Sukses

Lemsaneg Ajari Pengawal Jokowi Teknik Menghindari Penyadapan

Jokowi menggandeng Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk memberikan pelatihan mencegah penyadapan kepada para pengawal prbadinya.

Liputan6.com, Jakarta - Tak mau lagi kasus penyadapan yang menimpa dirinya kembali terulang, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menggandeng Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk memberikan pelatihan mencegah penyadapan kepada para pengawal prbadinya.

"Dilihat dulu nanti oleh mereka (Lemsaneg), apakah mereka sudah punya kemampuan itu atau belum. Kalau belum di-training sama mereka," ujar Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat, (28/2/2014).  

Selain memberikan pelatihan kepada para pengawalnya, Lemsaneg juga akan membantu Jokowi menyediakan peralatan elektronik untuk mengindari bentuk penyadapan.  

"Mau itu yang deteksi, proteksi, kontra-penginderaan, semuanya ada di Lemsaneg, nggak perlu pakai swasta-swastalah," ujar Jokowi.

Penyadapan Jokowi pertama kali dikemukakan oleh Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo. Ada 3 area di rumah Jokowi yang disadap, yakni kamar tidur, ruang kerja, dan ruang tamu.

Tak hanya itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pun juga diduga diikuti intel. Pihak PDIP menduga, upaya-upaya tersebut merupakan langkah untuk melemahkan suara partai berlambang kepala banteng itu pada Pemilu 2014.

Sementara itu, Jokowi mengaku dirinya tidak mau memperpanjang kasus tersebut lamtaran tidak ada hal penting dan rahasia yang dibicarakan di tempat alat sadap itu ditemukan. untuk  itu, dirinya juga tidak mau melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Lemsaneg