Sukses

Pahami Risiko Operasi Hidung yang Diduga Dijalani Mahalini

Operasi hidung yang diduga dijalani Mahalini umumnya bertujuan mengubah bentuk hidung maupun mengatasi masalah pernapasan.

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Mahalini yang bikin pangling mengundang spekulasi bahwa ia telah menjalani operasi hidung. Dugaan ini bermula saat perempuan berdarah Bali itu tampil di acara FuntasticDay pada Sabtu, 6 Juli 2024.

Di video viral di media sosial, istri Rizky Febian, yang saat itu membawakan lagu Bawa Dia Kembali, dinilai tampil dengan hidung lebih mancung. Sementara belum ada konfirmasi terkait Mahalini menjalani prosedur kosmetika tersebut, perlu dipahami bahwa operasi hidung disertai risiko dan tidak bisa diputuskan secara sembarangan.

Mengutip Mayo Clinic, Senin (8/7/2024), operasi hidung, yang juga dikenal sebagai rhinoplasty, merupakan prosedur untuk mengubah bentuk hidung. Rhinoplasty dapat mengubah ukuran, bentuk, atau proporsi hidung. Hal ini dapat dilakukan untuk mengatasi masalah akibat cedera, memperbaiki cacat lahir, atau memperbaiki beberapa masalah pernapasan.

Dijelaskan bahwa rhinoplasty dapat mengubah tulang, tulang rawan, kulit, atau ketiganya. "Bicarakan dengan dokter bedah Anda tentang apakah operasi hidung cocok untuk Anda dan apa manfaatnya," kata mereka.

Seperti operasi besar lainnya, operasi hidung memiliki risiko, yakni pendarahan, infeksi, dan reaksi buruk terhadap anestesi. Risiko lain yang mungkin terjadi adalah masalah bernapas melalui hidung, mati rasa permanen di dalam dan sekitar hidung, serta kemungkinan hidung tampak tidak rata.

Juga, nyeri disertai perubahan warna atau bengkak yang mungkin berlangsung lama, terdapat lubang di dinding antara lubang hidung kiri dan kanan, kebutuhan untuk operasi tambahan, serta perubahan indera penciuman. Maka itu, pasien diminta membicarakan risiko operasi plastik tersebut, karena itu tergantung kondisi masing-masing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenapa Mahalini Oplas?

Mayo Clinic menyebut, perubahan sangat kecil pada struktur hidung Anda, bahkan hanya beberapa milimeter, dapat membuat perbedaan besar pada penampilan hidung secara keseluruhan. Sering kali, ahli bedah berpengalaman bisa memberi hasil memuaskan.

Namun dalam beberapa kasus, perubahan kecil saja tidak cukup. Anda dan dokter bedah Anda mungkin memutuskan melakukan operasi kedua untuk membuat lebih banyak perubahan. Jika ini masalahnya, pasien harus menunggu setidaknya satu tahun untuk operasi lanjutan karena hidungnya bisa mengalami perubahan selama waktu tersebut.

Di antara tanggapan warganet menyayangkan wajah Mahalini yang kehilangan kekhasan perempuan Bali, sejumlah penggemar membela perubahan bentuk hidung penyanyi berusia 24 tahun tersebut. Salah satunya pemilik akun TikTok Boss Lady. Ia menyebut bahwa hidung Mahalini agak miring, dan jika dibiarkan, kondisi itu bisa mengakibatkan sinus dan memengaruhi pita suaranya.

 "Jadi dia ikut saran dokter untuk dioplas. Jangan negative dlu ya gais," katanya di kolom komentar akun TikTok @beschuit.x. "Emg Lini sndiri pernah ngejelasin karena dia alergi debu gampang pilek pas dicek tulang idungnya bengkok alhasil dokter saranin oplas untuk kesehatan dia."

3 dari 4 halaman

Transformasi Wajah Mahalini

Perubahan wajah Mahalini sampai menarik perhatian dr. Neissa Sinaputri, seorang dokter kecantikan sekaligus pemilik klinik kecantikan di Surakarta, Jawa Tengah. Alih-alih membahas dugaan operasi plastik, ia menguraikan sejumlah prosedur kecantikan yang sama sekali tidak menggunakan pisau bedah.

Menurut dr. Neissa, wajah Mahalini saat awal berkarier sebagai penyanyi lebih lebar dan chubby dibanding saat ini karena menjalani lima prosedur perawatan. Pertama adalah meso slimming injection yang berfungsi memecah sel-sel lemak di bagian pipi.

Berikutnya, wajah tirus juga bisa didapatkan dengan injeksi toksin botulinum alias botox di area rahang. "Fungsinya untuk mengecilkan rahang yang tadinya lebar jadi lebih slim," katanya.

Prosedur ketiga adalah filler dagu. "Filler dagu ini memberikan siluet memanjang sehingga bentuk wajah terlihat lebih V-shape," ucap dr. Neissa.

Keempat adalah dengan High Intensity Focused Ultrasound (hifu) yang berfungsi mengencangkan area smile line dan marionette line sehingga lebih tirus. Terakhir, yakni dengan menyuntikkan collagen stimulator yang berfungsi memberi efek lebih mengangkat, tirus, ramping, serta mempertegas garis rahang dan dagu.

4 dari 4 halaman

Penampilan Mahalini Sebelumnya

Sebelum rumor operasi hidung, Mahalini dan Rizky Febian berbagi foto di Bali saat keduanya menghadiri rangkaian upacara kematian Mamukur. Sederet momennya dibagikan mereka di unggahan online di akun Instagram masing-masing, bulan lalu.

Di foto dan video yang dimaksud, Lini tampak famiiar, mengenakan kebaya brokat putih khas Bali berpadu songket cukup cerah. Ia juga memakai kabung, yakni kain putih yang diikatkan di kepala sebagai tanda berduka cita, menurut KBBI.

Di sisinya, Rizky memakai busana berwarna serasi, dan keduanya kompak mengenakan kacamata hitam. Pelantun lagu Sial itu menambah aksesori berupa tas selempang kecil berharga fantastis.

Lini tampak menyampirkan tas Hermes Kelly dalam warna hitam. Melansir Saclab, 14 Juni 2024, aksesori mahal itu dideksripsikan sebagai tas yang dicintai banyak orang karena dimensinya yang sangat lucu. Harganya di pasar penjualan kembali beragam, namun di laman itu, tas tersebut dibanderol 26 ribu euro (sekitar Rp457 juta).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini