Sukses

Mustafa Abubakar Pejabat Gubernur Aceh

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri M. Ma`ruf melantik Mustafa Abubakar menjadi pejabat Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam. Mustafa yang sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Jenderal Departemen Kelautan dan Perikanan ini bakal memimpin Aceh hingga terpilih gubernur definitif melalui pemilihan kepala daerah (pilkada) pada April mendatang.

Ma`ruf meminta Mustafa yang tak lain Ketua Satuan Tugas Tim Rehabilitasi Sektor Kelautan dan Perikanan Pasca-Tsunami NAD-Sumatra Utara itu memprioritaskan diri untuk memfasilitasi persiapan pilkada. "Pendataan penduduk dan potensi pemilih," jelas Ma`ruf usai melantik Mustafa di Jakarta, Jumat (30/12) siang ini. Selain itu, gubernur ad interim ini harus terus melanjutkan dan mensosialisasikan kesepakatan damai RI-Gerakan Aceh Merdeka yang ditandatangani di Helsinki, Finlandia, pertengahan Agustus silam.

Sementara posisi wakil gubernur Aceh lowong, karena masa jabatan Abdullah Azwar Abubakar--Wagub Aceh yang ditunjuk sebagai pejabat gubernur--telah berakhir 25 November 2005. Selanjutnya ia akan ikut bertarung untuk pemilihan gubernur Aceh pada April 2006.(TOZ/Carlos Pardede dan Dwi Firmansyah)

    Loading