Sukses

Sistem Pendaftaran <i>Online</i> Murid SMA Membingungkan

Masih banyak orang tua dan calon murid tidak paham prosedur pendaftaran dengan cara online. Mereka diliputi kepanikan karena waktu pendaftaran semakin sempit dan jumlah kursi menipis.

Liputan6.com, Jakarta: Pendaftaran secara online murid baru ke sekolah menengah atas negeri (SMAN) tahap kedua dinilai masih membingungkan. Sejumlah orang tua yang mencoba mendaftar tetap saja menemui kesulitan. Mereka mengaku tidak paham. "Susah dijangkau, apalagi kita yang kurang mengerti, ya susah," kata Halimah, seorang di antara orang tua murid di Jakarta, Kamis (13/7).

Pendaftaran online bertujuan mengurangi praktik perjokian. Data siswa yang dimasukkan ke komputer langsung disebarkan ke semua sekolah. Seorang anak diminta mendaftar ke lima sekolah pilihan. Jika tidak diterima di sekolah pilihan pertama, calon murid akan langsung diseleksi oleh sekolah pilihan kedua dan seterusnya [baca: Pendaftaran Calon Siswa Secara Online Bermasalah].

Pada pendaftaran tahap kedua di Jakarta masih tersedia 1.764 bangku kosong. Jika mengingat semakin tipis jumlah kursi, wajar saja jika orang tua mendatangi sekolah-sekolah favorit sejak pagi. Misalnya SMAN 78 Jakarta Barat. Meski hanya tersisa delapan kursi lagi, jumlah peminat ke SMAN 78 masih tinggi.(KEN/Cindy Agustina dan Deddy Sunandar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.