Sukses

Barnabas Suebu Gubernur Papua Terpilih

Pasangan Barnabas Suebu-Alex Hasegem ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua periode 2006-2011. Pasangan Lukas-Arobi menyatakan menolak dan akan menempuh jalur hukum.

Liputan6.com, Jayapura: Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi Papua akhirnya menetapkan pasangan Barnabas Suebu dan Alex Hasegem sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua terpilih periode 2006-2011, Senin (3/4) petang. Barnabas mengaku siap mengemban tanggung jawab yang dipercayakan para pemilihnya.

Dalam penghitungan akhir suara hasil pemilihan kepala daerah Papua yang telah disahkan KPU setempat, pasangan Barnabas-Alex memperoleh 354.763 suara dari total 1.126.574 pemilih. Sedangkan pasangan Lukas Enembe dan Arobi Aituwarau memperoleh 333.629 suara, sementara sisanya diperoleh tiga pasangan lain.

Kendati demikian, pasangan Lukas-Arobi menyatakan keberatan dengan keputusan KPU Papua. Pihaknya akan menempuh jalur hukum atas dugaan penggelembungan suara dalam pilkada, khususnya di daerah pemilihan Yahukimo. Ketua KPU Papua Ferry Kareth mempersilakan pihak-pihak yang keberatan untuk mengajukan gugatan melalui pengadilan tinggi setempat, paling lambat dalam tiga hari ke depan.

Sebelumnya, pendukung pasangan Lukas-Arobi melancarkan protes meminta sidang pleno ditunda. Namun, KPU Papua tetap melanjutkan rapat sehingga hujan interupsi berlanjut. Tak urung, Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Polisi Tommy Jacobus harus turun tangan mengusir peserta rapat yang terus melancarkan protes [baca: Rapat Pleno KPUD Papua Dihujani Interupsi].(ADO/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini