Sukses

Peterpan, <i>Pengen</i> Terbang Lagi

Setelah sibuk menggelar konser diberbagai daerah dalam tiga tahun terakhir ini, Peterpan akan mengeluarkan album baru lagi. Ini akan mereka lakukan setelah menjalani libur panjang dari tour musiknya.

Liputan6.com, Jakarta: Meski tak sama persis dengan cerita dongeng Peterpan yang mengkisahkan seorang anak yang bisa terbang. Kesuksesan grup musik Peterpan yang digawangi Ariel, Reza, Andika, Ariel, Uki, dan Indra ini boleh dibilang berawal dari sebuah mimpi.

Adalah Andika, sang keyboardis, yang memulai mimpinya itu untuk membuat band terkenal dan solid. Band tersebut mampu menciptakan puluhan lagu dan ratusan hits, seperti The Beatles. Singkat cerita, keinginan Andika ini akhirnya terwujud setelah bertemu dengan Uki, sang gitaris, di SMP Negeri 2 Bandung. Dari Uki, Andika kemudian Nazril Irham alias Ariel, sang vokalis. Ketiga pemuda ini kemudian bertemu Indra, pemain bas.

Setelah sempat membentuk band Topi yang akhirnya bubar, mereka kemudian bertemu dengan Loekman, gitaris dan Reza, pemain drum. Ariel cs ini kemudian membentuk band bernama Peter Band. Nama Peter itu diambil dari singkatan pengen terbang. Namun karena terdengar aneh, mereka kemudian sepakat mengubahnya menjadi Peterpan pada September 2000 silam.

Setelah membuat album kompilasi dan melepaskan album perdana Taman Langit melalui Musica Studio’s pada Juni 2003 silam, Peterpan kemudian menjadi band yang paling dicari dan kebanjiran job hingga 2006 ini. Apalagi setelah merilis album Bintang di Surga dan soundtrack musik untuk film Alexandria. "Peterpan mulai mengalami kepadatan konser tiga tahun belakangan ini," kata Ariel di samping dan di hadapan personel Peterpan lainya dalam segmen dialog di Liputan 6 Pagi edisi Ahad (14/5).

Dalam album perdana, Peterpan mengandalkan lagu Sahabat dan Topeng. Sementara pada album kedua, mereka merilis sejumlah lagu yang di antaranya: Bintang di Surga, Ada Apa Denganmu, Aku, Khayalan Tingkat Tinggi dan Mungkin Nanti.

Menurut Ariel, dalam seminggu Peterpan bisa manggung tiga sampai empat kali kalau lagi tour di berbagai daerah. "Sehari bisa aja ada di Jawa, Kalimantan, dan Papua," kata Andika yang duduk di samping Uki dan Loekman kepada Cindy Agustina, reporter SCTV, di Jakarta.

Adapun untuk menjaga stamina tubuh para personel Peterpan mengaku kerap minum suplemen kesehatan dan makan-makanan bergizi serta tidur. "Istirahat yang cukup dan minum vitamin," kata Ariel.

Dalam kesempatan ini, para personel Peterpan mengaku tidak melupakan semua pengalamannya saat konser di sejumlah daerah di Tanah Air. "Jadi semua tempat (konser) hampir sama dan tidak terlupakan," ujar Uki.

Berkaitan dengan lirik lagu, para personel grup musik ini mengaku lagu-lagu yang dirilis Peterpan kebanyakan diciptakan oleh sang vokalis." Apa yang kita alami kita jadiin lagu," jawab Ariel menganggapi pertanyaan Cindy. Selanjutnya, mereka juga sepakat aliran musik yang diusung Peterpan adalah musik pop.

Ariel mengungkap grup musiknya akan menjalani libur panjang dan akan fokus membuat album baru pada pertengahan tahun ini. "Mudah-mudahan akhir tahun atau awal tahun 2007, Peterpan akan meluncurkan album baru," ujar Ariel optimistis untuk memberikan karya baru bagi para Sahabat Peterpan, julukan penggemar Peterpan.(ZIZ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.