Sukses

Sejarah Khong Guan yang Biskuit Kalengnya Jadi Ikon Kue Lebaran, Ternyata Bukan dari Indonesia

Perjalanan Khong Guan dimulai pada 1947 di negara tetangga Indonesia sebelum akhirnya berekspansi secara global.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa tidak tahu biskuit kaleng Khong Guan? Kehadirannya jadi kian akrab menjelang Idulfitri seperti sekarang. Tapi, tahukah Anda bahwa ikon kue Lebaran ini ternyata bukan dari Indonesia?

Mengutip situs webnya, Kamis, 4 April 2024, pabrik Biskuit Khong Guan (S) Pte Ltd. (KGB) didirikan di Singapura pada 1947. KGB telah berkembang selama bertahun-tahun dari merek lokal Negeri Singa jadi merek besar global seperti sekarang.

PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia kemudian hadir di Jakarta pada 1970. Kini, mereka mengklaim, perusahaan telah berkembang secara signifikan dan memperkenalkan merek biskuit populer di seluruh negeri, mendistribusikan produknya ke lebih dari 90 wilayah di Indonesia. 

Meski awalnya sederhana, Khong Guan Indonesia "berkomitmen memperkenalkan produk-produk segar dan inovatif yang memenuhi permintaan konsumen yang terus berkembang," sebut pihaknya. Saat ini, rangkaian produk perusahaan ini telah mencakup beragam biskuit, kue, dan kerupuk.

Itu juga tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan rasa bagi beragam preferensi pasarnya. "Khong Guan Indonesia memulai produksinya dengan mendirikan pabrik pertamanya, yaitu PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia di Jalan Bogor, Ciracas, Jakarta Timur," ujar mereka.

Dalam proses membangun kehadirannya di seluruh dunia, KGB mulai menyadari potensi penuh pasar AS. Pihaknya berbagi, "Hal ini menyebabkan didirikannya KHONG GUAN CORPORATION (KGC) pada 1982 sebagai perusahaan berbasis di AS yang mengkhususkan diri dalam pengembangan produk dan pemasaran biskuit dengan nama yang sama."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berawal dari Kantor Kecil

Berawal di sebuah kantor kecil di Berkeley, California, KGC melihat meningkatnya permintaan akan representasi pasar yang tepat dan pengendalian inventaris produk yang tepat waktu. "Tidak lama kemudian, kami membutuhkan gudang kami sendiri untuk melayani pelanggan dengan lebih baik," sebut mereka.

"Jadi, empat tahun kemudian, tepatnya pada 1986, kami menyewa lahan gudang di Tripaldi Way di Hayward, California dan mulai memperluas jaringan kami untuk menjangkau seluruh pasar Amerika Utara," bebernya.

Mereka menandatangani perjanjian agen pihak ketiga pertama dengan Cerebos, pembuat Sari Ayam BRAND'S yang populer, pada 1987. Pangsa pasar Khong Guan Biscuit tumbuh dari empat persen pada 1986 jadi pemimpin pasar hanya dalam tiga tahun dan merupakan produsen biskuit Asia pertama yang memproduksi iklan TV dan surat kabar di AS.

Tahun 1989 jadi saksi ekspansi lebih lanjut ketika perusahaan itu mengakuisisi distributor biskuit di California Utara, King Wai Trading Company. Demi mengembangkan kedua bisnis tersebut, mereka membeli tanah seluas 1,5 hektare di dekat gudang di Hayward, dan membangun gudang mereka sendiri.

3 dari 4 halaman

Menjalin Kerja Sama

Pada 1991, KGC menerima permintaan dari beberapa produsen makanan terkenal Filipina untuk mewakili mereka sebagai Koordinator Pemasaran Amerika Utara. Bekerja atas nama klien-klien ini, mereka membantu mendaftarkan merek dagang, menyelesaikan banyak masalah peraturan FDA AS, dan menerapkan rencana kohesif untuk memasarkan produk mereka di seluruh Amerika Utara.

Dengan transaksi awal satu hingga dua kontainer per bulan secara nasional, perusahaan itu telah mengembangkan bisnis dengan prodosen Filipina jadi lebih dari 10 kontainer per bulan untuk pasar California Utara. "Kami sekarang mewakili produsen besar dari Cina, Korea, Taiwan, Filipina, Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam," kata mereka.

"Pada 1993, visi kami untuk pertumbuhan sekali lagi jadi kenyataan. Kali ini, hampir tiga kali lipat kapasitas penyimpanan kami ditingkarkan melalui akuisisi lahan seluas 3,5 hektare di jantung Union City, California, yang merupakan kantor pusat perusahaan kami saat ini."

Demi memberi nilai terbaik bagi klien dan pelanggan, mereka mengaku menerapkan banyak inovasi untuk memaksimalkan efisiensi di gudang modern yang baru. Ini termasuk delapan stasiun docking kontainer yang terintegrasi penuh, fasilitas penyimpanan dingin internal berukuran penuh, dan first-in-in-house sistem kontrol aliran inventaris keluar.

4 dari 4 halaman

Perkuat Pasar di Amerika

Pada 1996, perusahaan distribusi mereka, King Wai Trading, mulai mendistribusikan di luar California ke Colorado dan Utah. Pada 1998, King Wai memperluas jangkauannya hingga ke wilayah barat laut Pasifik. "King Wai sekarang mendistribusikan ke hampir semua toko Asia di sebelah barat Mississippi," kata mereka.

Pada 2006, dibukanya gudang regional ketiga mereka di dekat Seattle, Washington, membuktikan komitmen pihaknya terhadap pertumbuhan geografis yang organik dan terkendali. "Selama bertahun-tahun, KGC juga berkomitmen terhadap pasar arus utama," klaim mereka.

"Biskuit Khong Guan kami telah dijual jaringan pasar massal seperti Safeway, Lucky's, dan Costco sejak akhir 1980-an," imbuhnya. "Kami juga merupakan anggota aktif dari The National Association For The Specialty Food Trade (NASFT) dan Food Marketing Institute (FMI)."

"Kami rutin mengadakan pameran di Winter Fancy Food Show NASFT di San Francisco dan telah mengadakan pameran di Summer Fancy Food Show di New York City. Kami menggunakan acara ini dan acara serupa sebagai platform untuk mempromosikan merek Asia kami pada pembeli pasar arus utama, memberikan klien kami potensi pengembangan merek di luar pasar etnis di Amerika Utara," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.