Sukses

Vokalis RHCP Anthony Kiedis Nikmati Indahnya Alam Mentawai di Indonesia Bersama Stella Maxwell

Anthony Kiedis dan Stella Maxwell sedang berlibur di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Kepulauan di barat Sumatera ini menyimpan kekayaan alam dan tradisi yang kaya.

Liputan6.com, Jakarta - Vokalis band Red Hot Chilli Peppers (RHCP) Anthony Kiedis dan Stella Maxwell sedang berlibur di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Hal itu diketahui dari unggahan akun Instagram resmi band RHCP.

Tampak vokalis RHCP tengah merokok bersama masyarakat adat Mentawai. "3 Shamans tobacco ceremony," keterangan dari unggahan tersebut. 

Foto yang diunggah pada Selasa, 16 April 2024 tersebut langsung ramai disambangi warganet Indonesia yang penasaran dengan suasana liburan sang rockstar. Pada kolom komentar terlihat berbagai celotehan soal liburan Kiedis tersebut.

"Di Mentawai ngab?" tulis seorang warganet yang berhasil jadi komentar teratas.

"Gagal fokus sama korek warungnya😂 khas," tulis warganet lain, merujuk pada korek api gas warna hijau yang khas di Indonesia.

"Mau ku susulin, duit THR habis pulak," guyon seorang pengguna Instagram.

Nyatanya, ini bukan kali pertama Kiedis berlibur ke Indonesia. Pelantun lagu 'Californication' tersebut juga pernah ke Kalimantan bahkan mendapat sebuah tato selepas liburannya, seperti yang pernah diungkapnya dalam sebuah wawancara pada 1996 lalu.

Sementara itu, model kenamaan Victoria Secret, Stella Maxwell turut mengunggah momen berliburnya ke tempat yang sama dengan Kiedis di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Di akun Instagramnya, Maxwell membagikan potret diri ketika tengah merokok dengan latar belakang pantai yang segar.

Perempuan berambut pirang tersebut tampak mengenakan sebuah lingerie warna hitam dengan bahan terawang yang seksi. Unggahan tiga slide tersebut juga menampilkan foto Kiedis dan sebuah potret upacara adat masyarakat Mentawai bersama api ketika malam hari. 

"Shaman tobacco ceremony🔥," tulis Maxxwell dalam takarir unggahan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paul Walker hingga Liam Hemsworth Sering Surfing di Indonesia

Mendiang Paul Walker yang tewas terpanggang dalam mobil mewah Porsche GT ternyata sering mengunjungi Indonesia. Bahkan kabarnya Paul Walker memiliki villa pribadi di Pulau Mentawai.

Dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Paul Walker, pemeran brian O' Connor di film Fast and Furious sangat mencintai keindahan laut Pulau Mentawai. Di sana Paul memuaskan hobinya surfing.

Menurut rekan mainnya dalam film Fast and Furious seri 6, Joe Taslim, Paul Walker lah yang paling tertarik ketika mengetahui dirinya berasal dari Indonesia. Paul, seperti diungkapkan Joe, sangat senang dengan pantai-pantai di Indonesia.

Selain Paul Walker, aktor asal Australia, Liam Hemsworth juga ketahuan pernah berselancar di Mentawai. Pada 2017 lalu, Liam mengunggah sebuah foto dirinya sedang berselancar di tengah laut. 

Keterangan fotonya itu menunjukkan secara terang-terangan bahwa Liam Hemsworth sedang berada di Indonesia. "Caught this fun little wave on a quick trip to Indonesia a couple weeks ago 🤤😎🤙😝👍," tulis mantan suami Miley Cyrus itu sebagai keterangan foto melalui akun Instagram @liamhemsworth pada Rabu, 19 April 2017.

3 dari 4 halaman

Keindahan Alam Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai terdiri dari empat pulau besar yaitu Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Selatan dan Pulau Pagai Utara beserta ratusan pulau kecil di sekitarnya. Pantai-pantai yang ada di Kepulauan Mentawai merupakan surga bagi para peselancar, mereka dapat menikmati ombak yang luar biasa di sepanjang pantai yang masih asli dan alami.

Tak main-main, ombak-ombak yang ada di Kepulauan Mentawai termasuk dalam kategori ombak terbaik di dunia dan menjadi daya tarik utama bagi para peselancar. Di samping itu, Kepulauan Mentawai juga menawarkan berbagai kegiatan wisata alam seperti snorkeling, diving, hiking dan berkeliling dengan perahu kecil untuk menikmati keindahan alam di sekitar pulau.

Di Pulau Sipora contohnya, jadi favorit para peselancar karena banyak pantai yang menawarkan ombak cukup besar dan indah. Selain pantai, di Pulau Sipora juga terdapat wisata alam yang menarik seperti hutan tropis alami dan terawat

Selain Pulau Sipora, pulau terbesar di gugusan tersebut yaitu Siberut juga sering dikunjungi sebab jadi hunian bagi masyarakat adat Mentawai yang masih menjalankan tradisinya hingga saat ini. Pulau Siberut juga punya air terjun yang menakjubkan dan menyegarkan serta pantai yang masih alami dan menawarkan pemandangan yang indah.

Di Pulau Pagai dan Karamajat, wisatawan bisa menemukan berbagai fauna liar seperti monyet, babi hutan, dan kancil. Selain itu, tentunya pulau ini dianugerahi dengan deburan pantai yang tak ada bandingnya.

 

4 dari 4 halaman

Titi, Tato Mentawai yang Dijadikan Sebagai Identitas Diri

Selain keindahan alam, Kepulauan Mentawai punya tradisi khas yang masih dilestarikan hingga saat ini. Tradisi tato yang disebut 'titi' tersebut jadi hal yang keramat bagi masyarakat di Mentawai.

"Tato itu kalau kita lihat secara keseluruhan dan sederhana adalah bagian dari kebudayaan Mentawai, dalam artian menjadi pembeda masyarakat itu sendiri, di internalnya," kata Antropolog asal Mentawai, Juniator Tulius kepada Liputan6.com, dikutip dari Tim News.

Mulanya, kata Tulius, tato atau titi Mentawai merupakan ekspresi pemahaman masyarakat tentang lingkungan kemudian digabungkan dengan kepercayaan mereka. Dari perpaduan tersebut disejalankan dengan kondisi budaya secara peradabannya. 

Mentawai lanjut dia, tidak mempunyai tradisi tenun, penempaan logam, ataupun yang lainnya seperti halnya wilayah lainnya di Indonesia. Karena itu, suku Mentawai mencoba untuk membuat badan mereka terlihat menarik.

"Kemudian ada latar belakang di balik itu, konsepnya adalah kosmologinya, bagaimana cara pandang orang Mentawai terhadap dirinya kemudian orang di sekitarnya tersambung dengan keyakinannya," sebutnya.

Konsep kosmologi dalam bentuk tato yang dipahami masyarakat Mentawai yaitu ada langit, bumi, bawah bumi, dan kehidupan sekitarnya. Kemudian dalam konteks tato bagian dada juga terbagi menjadi tiga bagian yaitu, atas, tengah, dan bawah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.