Sukses

Brightspot Mall 2024 Ingin Bernostalgia Sekaligus Bangkitkan Kembali Pentingnya Gerai Fisik untuk Industri Kreatif

Ratu Plaza yang akan menjadi lokasi Brightspot Mall 2024 memang lebih dikenal oleh masyarakat yang berusia 30 tahun ke atas. Namun, nuansa nostalgia yang dihadirkan dalam Brightspot Mall tidak terbatas untuk mereka saja.

Liputan6.com, Jakarta - Brightspot kembali hadir di tahun ini untuk menyediakan ruang analog bagi para pelaku industri kreatif. Bertajuk Brightspot Mall 2024, event tahunan yang menampilkan berbagai brand lokal dan UMKM ini akan digelar di Ratu Plaza, Jakarta. Ratu Plaza merupakan salah satu pusat perbelanjaan terkemuka di Jakarta pada tahun 1980an dan 1990an, yang kini sudah cukup terlupakan.

Acara Brightspot Mall 2024 digelar dalam upaya menghidupkan kembali kejayaan retail tersebut di era modern saat ini. "Kami dari awal memang berencana berganti-ganti tempat, jangan terus-terusan di satu tempat saja walaupun ramai pengunjung. Kali ini kami membuat satu konsep yang berbeda dari biasanya. Kami akan bikin di Ratu Plaza ini, dan kami akan take over malnya," kata pencetus Brightspot Market Anton Wirjono di Ratu Plaza, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Mei 2024.

Anton tidak menampik, Ratu Plaza memang lebih dikenal oleh masyarakat yang berusia 30 tahun ke atas. Namun, nuansa nostalgia yang dihadirkan dalam Brightspot Mall tidak terbatas untuk mereka saja.

"Nostalgia bukan hanya di (generasi) orang tua, tapi juga di kalangan generasi Z. Ini kelihatan dari musik yang mereka konsumsi karena beberapa tahun belakangan ini misalnya, pembelian piringan hitam oleh anak muda meningkat pesan," jelas Anton.

"Di mal ini saya dulu waktu masih sekolah suka ke sini biasanya buat belli mainan di toko namanya Hoya, sekarang sudah nggak ada, dulu kalau mau beli Lego ya di Hoya di Ratu Plaza ini. Terus habis beli mainan makan dimsum dan jangan lupa naik lift kapsul yang transparan. Dengan membuat ajang seperti Brightspot ini kita optimis mal ini bisa bangkit lagi,” timpal Leonard Theosabrata selaku Direktur Utama LLP-KUKM (Smesco Indonesia).

Rencananya, Brightspot Mall akan menggunakan tiga lantai, yakni Ground atau Main Hall, Lantai 1, dan Lantai 2. Di setiap lantai, pengunjung akan dimanjakan oleh 206 tenants atau gerai yang terdiri dari beragam kategori, termasuk food and beverages (FnB) dan fesyen. Selain itu, akan ada banyak acara pendukung seperti pertunjukan musik dan talkshow.

"Dinamika tren dan teknologi membuat pola berbelanja kita berubah dan menuntut pelaku industri kreatif lokal untuk selalu berinovasi, hal ini yang menjadi tantangan terutama untuk offline retail,” terang Anton.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Ruang Kreatif

"Tahun ini kami ingin mengingatkan kembali bahwa ruang fisik untuk industri kreatif sangat penting, keberadaan ruang analog untuk kolaborasi dan inovasi seperti jadi penanda bahwa kreativitas di kota itu terus berjalan dan menjadi ‘hidup;," sambungnya.

Dalam upaya memicu pertumbuhan ekonomi kreatif, Anton menambahkan, ruang analog menjadi esensial dalam memberikan tempat di mana orang dapat berkumpul, berinteraksi, dan berkolaborasi tanpa batasan digital. Lebih dari itu, pentingnya ruang analog menghidupkan kembali dengan munculnya kolaborasi dan inovasi antara pelaku industri kreatif lokal.

