Sukses

Mantan Desainer Gucci Alessandro Michele Didapuk Jadi Direktur Kreatif Valentino

Sebelumnya Valentino dipimpin Pierpaolo Piccioli yang hengkang dari merek mewah tersebut Jumat pekan lalu setelah 25 tahun di rumah mode asal Roma tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Valentino telah mengonfirmasi penunjukan Alessandro Michele sebagai direktur kreatif barunya. Ia menggantikan Pierpaolo Piccioli yang hengkang dari merek mewah tersebut setelah 25 tahun menduduki jabatan itu.

Mengutip WWD, Jumat (29/3/2024), Michele sebelumnya merupakan direktur kreatif Gucci yang telah meninggalkan rumah mode Italia itu pada November 2022. WWD merupakan outlet pertama yang melaporkan Piccioli keluar dari Valentino pada Juma, 22 Maret 2024.

Kabar tersebut disampaikan seorang sumber, yang juga percaya bahwa Michele sedang menegosiasi kontrak untuk jadi pengganti Piccioli. Michele telah memulai perannya sebagai direktur kreatif yang baru pada Selasa, 26 Maret 2024, menurut pernyataan internal. Koleksi pertamanya untuk Valentino akan tampil untuk musim semi 2025.

Sebelumnya, Michele bergabung dengan studio desain Gucci pada 2002 setelah bertugas sebagai desainer aksesori senior di Fendi. Ia ditunjuk sebagai "rekan" direktur kreatif Frida Giannini pada 2011. Pada 2014, ia mengambil tanggung jawab tambahan sebagai direktur kreatif Richard Ginori, merek porselen yang diakuisisi Gucci pada 2013.

Michele secara resmi ditunjuk untuk menduduki peran kreatif teratas Gucci pada Januari 2015, dua hari setelah ia pertama kali menampilkan karyanya di akhir acara musim gugur pria 2015 merek tersebut. Ia dipromosikan oleh ketua dan CEO saat itu, Marco Bizzarri.

Dengan pertunjukan penting itu, desainer berusia 51 tahun itu menciptakan kembali Gucci dengan estetika yang benar-benar baru, unik, dan bias gender. Sementara itu, koleksi serba hitam musim gugur 2024 terakhir Piccioli yang ditampilkan selama Paris Fashion Week jadi karya terbaiknya untuk Valentino. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Valentino Meremajakan Merek

Pada Senin, 25 Maret 2024, Valentino mengatakan mereka tidak akan mengadakan pekan mode pria dan memamerkan busana yang biasanya ditampilkan di Paris pada bulan Juni. Piccioli ditunjuk sebagai direktur kreatif tunggal Valentino pada Juli 2016.

Sebelumnya, ia bergabung membesarkan merek itu bersama Maria Grazia Chiuri. Namun. Chiuri keluar dan bergabung dengan Dior hingga sekarang.

Dalam sejarahnya, Valentino Garavani sebagai pendiri merek telah memilih para desainer untuk meningkatkan kategori aksesori mereknya pada 1999 dan berhasil meremajakan divisi tersebut. Saat itu, Piccioli dan Chiuri dipromosikan jadi direktur kreatif untuk aksesori di Valentino setelah Garavani pensiun pada 2007.

Lalu pada 2008, keduanya menggantikan Facchinetti sebagai direktur kreatif merek tersebut. Pada Juli 2023, Kering sebagai grup brand mewah Prancis mengumumkan membeli 30 persen saham Valentino seharga 1,7 miliar euro sebagai bagian dari kemitraan strategis yang lebih luas dengan dana investasi Qatar Mayhoola, yang mengendalikan merek couture.

Kering mempunyai opsi untuk membeli 100 persen modal Valentino pada 2028, sementara Mayhoola bisa jadi pemegang saham Kering. Mitra-mitra mewah baru ini diharapkan bisa menjajaki peluang lebih lanjut yang selaras dengan strategi masing-masing, termasuk potensi investasi di luar mode.

3 dari 4 halaman

Teka-teki Pengunduran Diri Alessandro Michele

Sebagai informasi, Alessandro Michele telah meninggalkan Gucci sekitar setahun lalu. Saat itu, Gucci, yang merupakan bagian dari induk perusahaan fashion Kering, telah mengalami pertumbuhan pesat sejak Michele mengambil alih, tapi jumlah penjualannya melambat.

Mengutip Euronews, 24 November 2022, Gucci menghasilkan banyak penjualan, namun sepertinya tidak cukup untuk mempertahankan Michele di posisi teratas merek tersebut. "Ada kalanya jalan berpisah karena perspektif berbeda yang mungkin dimiliki masing-masing dari kita," kata Michele dalam sebuah pernyataan.

"Hari ini, sebuah perjalanan luar biasa berakhir bagi saya, yang berlangsung lebih dari 20 tahun, di dalam sebuah perusahaan di mana saya tanpa lelah mendedikasikan semua cinta dan hasrat kreatif saya," sambung desainer itu.

Sebelumnya, seorang sumber di Kering mengatakan bahwa Michele diminta memulai perubahan desain yang kuat, tapi sang desainer dianggap tidak memenuhi permintaan tersebut. Gucci seharusnya mengeluarkan pernyataan pada 23 November 2023, tapi kabar yang dinanti tidak kunjung tiba.

4 dari 4 halaman

Perubahan yang Diinginkan Grup Kering

Saat dihubungi WWD, juru bicara Kering menjawab singkat. "Kami tidak memiliki komentar," kata dia. Sumber lain mengatakan. François-Henri Pinault, ketua dan CEO dari Kering, sedang mencari perubahan untuk merek itu di grup tersebut. Alasan pengunduran diri Michele pun masih jadi teka-teki.

Ini bukan pertama kalinya Pinault melakukan perubahan mengejutkan di merek utama Kering. Beberapa bulan lalu, Pinault membuat langkah mengejutkan dengan mencopot Daniel Lee dari Bottega Veneta, terlepas dari kinerja desainer yang kuat di merek tersebut dan banyak meraih kesuksesan.

Lee, yang sekarang jadi direktur kreatif di Burberry, digantikan di Bottega oleh Matthieu Blazy, yang pernah berada di studio merek tersebut. Blazy dalam dua musim dengan cepat menempatkan jejaknya pada merek, membawanya kembali ke karakternya.

Sementara itu, Pinault mungkin ingin melakukan hal yang sama di Gucci, meski pertunjukan terbaru Michele untuk merek tersebut pada September lalu jadi salah satu hal paling menonjol di musim semi 2023. Perancang busana ini mengemas penampilan androgini khasnya, serta memperlihatkan beberapa jahitan klasik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini