Sukses

Inspirasi Shimmer Dress, Tren Baju Lebaran 2024 yang Polos hingga Glamor Dihiasi Payet

Tahun ini, fesyen bertema shimmer akan menggantikan tren warna sage yang sempat mendominasi di momen Lebaran. Tren shimmer dress tersebut sedang ramai dibahas di lini masa, terutama di platform TikTok.

Liputan6.com, Jakarta - Momen Idulfitri identik dengan membeli baju baru. Namun bukan sekedar baru, ada kecenderungan orang akan belanja busana yang sedang tren dipakai untuk Lebaran nanti.

Tahun ini, fesyen bertema shimmer akan menggantikan tren warna sage yang sempat mendominasi. Tren shimmer dress tersebut sedang ramai dibahas di lini masa, terutama di platform TikTok.

Di kolom pencarian, kata kunci shimmer dress Lebaran 2024 dan hastag #dressshimmer termasuk paling banyak berseliweran. Toko online di platform tersebut pun berusaha menarik simpati dengan video shimmer dress bermacam siluet dan warna.

Sedang mencari inspirasi untuk mengikuti dress shimmer tersebut? Berikut beberapa siluet maupun elaborasi gaya shimmer dress yang dirangkum Tim Lifestyle dari berbagai sumber pada Jumat (5/4/2024).

1. Shimmer Dress Polos

Shimmer atau sesuatu yang tampak berkilau, merupakan bentuk ekspresi tentang sisi glamor. Biasanya nuansa ini sangat erat kaitannya dengan pesta atau perayaan yang terbilang cocok untuk dikenakan saat hari raya, namun sesuai tempat dan acara.

Shimmer dress polos tak memerlukan banyak tambahan ornamen, karena efek berkilau akan terlihat seketika. Sementara jika menambahkan unsur glamor lain seperti embellished, justru akan tampak berlebihan dalam satu tampilan.

Sebenarnya tren shimmer ini justru lebih dulu menjangit para hijabers, dalam tampilan jilbabnya saja dan efeknya sudah cukup menyilaukan. Untuk busananya cenderung bebas, bisa berupa padu padan kemeja bersama rok atau celana bahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Shimmer Dress Lengan Puff

Dari banyak dress shimmer yang beredar, kebanyakan memakai jenis bahan yang ringan dan jatuh. Untuk itu siluetnya akan terlihat sangat pas di badan dan membentuk pinggang, membuat pemakainya terlihat ramping. 

Pilih aksen yang membuat pemakainya terlihat feminin, seperti lengan puff. Tambahan hiasan tali di pinggang juga akan membuat tubuh pemakainya lebih proporsional.

3. Shimmer Dress dengan Aksen Ruffle

Tak kalah cantik, shimmer dress yang mencolok dan menyilaukan mata juga cocok dengan aksen ruffle di bagian ujung gaun. Pemakaian sepatu maupun sandal feminin yang kasual akan mempermanis tampilannya. 

Permainan ruffle juga bisa disematkan pada ujung lengan baju yang biasanya menambahkan karet. Alternatif ini akan tampak lebih manis jika dibandingkan hanya memakai lengan kancing.

Agak mirip dengan aksen ruffle, pilih dress layering bersusun untuk kesan yang lebih feminin lagi. Tapi tentu gaya ini akan lebih cocok untuk Anda yang bertubuh tinggi dan langsing. 

 

3 dari 4 halaman

4. Shimmer Dress Warna Netral

Untuk Anda yang kurang percaya diri tampil menonjol di antara banyak orang, bisa tetap mengikuti tren ini. Namun pilihlah shimmer dress dengan warna netral seperti putih, abu-abu, maupun hitam.

Fokuskan shimmer dress pada siluet sederhana, tanpa banyak aksen. Pilihan ini akan sangat cocok untuk pribadi kalem. 

Meski begitu, tak ada salahnya juga jika pilihan warna shimmer dress yang netral berpadu dengan hiasan payet, maupun sequin. Ornamen itu akan memberi tambahan efek glamor di Hari Raya, meskipun pilihannya dalam nuansa warna netral seperti putih.

5. Shimmer Dress Warna Cerah

Namun untuk Anda yang berkepribadian ceria, shimmer dress dengan nada ceria akan lebih cocok. Pilihan biru langit hingga pink di Hari Raya Lebaran akan terlihat manis bagi pemakainya. 

Unsur-unsur glamor lainnya bisa ditambahkan lewat manik-manik di lengan. Kerut maupun bentuk kancing yang ada di depan, biasanya akan lebih dipilih oleh para ibu menyusui atau busui. 

 

4 dari 4 halaman

Gamis dan Kaftan Masih Favorit

Mengutip dari Tim Regional Liputan6.com, Jumat (5/4/2024) selain dalam bentuk dress, busana shimmer dalam bentuk gamis dan kaftan tetap akan memiliki kesan mewah dan elegan karena kilauannya. Bahan bajunya memiliki permukaan glossy sehingga memberikan efek mengilap bagi orang yang melihatnya.

Sebelum mengenal apa itu baju shimmer kita harus mengetahui bahwa nama “shimmer” sendiri berasal dari kata bahasa Inggris. Shimmer atau shimmering mempunyai arti berkilau atau kemilau.

Nama tersebut tidak terlepas dari jenis kain baju shimmer yang mempunyai bahan licin dengan efek kemilau atau berkilau pada kainnya. Warna baju shimmer juga identik dengan warna-warna yang mencolok seperti biru, ungu, atau hitam.

Selain baju gamis shimmer, lebaran tahun ini juga diramaikan dengan tren baju ala coquette. Baju coquette identik dengan semua tampilan baju yang indah dengan kesan feminin, lembut, dan lucu.

Tren baju coquette identik dengan perpaduan unsur manis, romantis, hingga ceria dengan warna-warna baju yang cerah. Biasanya bajunya identik dengan pakaian bermotif renda, pita, dengan warna soft atau pastel bagaikan baju peri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.