Pendapat senada juga dilontarkan Leonard Theosabrata mengenai pentingnya ruang kreatif. Pria yang akrab disapa Leo ini mengatakan, potensi ruang analog bagi pelaku industri kreatif di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta, semakin berkembang dengan adanya ruang seperti Brightspot Mall 2024 di Ratu Plaza dan berbagai coworking dan collaborative space yang tersebar di Jakarta.

Ruang-ruang ini sangat penting untuk mendorong inovasi dan kolaborasi kreatif, menginspirasi ide-ide baru. Peran pemerintah sangat krusial dalam mendukung perkembangan ini, misalnya dengan menyediakan fasilitas dan mempromosikan kegiatan kreatif melalui platform yang dimiliki pemerintah.

3 dari 4 halaman

Mendukung Pelaku Usaha Kreatif Lokal

"Kita memang harus mengikuti perkembangan tren yang terus berubah, para pengusaha lokal ditantang untuk beradaptasi dan merespons dengan strategi yang efektif. Kemampuan beradaptasi menjadi elemen kunci dalam peran kreativitas manusia sebagai fokus utama dalam semua aspek bisnis, itu harus selalu kita ingat agar tidak struggle menghadapi perkembangan zaman,” tuturnya.

Di tahun ini, Brightspot Mall 2024 kembali didukung oleh BCA yang menegaskan komitmennya dalam mendukung pelaku usaha kreatif lokal setelah sukses pada Brightspot Market 2023 lalu.

Dalam kegiatan Brightspot Mall 2024 kali ini, BCA menghadirkan kemudahan bertransaksi melalui aplikasi myBCA dan Paylater BCA. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai promo menarik yang ditawarkan oleh BCA, seperti: voucher belanja hingga Rp75 ribu untuk minimal transaksi Rp350 ribu dengan QRIS di myBCA/BCA mobile dan Paylater BCA.

"Kami berharap gelaran ini dapat memberikan dampak positif bagi pelaku industri kreatif sekaligus meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal Tanah Air," kata Executive Vice President BCA, I Ketut Alam Wangsawijaya.

Brightspot Mall 2024 selain ingin mengembalikan era kejayaan retail 80an, juga ingin membuka peluang menciptakan ruang fisik bertemunya komunitas kreatif untuk berkumpul dan berkolaborasi.

4 dari 4 halaman

Brightspot Mall 2024 Digelar di Akhir Pekan

Sementara itu Signature Time melalui sebuah movement Path of Passion kembali hadir di Brightspot Mall 2024 untuk mengkomunikasikan bahwa setiap orang berhak merasaka nikmatnya hidup, mengerjakan passion mereka dengan melawan stigma sosial yang mereka hadapi.

"Berbeda dari tahun lalu, tahun ini kami sadar bahwa halangan bukan datangnya dari pihak luar aja, tapi dari diri sendiri juga yang justru malah jarang banget kita sadari,” ucap Dimitrij Kartalaksana sebagai Consumer Engagement Manager dari Signature Time.

"Karena itu, tahun ini kami bersama temen-temen Psikolog mencari tahu lebih dalam mengenai isu Cognitive Distortions. Ini sebuah keadaan pola pikir di mana kita merasa pikiran negatif itu menurunkan niat untuk berkarya. Karena diri kita yang bisa meredupkan passion, diri kita juga yang bisa mengubah kekhawatiran itu jadi karya nyata," tambahnya.

Brightspot Mall 2024, seperti di tahun-tahun sebelumnya akan digelar di akhir pekan, selama dua pekan berturut-turut, dimulai dari 31 Mei hingga 2 Juni 2024, dan dilanjutkan dari 6 hingga 9 Juni 2024. Peresmian akan digelar pada 30 Mei 2024 khusus untuk undangan. Temukan info mengenai jadwal pembukaan Brightspot Mall 2024 dan beragam promo menarik melalui aplikasi Brightspot dan melalui sosial media @brightspotmrkt.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini