Sukses

SBY Kembali ke Tanah Air Usai Kunjungan ke Myanmar

Presiden SBY menyelesaikan kunjungan kerja 3 harinya di Myanmar untuk menghadiri KTT ke-24 ASEAN.

Liputan6.com, Nay Pyi Taw, Myanmar - 3 Hari berada di Myanmar untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ke-24 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), siang ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Negara Ani Yudhoyono kembali ke Tanah Air.

Seperti dilansir laman Presidenri.go.id, Senin (12/5/2014), Presiden SBY dijadwalkan meninggalkan Myanmar melalui Bandara Internasional Nay Pyi Taw menggunakan pesawat kepresidenan BBJ-2 pukul 10.00 waktu setempat. Presiden diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 14.30 WIB.

Kepulangan Presiden SBY dan Ibu Ani dilepas oleh Menteri Energi Myanmar Zayar Aung, Kepala Protokol Myanmar U Thurein Thant Zin, Dubes Myanmar untuk RI Min Lwin, dan Dubes RI untuk Myanmar Ito Sumardo.

Presiden SBY tiba di Ibukota Myanmar pada Sabtu 10 Mei siang. Dan langsung menghadiri jamuan santap malam yang diselenggarakan oleh tuan rumah Presiden Myanmar Thein Sein untuk para kepala negara atau pemerintahan negara anggota ASEAN.

Kemarin, Minggu 11 Mei, Presiden SBY mengikuti rangkaian acara KTT ke-24 ASEAN. Pertama, SBY menghadiri acara pembukaan, diikuti dengan sidang pleno dan retreat. Setelah itu, SBY juga menghadiri pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), dilanjutkan dengan pertemuan ASEAN dengan perwakilan Civil Society Organization (CSO), serta dengan perwakilan ASEAN Youth.

Setelah sesi penutupan KTT ke-24 ASEAN, SBY langsung memimpin sidang KTT ke-10 Brunei-Indonesia-Malaysia-Philipinnes East Asian Growth Area (BIMP-EAGA). Seluruh rangkaian acara tersebut dilaksanakan di Myanmar International Convention Center 1. Rangkaian acara KTT ke-24 ASEAN ditutup dengan ASEAN Leadersip Forum ke 11.

Sementara itu, Ibu Ani Yudhoyono kemarin mengikuti rangkaian acara spouse program. Bersama dengan para pendamping pemimpin negara ASEAN, Ibu Ani meninjau Gems Museum dan pameran kerajinan tangan dan koleksi batu perhiasan Myanmar di Mani Yadanar Jade Hall.

Mendampingi Presiden SBY dalam pertemuan KTT ke-24 ini, antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Menlu Marty Natalegawa, Seskab Dipo Alam, dan Ketua KEN Chairul Tanjung. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini