Sukses

Girls, Sontek 10 Cara Alami Memiliki Kulit Cantik dan Awet Muda

Ada banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk memiliki kulit cantik dan awet muda tanpa harus menghabiskan banyak uang lho.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit cantik dan awet muda bisa dibilang menjadi dambaan setiap wanita. Meskipun tak diucapkan tapi dalam lubuk hatinya selalu ada keinginan tersebut. Tampilan kulit yang cantik, segar dan awet muda, membuat seseorang dapat merasa lebih percaya diri dan berani menjalani berbagai aktivitas.

Untuk bisa mencapai kulit cantik dan awet muda, sejatinya nggak selalu harus bergantung pada produk-produk mahal atau perawatan salon. Ada banyak cara alami yang dapat kamu lakukan untuk merawat kulit tanpa perlu menghabiskan banyak uang.

Dengan berbagai metode alami yang tersedia, kamu bisa mewujudkan keinginan memiliki kulit cantik dan awet muda tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam dan mengalokasikan banyak waktu. Mulai dari perubahan gaya hidup sederhana hingga penggunaan bahan alami yang mudah ditemukan di sekitarmu.

Yuk, sontek 10 cara alami memiliki kulit cantik dan awet muda seperti telah dilansir dari lifehack.org.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara yang pertama agar kamu memiliki kulit cantik dan awet muda yaitu rutin minum minimal satu liter air setiap hari. Karena air putih memiliki kandungan yang baik untuk kulit agar tetap kencang, elastis, dan lembut. Jadi, kalau kamu jarang minum air putih, kulitmu bisa jadi kering dan gampang kendur seperti terlihat tua. Jadi, kalau kamu ingin kulitmu tetap sehat dan cantik, kamu harus skip minuman bersoda dan pilih air putih saja. Percaya deh, saat kamu sudah ada di masa depan, kamu akan bersyukur banget dengan keputusanmu untuk sering minum air putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Makan Tomat yang Dimasak

Tomat yang dimasak jadi salah satu makanan terbaik untuk bisa memiliki kulit cantik dan awet muda. Tomat penuh dengan antioksidan kuat bernama Likopen, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Likopen paling baik diserap oleh tubuh saat dimasak atau diolah, makanya tomat yang dimasak jadi pilihan yang bagus. Kamu bisa coba makan tomat panggang, saus tomat, pasta tomat, atau saus tomat organik daripada makan tomat mentah. Tapi, kalau kamu nggak suka tomat, nggak jadi masalah! Merah paprika dan bit juga mengandung Likopen, lho.

3. Makan Daging Merah

Secara moderat, daging merah sebenarnya bagus untuk kulit karena kaya akan protein dan seng. Bahkan, ditemukan bahwa daging merah bisa mengobati jerawat lebih baik daripada antibiotik. Protein dalam daging mengandung konsentrasi tinggi asam amino (Proline dan Glycine, untuk lebih spesifik) yang dibutuhkan tubuh untuk produksi kolagen. Seng juga diperlukan karena membantu produksi kolagen dan memiliki sifat antiinflamasi. Tapi kalau kamu nggak makan daging merah, jangan khawatir. Masih banyak makanan lain yang bisa meningkatkan produksi kolagen, seperti buah beri, kedelai, buah jeruk, kacang-kacangan, dan telur.

4. Makan Wortel dan Ubi

Untuk mendapatkan kulit yang mulus, cantik dan awet muda, kamu butuh asupan Vitamin A setiap hari. Coba untuk mulai mengkonsumsi sayuran berwarna oranye, seperti wortel dan ubi, yang kaya akan Vitamin A. Ini akan membantu memperbaiki dan meregenerasi kolagen yang rusak.

3 dari 4 halaman

5. Minum Teh Hijau

Siapa yang nggak tahu kalau teh hijau penuh antioksidan? Tapi, yang nggak semua orang tahu adalah minum dua cangkir teh hijau sehari selama enam bulan bisa memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Teh hijau punya konsentrasi tinggi Katesin, antioksidan yang terkenal karena efek anti-penuaan. Ini melindungi kulitmu dari radiasi UV, jadi bisa mencegah tumbuhnya tahi lalat dan bintik-bintik penuaan. Katesin juga punya kekuatan anti inflamasi yang membantu menunda timbulnya keriput. Kalau kamu nggak suka sama rasanya, nggak masalah, kamu bisa oleskan teh hijau langsung di kulit dan tetap dapat manfaat anti-penuaan yang sama!

6. Minum Teh Putih

Kalau teh hijau nggak cocok buat kamu, kamu masih bisa cobain minum teh putih. Meskipun nggak sehebat kandungan yang ada di teh hijau, tapi teh putih juga tetap bagus, lho. Kandungan anti-penuaan dalam teh putih membantu melindungi kolagen dan protein-protein struktural kulit. Ini mencegah aktivitas enzim yang buat kolagen rusak dan menyebabkan keriput.

7. Pilih Produk Perawatan Kulit Alami

Saat ini, banyak sekali produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras yang bisa membuat kulit tua lebih cepat, bahkan bisa merusak lapisan kulit. Jadi, lebih baik kamu pilih produk perawatan kulit alami yang mengandung bahan-bahan dari tanaman. Tapi pastikan selalu cek bahan-bahannya, ya, agar kulitmu bisa maksimal mendapat manfaat dari produk yang kamu pakai.

4 dari 4 halaman

8. Cuci Wajah dengan Madu

Madu memang memiliki banyak manfaat bagi kulit, lho. Kandungan di dalam madu kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, serta membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Selain itu, kandungan enzim dan asam dalam madu juga dapat membantu membersihkan pori-pori, menjaga keseimbangan pH kulit, dan meningkatkan kelembapan alami kulitmu. Jadi, hindari sabun muka yang mungkin mengandung bahan kimia keras, dan mulailah mencuci wajah dengan madu untuk kulit yang lebih sehat dan berseri-seri!

9. Hindari Produk Pembersih Beracun

Saat kamu menggunakan produk pembersih yang mengandung bahan kimia beracun, kulitmu bisa menyerap bahan-bahan tersebut. Ini bisa menjadi masalah serius karena paparan bahan kimia beracun dapat mempercepat proses penuaan kulitmu. Bahan kimia tersebut dapat merusak struktur kulit dan memicu kerusakan sel, yang akhirnya dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus, kerutan, dan kehilangan elastisitas kulit. Jadi, penting buat pilih produk pembersih yang lebih ramah lingkungan dan mengandung bahan-bahan alami yang lebih aman bagi kulitmu. 

10. Oleskan Kunyit di Wajahmu

Kalau kamu ingin coba perawatan alami untuk kulitmu, cobalah untuk mengoleskan kunyit secara teratur. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang kuat yang telah terbukti memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Dalam penggunaan topikal, kunyit dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, sehingga membuat kulit terasa lebih lembut dan bersinar. Nggak hanya itu, kunyit juga dikenal memiliki kemampuan untuk membersihkan jerawat dan mengurangi pembengkakan pada kulit, sehingga membuatnya lebih halus dan bebas dari masalah kulit yang mengganggu. 

Tertarik untuk mencoba? Dengan mengaplikasikan beberapa cara di atas secara konsisten, bukan hal mustahil memiliki kulit cantik dan awet muda. Ingat, perawatan kulit adalah investasi jangka panjang yang membutuhkan kesabaran dan konsistensi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini