Sukses

Perjalanan Hidup Desainer Roberto Cavalli yang Meninggal Dunia di Usia 83 Tahun

Desainer legendaris Roberto Cavalli dikenal karena kecintaannya pada warna-warna cerah, motif binatang, dan desain berhiaskan berlian yang dikenakan oleh selebriti mulai dari Zendaya hingga Rihanna, Jennifer Lopez, Rita Ora, Spice Girls, dan banyak lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Perancang busana legendaris, Roberto Cavalli meninggal dunia di usia 83 tahun. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh akun resmi brand miliknya di Instagram.

"Dengan sangat sedih hari ini kami mengucapkan selamat tinggal terakhir kami kepada pendiri kami Roberto Cavalli," merek mewah tersebut mengumumkan dalam sebuah pernyataan di Instagram pada Jumat, 12 April 2024 waktu setempat.

Mengutip dari Page Six, Sabtu (13/4/2024), Roberto berhasil menjadi nama yang dikenal secara global, dicintai dan dihormati semua orang saat mengawali kariernya di Florence. Punya bakat kreatif secara alami, Roberto percaya bahwa setiap orang dapat menemukan dan mengembangkan seniman dalam dirinya.

"Warisan Roberto Cavalli akan terus hidup melalui kreativitasnya, kecintaannya pada alam, dan melalui keluarga yang ia hargai," tuntas keterangan resminya.

Penyebab kematian Cavalli tidak langsung diungkapkan. Desainer legendaris ini dikenal karena kecintaannya pada warna-warna cerah, motif binatang, dan desain berhiaskan berlian yang dikenakan oleh selebriti mulai dari Zendaya hingga Rihanna, Jennifer Lopez, Rita Ora, Spice Girls, dan banyak lagi.

Hasil karyanya mencakup desain yang menonjolkan kulit, hiasan, motif eksotis, dan segala macam aksen berani yang membuat tampilan Cavalli langsung mudah dikenali. Cavalli adalah penggemar ungkapan "kelebihan adalah kesuksesan" dan moto hidupnya tersebut terlihat jelas dalam karyanya serta kepekaan pribadinya, termasuk kapal pesiar ungu metaliknya, di antara banyak barang berharga lainnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Roberto Cavalli

Cavalli meluncurkan mereknya pada 1970 setelah belajar di Institut Seni Florence. Dia kemudian menemukan dan mematenkan proses pencetakannya sendiri pada kulit dan dengan cepat membuka toko di St. Tropez, di mana dia menjadi terkenal karena barang-barang kulitnya.

Cavalli memiliki dua anak yaitu Tommaso dan Cristina dengan istri pertamanya, Silvanella Giannoni, yang dinikahinya pada tahun 1964. Sepuluh tahun kemudian, pasangan itu bercerai. Ia menikah dengan ratu kontes Eva Maria Düringer yang ia temui saat menjabat sebagai juri di Miss Universe di Republik Dominika, tempat ia menjadi kontestannya dari tahun 1980 hingga 2010.

Pasangan tersebut dikaruniai tiga anak yaitu Robert, Rachele, dan Daniele. Düringer juga seorang perancang busana dan ditunjuk sebagai direktur kreatif mereknya pada tahun 1994.

Cavalli telah berkencan dengan model Sandra Nilsson-Bergman (38) sejak 2014. Awal tahun ini, Sandra melahirkan anak keenam Cavalli yang diberi nama Giorgio. Dia memberi tahu jurnalis Italia selama wawancara untuk majalah Italia Novella 2000 tentang anggota keluarga barunya itu. 

3 dari 4 halaman

Kelahiran Anak ke-6

Sandra tetap terlihat cantik dan tampak sangat emosional melihat bayinya tepat setelah dia lahir. "Namanya Giorgio, seperti kakeknya, ayahku... yang ditembak Nazi dalam pembantaian Cavriglia saat aku berusia empat tahun," ujar sang desainer.

"Saya tidak memiliki masa kecil yang mudah. Ayah saya ditembak oleh tentara Jerman pada Juli 1944, dalam penggerebekan di Castelnuovo dei Sabbioni.

"Dia adalah seorang surveyor, dia bekerja untuk tambang di Valdarno... Saya tidak berbicara sampai usia 18 tahun. Tapi hidup telah berbaik hati kepada saya (dan saya telah) diberi penghargaan... untuk semuanya," kata Cavalli bercerita tentang hidupnya.

Bakat desainer asal Italia ini berkembang melampaui pakaian, dengan Cavalli membuka klub dan kafe serta merancang perabotan rumah seperti wallpaper, furnitur, tekstil, dan banyak lagi. Sebuah penthouse yang ia rancang sepenuhnya bahkan ditampilkan di “The Real Housewives of Orange County" ketika Heather dan Terry Dubrow membeli properti Los Angeles senilai 14 juta dolar AS. 

4 dari 4 halaman

Buat Biografi

Dia juga menulis otobiografi berjudul “Just Me!” pada tahun 2014, membahas kesulitan hidupnya dan kisah miskinnya menuju kekayaan.

Pada tahun 2015, ketika Cavalli perlahan-lahan keluar dari industri fesyen, menjual saham mayoritas di merek eponymous dan menyerahkan kendali kreatif, Peter Dundas ditunjuk sebagai direktur kreatif dan digantikan oleh Paul Surridge pada tahun 2017. Pada tahun 2020, bintang Sisilia Fausto Puglisi mengambil alih koleksi.

Puglisi menghormati Cavalli di Instagram, menulis, “Dear Roberto, Anda mungkin tidak lagi secara fisik berada di sini bersama kami, tetapi saya tahu saya akan selalu merasakan semangat Anda bersama saya. Merupakan kehormatan terbesar dalam karir saya untuk bekerja di bawah warisan Anda dan menciptakan merek yang Anda dirikan dengan visi dan gaya seperti itu.

“Beristirahatlah dengan tenang kamu akan dirindukan dan kamu dicintai oleh banyak orang sehingga namamu akan terus mengharumkan namamu, menjadi mercusuar inspirasi bagi orang lain, dan terutama bagi saya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.