Sukses

Tasya Kamila Heran dengan Selera Anaknya, Sulit Makan tapi Doyan Minum Jamu

Tasya bercerita bahwa saat hamil anak keduanya, ia ngidam minum jamu.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan penyanyi cilik Tasya Kamila tengah menikmati kesehariannya sebagai seorang ibu. Anak pertamanya, Arrasya Wardhana Bachtiar, sudah hampir berusia lima tahun dan anak keduanya, Shafanina Wardhana Bachtiar, kini sudah masuk usia MPASI.

Dari berbagai video yang ia bagikan di tengah rutinitasnya menjaga buah hati, Tasya ternyata juga kelimpungan. Salah satunya saat ia menyuapi Shafanina yang cukup sulit makan. "Heran banget sama selera Shanin... Makan restoran X, minum jamu v," tulisnya di keterangan video yang diunggah di TikTok @tasyakamilaofficial pada 9 April 2024.

Shafanina terlihat beberapa kali menolak disuapi dengan terus menggelengkan kepalanya. Tasya bercerita, anak keduanya baru makan beberapa suap saja. Saking enggan makan, tapi dibujuk terus, Shafanina terlihat menangis. Namun yang membuat heran, ketika melihat pesanan jamu Tasya, ia menunjuk gelas tersebut sebagai kode menginginkannya.

Tasya awalnya tidak begitu yakin dan ingin menolak memberikan anaknya jamu. Tapi putrinya tersebut kelihatan memaksa, hingga akhirnya ia minumkan jamu yang biasa dikonsumsi orang dewasa. Jamu kunyit asam tersebut dengan mudahnya diterima lidah Shafanina. Ia ahkan tampak ketagihan ketika Tasya bertanya,"'Enak? Suka?' Waktu hamil aku ngidamnya kunyit asem. Taunya bayinya beneran doyan."

Warganet pun bereaksi mendapati itu. Mereka juga keheranan, karena bayi bisa suka jamu padahal rasanya dominan pahit. "Kok ada bayi suka jamu," tulis seorang warganet. "Aduh, bentar lagi jadi duta jamu," yang lain menimpali. "Gemas sekali," yang lain menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reaksi Warganet

"Anak ku 1,5 tahun sudah suka jamu. Beras kencur campur temulawak doyan banget," yang lain ikut berbagi. "Duta jamu nasional," seru warganet. "Abangnya duta kipas, adeknya duta jamu," sambung warganet.

"Anak tradisional," kata warganet. "Kenapa random banget, satu duta kipas yang ini duta jamu," tulis warganet. "Itu bisa jadi penambah nafsu makan," yang lain memberi tahu.

"Duh lucu banget bayinya suka jamu," komentar warganet lagi. "Kan waktu mamanya hamil, apa yang dimakan mamanya dimakan dede bayinya juga," warganet menjelaskan. "Abang adek seleranya Indonesia banget," warganet lain menimpali. "Kasih beras kencur aja kalo gitu kak, biar nafsu makan," warganet memberi saran.

Mengutip rangkuman kanal Showbiz Liputan6.com, 24 April 2024, pergeseran cuaca yang tidak menentu menguji imunitas tubuh anak-anak hingga orang dewasa. Tasya pun menyadari hal ini dan melakukan sejumlah tindakan preventif.

Pelantun Libur Telah Tiba itu membagikan lima tips menjaga kesehatan anak. Pertama, ajak buah hati mengonsumi makanan bergizi. Kedua, memastikan anak-anak cukup istirahat.

3 dari 4 halaman

Cara Tasya Kamila Jaga Imunitas Anak

Tasya menyambung, "Ketiga, kasih kegiatan aktif agar bahagia dan imunitas terjaga." Berkaca pada pengalaman, saat anak-anak terlalu banyak dilarang, mereka malah tidak bahagia. Saat suasana hati tidak bahagia, ini bisa berdampak pada kesehatan fisik maupun mental, menurutnya.

Tasya mengakui, sebagai ibu, ia tidak 100 persen bisa memastikan kondisi anak terus sehat. Pasalnya, ada faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kesehatan si kecil.  "Tips keempat, ketika dia sakit, kita siapkan obat. Makanya kalau ibu-ibu sering nyeletuk, 'Es terus! HP terus!' itu saya bisa relate," sebutnya.

Terakhir, ia juga memastikan komunikasi yang baik. Anak-anak sebenarnya bisa diajak mengobrol, menurut Tasya. Si sulung Arrasya Wardhana Bachtiar misalnya, belakangan mulai minta izin ke Tasya bila ingin makan kue atau camilan lain.

"Anak aku pun, kalau mau menyantap makanan pasti tanya dulu ke aku, 'Mama ini aku boleh (makan) enggak?' Karena dia sudah tahu ada beberapa makanan yang bisa memicu alergi atau batuk dan harus dihindari," ungkap dia.

4 dari 4 halaman

Rayakan Ulang Tahun

Akhir tahun kemarin, Tasya merayakan ulang tahun ke-31 bersama suami dan kedua anaknya. Ia membagikan momen tersebut di akun Instagram pribadinya. Sederhana, hari spesial itu dirayakan hanya dengan memotong kue bersama keluarga kecilnya dan makan bersama di sebuah restoran.

Randi Bachtiar, suaminya, menambah kesan romantis dengan berbagi unggahan di media sosialnya. ”Celebrating the extraordinary woman who not only brightens my world but is the heart and soul of our beautiful family. Happy birthday to my wife, the amazing mother of our two precious children, @tasyakamila," tulis sang suami.

Arrasya Bachtiar, anak pertamanya memberi kertas ucapan selamat ulang tahun yang dihias menggunakan krayon, lengkap dengan fotonya bersama papa dan adiknya. "Happy Birthday Mama Tasya," tulis Arrasya dalam kertas ucapan ulang tahun tersebut.

Meski usianya sudah memasuki kepala tiga, wajah Tasya tetap terlihat awet muda. Visualnya sering dibilang tidak pernah berubah dari dulu oleh warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini