Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Sikunir di Wonosobo Jawa Tengah dengan Keunikan Telaga Cebong

Gunung Sikunir berada di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 2.263 mdpl.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Sikunir atau lebih sering disebut Bukit Sikunir berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng ini memiliki ketinggian 2.263 mdpl.

Seperti halnya gunung-gunung di kawasan Daratan Tinggi Dieng, pendakian ke Gunung Sikunir masih tergolong mudah karena sudah tersedia jalan setapak yang ditata rapi. Terdapat juga akses lainnya berupa jalan tangga yang telah dilengkapi dengan pegangan berbatang kayu atau besi supaya tidak mudah terpeleset saat naik maupun turun.

Sepanjang jalur telah diberi pengaman dan papan petunjuk menuju area puncak. Walau mudah wisatawan diharapkan tidak meremehkan, sebab jalur pendakian membutuhkan fisik yang prima.

Pengunjung tetap disarankan menggunakan peralatan gunung seperti jaket, sarung tangan, maupun penutup kepala untuk menghalau hawa dingin yang dapat menusuk tubuh. Wisatawan bisa membawa bekal dapat dibawa dan dinikmati sepanjang perjalanan.

Masih banyak hal mengenai Gunung Sikunir selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Sikunir yang dirangkum Tim Lifestyle Liputan6.com pada Minggu, 15 April 2024.

1. Golden Sunrise di Gunung Sikunir

Mengutip dari laman resmi Kemenparekraf Badan Otorita Borobudur, salah satu panorama yang paling menarik adalah golden sunrise berupa pesona keemasan saat matahari terbit. Jika Anda ingin menikmati keindahan golden sunrise di Sikunir Wonosobo, disarankan untuk mendaki sekitar pukul 04.00 hingga pukul 05.00 pagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pemandangan Gunung di Jawa Tengah dari Puncaknya

Hal yang membuat banyak orang tertarik mengunjungi Gunung Sikunir adalah pemandangan gunung-gunung di Jawa Tengah yang terlihat mengagumkan ketika sampai di puncaknya. Anda bisa dengan jelas melihat Gunung Sindoro, Gunung Prau, dan Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Lawu, Gunung Slamet, dan kawasan pegunungan lainnya yang bisa dilihat langsung ketika cuaca cerah. 

3. Waktu Pendakian

Pendakian Bukit Sikunir menempuh waktu sekitar 30 sampai 45 menit. Untuk pendaki yang ingin menikmati perjalanan yang santai, maka pendakian akan ditempuh dalam waktu satu jam. Rasa lelah pendakian para pengunjung akan terbayarkan dengan pemandangan golden sunrise yang menyambut di area puncak Bukit Sikunir.

Warna keemaan yang berpendar di langit akan menghapus lelah dan membuat para pengunjung malas untuk pulang. Area puncak bukit Sikunir cukup lebar, sehingga para pendaki tidak khawatir akan berdesakan. Panorama lain tepat dibawah Bukit Sikunir adalah Telaga Cebong. 

3 dari 4 halaman

4. Wisatawan Bisa Kemping

Bukit Sikunir juga memiliki area berkemah untuk para wisatawan yang ingin lebih lama menikmati keindahannya. Lokasi yang biasa digunakan untuk kegiatan kemping adalah yang berdekatan dengan area parkir yang terletak di lereng bukit. Jangan khawatir, tak kebagian tempat karena tersedia lahan yang cukup luas untuk mendirikan tenda para pendaki. 

Jika mencari kuliner dekat tempat kemping, Anda akan menemukan dekat di area parkir. Sejumlah warung menyediakan berbagai makanan khas Dieng, seperti manisan carica, kentang goreng, kentang rebus, terong belanda, dan jajanan lain. Untuk fasilitas yang tersedia di wisata Bukit Sikunir antara lain toilet sepanjang jalur pendakian, mushola, dan rest area.

5. Rute Menuju Gunung Sikunir

Untuk menuju Gunung Sikunir, para wisatawan dapat mengarahkan kendaraannya menuju Desa Sembungan. Lalu, perjalanan dapat menyusuri area tengah desa ke arah timur sampai area parkir di lereng Bukit Sikunir. Perlu diperhatikan, ruas jalan menuju Bukit Sikunir lumayan sempit sehingga jika membawa kendaraan harus waspada terhadap pengendara lain.

4 dari 4 halaman

6. Keindahan Telaga Cebong

Setelah lelah mendaki, wisatawan tak hanya akan terkesima dengan pemandangan golden sunrise di Gunung Sikunir. Anda juga akan menemui tempat lain yang lebih sejuk dan eksotis yaitu Telaga Cebong.

Lokasi ini sebenarnya berada tepat di depan area tenda, jika Anda berkemah. Untuk menikmati kesejukan dan keindahan telaga ini, pengunjung harus sampai ditempat pada pagi hari dan disarankan tepat setelah melihat golden sunrise.

Birunya langit pagi yang terbias ke permukaan air telaga akan menimbulkan decak kagum para wisawatan. Jangan lewatkan untuk mengabadikan gambar di telaga yang tampak sejuk di mata ini.

Untuk diketahui, Telaga Cebong memiliki kedalaman sekitar 2-4 meter. Hal ini membuat mengundang ketertarikan para pemancing yang biasanya penduduk sekitar.

Agar ekosistem Telaga Cebong tetap terpelihara dengan baik maka terdapat aturan khusus untuk para wisatawan. Terdapat aturan berupa larangan membuang sampah di Telaga Cebong, mengambil ikan dengan jaring, racun dan bom.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.