Sukses

Dua Balita Lumpuh Setelah Diimunisasi Polio

Nanda Afrida dan Muhammad Yusuf Ramadhan tak bisa berjalan setelah diimunisasi polio pada Pekan Imunisasi Nasional 30 November silam. Kedua warga Lamongan, Jatim, ini hingga kini hanya bisa terbaring lemah.

Liputan6.com, Lamongan: Dua anak berumur di bawah lima tahun, lumpuh setelah mengikuti Pekan Imunisasi Nasional putaran III pada 30 November silam di Lamongan, Jawa Timur. Mereka adalah Nanda Afrida dan Muhammad Yusuf Ramadan.

Nanda sebenarnya sudah bisa berjalan sejak berusia satu tahun lebih. Namun setelah diimunisasi polio sebulan silam, warga Sukodadi ini justru menjadi tak bisa berjalan normal. Putri pasangan Abdul Gani dan Yayu Sri Rahayu itu setelah tiga hari diimunisasi dirawat enam hari ke Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan karena terserang batuk dan sesak napas.

Yusuf juga bernasib sama dengan Nanda. Bocah lelaki itu kini hanya bisa berbaring dan berlama-lama di gendongan ibunya. Sejauh ini Yusuf sudah tak terhitung lagi mendapat perawatan baik medis maupun alternatif.

Kasus yang menimpa Nanda dan Yusuf menambah panjang jumlah balita yang sakit setelah diimunisasi. Bahkan awal bulan ini, Rian yang baru berusia dua bulan tewas setelah diimunisasi. Sebelum mengikuti PIN di Majalengka, Jawa Barat itu, Rian diketahui menderita flu dan demam [baca: Bayi Tewas Setelah Diimunisasi Polio].(YAN/Muhamad Kodim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.