Sukses

Sosok Para Pekerja Bantuan Kemanusiaan Korban Serangan Rudal Israel di Gaza, dari Mantan Marinir Inggris hingga Pengemudi Palestina

World Central Kitchen hendak menyerahkan bantuan kemanusiaan pada warga Palestina saat konvoi kendaraan mereka diserang militer Israel.

Liputan6.com, Jakarta - Adalah John Chapman, mantan personel Special Boat Service Inggris yang berada dalam konvoi tiga mobil di Gaza yang "secara tidak sengaja" terkena rudal drone Israel. Veteran Angkatan Darat dan mantan Marinir Inggris, yang juga bekerja sebagai pekerja bantuan kemanusiaan di World Central Kitchen, ini termasuk di antara tujuh orang yang tewas.

Melansir The Sun, Rabu (3/4/2024), dua korban lain dalam serangan Israel adalah mantan marinir Kerajaan Inggris James Henderson (33) dan veteran Angkatan Darat Inggris James Kirby, menurut BBC. Korban lain adalah warga Polandia, warga Australia, seorang pengemudi Palestina, dan warga negara AS-Kanada.

Seorang teman Chapman memberi penghormatan, mengatakan, "Ia adalah pria yang sangat disukai, pria yang sangat populer, dan ini merupakan kehilangan mendalam bagi keluarganya, teman-temannya, dan komunitas veteran. Orang-orang yang mencoba membantu mengirimkan bantuan di Gaza, seperti John dan rekan-rekannya, telah bertindak benar dan mereka memerlukan dukungan, serta perlindungan untuk melakukan pekerjaan mereka."

Seorang teman Henderson dari Truro, Cornwall mengatakan, "Semua orang patah hati, ia adalah pria yang baik. Ia sudah berada di sana (Gaza) beberapa minggu." Nael Eliyan, warga Palestina yang tinggal di tenda beberapa meter dari lokasi kejadian, mengaku berlari menghampiri, mengatakan, "Luka mereka serius dan mereka meninggal dengan cepat."

Paspor berlumuran darah ditemukan di mobil yang rusak. Menteri Luar Negeri Inggris Lord Cameron mengatakan, "Berita tentang serangan udara ini sangat menyedihkan. Mereka adalah orang-orang yang bekerja untuk memberi bantuan yang menyelamatkan jiwa pada mereka yang sangat membutuhkan. Sangat penting bagi para pekerja kemanusiaan untuk dilindungi, (supaya) melakukan pekerjaan mereka."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengakuan PM Israel

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mengakui melakukan serangan udara yang menewaskan tujuh pekerja bantuan, termasuk tiga mantan pasukan Inggris. Di tengah kemarahan global, ia berkata, "Sayangnya, dalam 24 jam terakhir, ada kasus tragis pasukan kami secara tidak sengaja menyerang orang-orang yang tidak bersalah di Gaza."

"Hal ini terjadi dalam perang, kami memeriksanya sampai akhir, kami berhubungan dengan pemerintah, dan kami akan melakukan segalanya agar hal ini tidak terjadi lagi," imbuhnya. PM Inggris Rishi Sunak menyampaikan pada Netanyahu bahwa ia terkejut dengan serangan tersebut.

Ia mengatakan, tujuan Israel mengalahkan Hamas tidak akan tercapai dengan membiarkan bencana kemanusiaan. Sunak menambahkan, "Kami meminta Israel segera menyelidiki apa yang terjadi. Jelas ada pertanyaan yang perlu dijawab." Ketiga warga Inggris yang jadi korban serangan tersebut dilaporkan bekerja untuk perusahaan keamanan Solace Global dan membantu mengirimkan makanan atas nama badan amal berbasis di AS, World Central Kitchen (WCK).

3 dari 4 halaman

Hendak Salurkan Bantuan Kemanusiaan

WCK telah bekerja di seluruh dunia, termasuk di Ukraina setelah invasi Rusia pada 2022. Badan amal ini telah aktif di Gaza sejak Israel menyatakan perang terhadap Hamas pada 7 Oktober 2023. Mereka mengklaim telah menyajikan sekitar 240 ribu makanan sehari, dengan total 42  juta, dan berperan penting dalam membangun koridor bantuan maritim antara Siprus dan Gaza.

Serangan bertubi-tubi Israel menyebabkan bantuan sulit mencapai warga Palestina melalui jalur darat, sehingga otoritas WCK dan Siprus bulan lalu melakukan pengiriman pertolongan pertama melalui laut. Konvoi kedua yang terdiri dari tiga kapal yang membawa 400 ton bantuan mendarat pada Senin, 1 April 2024, dan IDF terlibat dalam mengoordinasikan pengiriman tersebut.

Kendaraan WCK sedang dalam proses mengangkut bantuan ke 1,7  juta warga Palestina yang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena perang saat serangan terjadi. Bulan Sabit Merah Palestina menemukan jenazah para korban dan membawa mereka ke Rumah Sakit Martir Al-Aqsa di Deir al-Balah.

Korban lain, relawan Polandia Damian Sobol, digambarkan sebagai "rekan senegaranya yang pemberani" yang telah membantu pengungsi Ukraina. Jenazah pengemudi Palestina Saif Issam Abu Taha dibawa ke kampung halamannya di Rafah.

 

4 dari 4 halaman

WCK Hentikan Sementara Operasinya

Turut terbunuh dalam serangan itu adalah Lalzawmi "Zomi" Frankcom (44) dari Melbourne, Australia. Secara keseluruhan, lebih dari 200 pekerja bantuan kini telah terbunuh di Gaza. Pendiri WCK Jose berkata, "Saya patah hati dan berduka untuk keluarga dan teman-teman mereka, serta seluruh keluarga WCK kami."

"Orang-orang ini adalah malaikat," ia menyambung. "Jangan ada lagi nyawa tidak berdosa yang hilang. Perdamaian dimulai dari rasa kemanusiaan kita bersama. Ini harus dimulai sekarang."

Kepala eksekutif badan amal tersebut Erin Gore menambahkan, "Ini bukan hanya serangan terhadap WCK, ini adalah serangan terhadap organisasi kemanusiaan yang muncul dalam situasi paling mengerikan di mana makanan digunakan sebagai senjata perang. Ini tidak bisa dimaafkan. Saya patah hati dan terkejut karena kami kehilangan orang-orang berhati mulia hari ini."

Badan amal tersebut sementara menghentikan operasinya di Gaza sambil menunggu kelompok bantuan kedua segera menyusul. Kapal yang membawa sekitar 240 ton bantuan kembali ke Larnaca di Siprus. Israel dilaporkan mengirimkan pejabat ke masing-masing negara korban untuk menyajikan temuan dari penyelidikan awal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini