang, mereka langsung melakukan langkah sterilisasi dan akhirnya dilakukan peledakan terhadap benda tersebut," ujar Bahtiar.

Setelah dilakukan peledakan, jajaran Satuan Reskrim Polres Bogor Kota langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Kemudian untuk pastinya unsur apa saja yang berada di benda tersebut kita menunggu dari pemeriksaan laboratorium selanjutnya," paparnya.

Bahtiar mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh terhadap kejadian penemuan benda ini. Pihaknya juga sudah melakukan penyelidikan dengan menanyakan kepada beberapa saksi.

"Kita juga sudah mengamankan CCTV di mal. Untuk itu, kami akan mengusut siapa pelaku yang menaruh benda tersebut," pungkas Bahtiar.

Dalam benda mencurigakan itu, terlihat adanya rangkaian kabel dan timer. Kemudian terlihat juga tabung yang ujungnya dibungkus koran. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini