Sukses

Buka Toko Terbesar di Asia Tenggara, Lego Tampilkan Monas dan Ondel-Ondel Betawi

Perusahaan mainan asal Denmark, Lego meresmikan toko terbesarnya di Asia Tenggara. Gerai seluas 365 meter persegi itu berlokasi Mal Senayan City, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan mainan asal Denmark, Lego meresmikan gerai atau toko terbesarnya di Asia Tenggara. Gerai seluas 365 meter persegi itu berlokasi Mal Senayan City, Jakarta Pusat.

"Hari ini menjadi tonggak penting perjalanan The Lego Group dalam menyebarkan kegembiraan dan kreativitas di seluruh Indonesia. Dengan potensi di pasar di Indonesia yang dinamis dan terus berkembang ini, kami berharap ini dapat memperkuat kehadiran kami, menjangkau lebih banyak anak, dan menginspirasi para pembangun masa depan," terang Senior Vice President Asia Pacific The LEGO Group, Claus Kristensen saat peresmian toko Lego di Senayan City, Selasa, 21 Mei 2024.

Ia mengatakan, Lego sudah ada di Indonesia selama lebih dari 10 tahun lewat berbagai mitra distribusi dan manufaktur serta telah mendapatkan dukungan yang kuat terhadap merek dan bisnis kami. "Kami berharap hal ini akan terus berlanjut seiring dengan ekspansi kami kedepannya," katanya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor, Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi, mengatakan bahwa industri mainan di Indonesia termasuk sektor yang berkembang secara berkelanjutan. "Pada tahun 2024 diperkirakan industri ini akan menyumbang nilai ekspor hingga 130 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp2,08 triliun," teranganya.

Menurut Didi bila Lego bergabung dalam industri mainan Tanah Air dengan menanamkan investasi dengan membangun manufaktur pendukung maka potensi ini akan terus meningkat dan menguntungkan bisnis maupun pemerintah Indonesia. "Apalagi, Indonesia saat ini sudah mengantongi RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership). Hal ini akan memudahkan ekspor ke banyak negara yang mewakili 30 persen perekonomian dunia," ungkapnya.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciptakan Sendiri Karakter Legp

Toko Lego terbesar di Asia Tenggara yang baru diresmikan ini menampilkan satu-satunya model balok Lego 3D dari landmark Indonesia. Terutama yang ikonik di Jakarta, seperti Monumen Nasional (Monas) dan sepasang Ondel-Ondel, Betawi serta dinding mosaik tiruan dari Tugu Selamat Datang yang terbuat dari 21.562 balok Lego dengan tinggi hingga tiga meter.

Lalu ada juga model busway atau Trans Jakarta yang juga identik dengan Kota Jakarta. Koleksi ini hanya satu-satunya dan hanya untuk display alias tidak untuk dijual. Meski begitu tidak tertutup kemungkinan landmark ikonik Jakarta itu dibuatkan versi Lego untuk dijual.

Hal menarik lainnya di toko ini adalah Lego Minifigure Factory pertama di Asia Tenggara, di mana pengunjung dapat membuat minifigures Lego yang dapat dikostumisasi. Pengunjung bisa mengkreasi sendiri karakter yang ingin mereka buat dan bisa ditambah tulisan kecil di bagian bawah seperti menuliskan nama atau identitas lainnya.

Ada banyak pilihan warna dan bentuk karakter yang tersedia. Setelah selesai membuat karakter yang diinginkan, hasilnya di print di mesin khusus Lego Minifigure Factory yang memakan waktu sekitar 10 menit. Untuk bisa mendapatkan karakter Lego yang bisa Anda buat sendiri ini harus membayar Rp199 ribu untuk satu karakter. 

3 dari 4 halaman

Menambah Koleksi Lego Bricks

Koleksi mainan di toko juga disusun dengan kategori yang jelas di antara berbagai tema seperti City, Friends, DUPLO dan koleksi-koleksi favorit lainnya, yaitu Disney, Super Mario, Ninja Go dan Star Wars, sehingga baik anak-anak maupun orang dewasa dapat dengan mudah memilih set yang mereka inginkan. Ada pula area seperti Lego Pick and Build yang menjadi tempat bagi pelanggan untuk menambahkan lebih banyak Lego bricks ke dalam koleksinya

Toko terbaru ini merupakan satu dari enam toko yang akan diresmikan di tahun 2024, sehingga jumlah total toko Lego akan menjadi 26 toko yang tersebar di sembilan kota di Indonesia. Jumlah ini belum termasuk 300 para mitra ritel yang menjual produk Lego seperti toko mainan, department store, dan toko online resmi.

"Pembukaan toko ini jadi salah satu usaha kami buat meningkatkan peluang bagi anak Indonesia untuk mengakses permainan Lego dan pengalaman autentik merek Lego, sekaligus menyediakan kesempatan kerja untuk masyarakat Indonesia melalui berbagai mitra ritel kami," tutur Kristensen. 

4 dari 4 halaman

Bantuan untuk Anak-Anak Indonesia

Toko baru ini merupakan bagian dari serangkaian komitmen Lego Group untuk memperkuat kehadirannya di Indonesia. Mereka memberikan donasi sebesar 1 juta dolar AS atau senilai Rp15,9 miliar untuk mendukung pertumbuhan anak Indonesia.

Mereka memberi bantuan dana melalui Lego Foundation selama tiga tahun. Khususnya untuk mendukung inisiatif yang dirancang untuk membantu anak-anak dan pengasuh mendapatkan akses yang lebih mudah untuk belajar sambil bermain. 

Manfaat dari belajar melalui bermain juga telah diakui sebagai elemen penting dalam pendidikan anak oleh Pemerintah Indonesia yang juga tertuang dalam resolusi PBB baru-baru ini yang menetapkan adanya Hari Bermain Internasional. Inisiatif global baru ini menekankan bahwa semua anak untuk mempunyai hak untuk mempunyai akses untuk bermain.

Kedepannya, donasi ini akan mendukung berbagai organisasi sosial seperti SOS Children Village, Save the Children Indonesia, Plan Indonesia, dan Ludere Nusantara Gemilang. Mereka akan memperkenalkan konsep pembelajaran melalui kegiatan bermain kepada anak-anak yang kurang mampu untuk memaksimalkan hasil belajar anak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini