Sukses

Kendaraan dari Bali ke Jawa Meningkat, Puncak Arus Mudik Idul Adha Diperkirakan Malam Ini

Menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Senin 17 Juni 2024, aktivitas penyebrangan di Pelabuhan Gilimanuk Bali cukup padat.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Senin 17 Juni 2024, aktivitas penyebrangan di Pelabuhan Gilimanuk Bali cukup padat.

Hal itu disebabkan banyak masyarakat yang hendak keluar.dari Bali menuju ke Pulau Jawa.

Berdasarkan pantauan, antrean kendaraan masuk ke Pelabuhan Gilimanuk, sangat padat memenuhi area parkir pelabuhan.

Antrean didominasi kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Sementara kendaraan barang atau truk besar saat ini dialihkan ke loket darurat LCM Gilimanuk.

Menurut General PT ASDP Ketapang Banyuwangi, Syamsudin, peningkatan aktivitas kendaraan keluar Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk sudah terjadi sejak hari Jumat 15 Juni 2024 malam sehingga terjadi antrean hingga keluar wilayah pelabuhan.

"Dari semalam ada lonjakan dan diperkirakan malam ini juga ada peningkatan lagi. Kenaikan kendaraan ini merata. Baik itu sepeda motor, mobil pribadi, bus dan truk. Kemungkinan karena libur Idul Adha ini," ujarnya Minggu (16/6/2024).

Secara keseluruhan, penyebrangan di Selat Bali masih terkendali. Semua petugas yang terlibat di Pelabuhan Gilimanuk tetap bekerja untuk menyukseskan kelancaran arus liburan Hari Raya Idul Adha.

"Untuk memperlancar arus mudik Idul Adha ini, ada dua kapal perbantuan dari lintas Ketapang-Lembar yang kami terjunkan, yakni KMP JATRA II dan KMP Swarna Cakra. Mulai malam tadi KMP Jatra II sudah masuk lintasan," kata Syamsudin.

"Kami perkirakan malam ini menjadi puncak arus mudik Idul Adha. Ada 52 armada kapal yang kami siapkan selain dua armada perbantuan dan kap sudah sangat maksimal. Semoga cuaca juga bersahabat," imbuhnya.

Syamsudin mengimbau kepada seluruh pengguna jasa pelayaran agar sudah memiliki tiket penyebrangan sebelum memasuki areal Pelabuhan Gilimanuk dan membeli tiket via Aplikasi Ferizy

"Tetap sabar dan mengikuti arahan petugas untuk kelancarannya," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pergerakan Penumpang di Bandara Soekarno Hatta Meningkat

Pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara Soekarno Hatta mengalami peningkatan jelang Hari Raya Idul Adha. Peningkatan terjadi sejak hari Jumat, 14 Juni 2024 dan diprediksi akan terjadi hingga besok, H-1 Idul Adha atau pada Minggu 16 Juni 2024.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta, M Holik Muwardi menjelaskan, peningkatan pergerakan penumpang dan juga pesawat terjadi sejak Jumat atau H-3 Idul Adha.

Yakni, ada 1.057 pergerakan pesawat, baik untuk kedatangan dan juga keberangkatan. Dan 165.875 pergerakan penumpang, terdiri dari kedatangan 78.667 orang dan keberangkatan atau orang yang hendak berpergian dari Bandara Soekarno Hatta sebanyak 87.208 orang.

"Kemudian, prediksi peningkatan jumlah penerbangan pada hari ini juga masih tinggi, yakni terdapat 1.017 pergerakan penerbangan, baik untuk keberangkatan ataupun kedatangan,"ungkap Holik.

 

3 dari 3 halaman

Bersamaan dengan Libur Sekolah

Lalu, untuk pergerakan penumpang, jumlah pergerakan keberangkatan masih lebih tinggi dibandingkan kedatangan. Yakni, 85.731 pergerakan penumpang untuk keberangkatan dan 74.632 penumpang untuk kedatangan.

Holik mengaku, momen Idul Adha atau lebaran kurban ini untuk berlibur dan berkumpul bersama keluarga. Ditambah, dibarengi dengan momen libur sekolah anak, sehingga jumlah pergerakan di Bandara Soekarno Hatta semakin tinggi.

"Besok sepertinya masih ada peningkatan pergerakan, mengingat Idul Adha jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini