Sukses

Jokowi Unggah Ilustrasi Ucapan Selamat Idulfitri, Warganet Sibuk Cari Baju Shimmer sampai Kucing Oyen

Sebagian warganet menyadari bahwa ilustrasi ucapan "Selamat Idulfitri" di akun media sosial Jokowi tidak dikerjakan oleh ilustrator dari edisi sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan tradisi berbagi ilustrasi perayaan istimewa saat mengucapkan "Selamat Idulfitri." Itu dibagikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu di akun Instagram-nya, Rabu (10/4/2024).

Keterangan unggahannya berbunyi, "Dengan hati yang bersih dan bersyukur, mari kita sambut hari kemenangan ini. Semoga Idulfitri membawa banyak kebahagiaan sekaligus keberkahan untuk kita semua. Minal Aidin Walfaidzin. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah."

Seperti biasa, warganet tidak hanya fokus pada ucapan, namun juga visual gambar tersebut. Beberapa di antaranya mencari kucing oyen yang sudah jadi "figur langganan" di gambar serupa di edisi sebelum-sebelumnya. "Tim nyari kucing oyen," sebut seorang pengguna Instagram.

Sementara itu, tidak sedikit pula yang bercanda dengan mengatakan ia mencari warga berbusana shimmer yang digadang-gadang jadi tren baju Lebaran 2024. Sebagai catatan, kain shimmer adalah jenis kain yang memiliki permukaan glossy, sehingga memberi efek mengkilap yang berbeda dari material satin.

Gambar itu sendiri memperlihatkan riuh-rendah interaksi warga di sebuah pasar, lengkap dengan penjaja kebutuhan Lebaran, termasuk ketupat. Pasar itu dilalui LRT yang berlatar belakang gedung-gedung pencakar langit. Sebagian warganet menyadari bahwa ilustrasi tersebut tidak dikerjakan ilustrator yang sama dengan edisi sebelumnya.

"Ini AI? Pasti bukan ilustator yang lama," sebut seorang komentator. "Posternya jadi gak sehidup biasanya," sahut yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Open House

Di akun X-nya, dulunya Twitter, Aufa, ilustator yang sempat bertanggung jawab untuk berbagi desain ilustrasi ucapan perayaan tertentu di media sosial Jokowi, mengatakan bahwa gambar ucapan Tahun Baru 2024 merupakan karya terakhirnya untuk orang nomor satu di Indonesia tersebut. "Selamat tahun baru \m/ poster yang dibuat hingga detik terakhir pergantiaan tahun baruku selesai juga 😭🙏," cuit @aufaag pada 1 Januari 2024.

Ia menyambung, "Ini poster tahun baruku yang terakhir untuk media sosial bapak jokowi, untuk ucapan tahun depan aku sudah tidak buat lagi :") Tahun ini tahun terakhir cari kucing oyen, tahun depan aku yang cari loker 😭🙏."

Sementara di kabar terbaru, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menggelar acara open house Idulfitri 1445 Hijriah bagi masyarakat umum di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu. Dari pantauan merdeka.com, masyarakat sudah menanti di depan Gerbang Majapahit, Kementerian Sekretariat Negara sejak Rabu pagi. Namun, masyarakat baru bisa masuk ke halaman Istana sekitar pukul 09.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Ada Sejumlah Menteri

Publik dilaporkan sangat antusias saat memasuki halaman Istana, bahkan beberapa di antaranya berlarian agar bisa mendapat antrean paling awal untuk masuk ke dalam ruangan open house dan bersalaman dengan Presiden Jokowi. Beberapa panitia dari Istana pun mengimbau agar masyarakat tetap tertib.

Acara ini juga dihadiri jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Ini termasuk Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, serta Menkominfo Budi Arie.

Tidak ketinggalan, ada pula Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ESDM Arifin, Menpora Dito Aryotedjo, Menteri investasi bahlil, Menkeu Sri Mulyani, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, MenpanRB Azwar Anas, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Kepala Bappenas Suharso, serta Ketua TKN Rosan Roeslani.

Disebut bahwa tidak semua warga yang sudah menanti di Istana bisa bersalaman dengan Presiden Jokowi. Pasalnya, acara open house hanya berlangsung sampai pukul 11.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal

Kanal News Liputan6.com melaporkan bahwa sebelumnya, Jokowi telah melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat. Ia dan Ibu Negara Iriana tiba sekitar pukul 06.40 WIB. Sementara itu, Ma'ruf datang didampingi sang istri, Wurry Estu Handayani.

Jokowi tampak mengenakan mengenakan kemeja putih dan peci hitam. Ia duduk di saf depan bersama Ma'ruf Amin, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, dan sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

Sedangkan Iriana memakai mukena bewarna putih. Ia bersama Wurry dan istri-istri menteri langsung menuju saf perempuan untuk menunaikan salat Idulfitri. Pejabat yang ikut salat di Masjid Istiqlal, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan Hadi Tjahjanto; Menteri Investasi Bahlil Lahadalia; Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan; Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah; dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dimulai pukul 07.00 WIB. Adapun imam salat Idul Fitrinya adalah Ahmad Husni Ismail.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.