Sukses

Bisnis Kuliner Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep di BSD, Harga Semangkuk Bakso Rp55 Ribu Tuai Pro Kontra

RANS Nusantara Hebat, pusat kuliner di BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, gagasan Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep ini mulai membuka pintu mereka bagi para pelanggan, kendati grand lauching-nya baru akan terselenggara pada Sabtu, 30 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta - RANS Nusantara Hebat, pusat kuliner di BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, gagasan Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep ini mulai membuka pintu mereka bagi para pelanggan, kendati grand lauching-nya baru akan terselenggara pada Sabtu, 30 Maret 2024. Beberapa hari belakangan, konten yang mengulas bisnis kuliner ini mulai bermunculan di media sosial.

Salah satunya dibagikan akun TikTok @ell.abel, Selasa, 26 Maret 2024, dengan keterangan unggahan, "Fomo langsung cobain Rans Nusantara Hebat, ini surga sih buat kita sebagai pecinta makanan🥰." Di rekaman berdurasi dua menit dan delapan detik tersebut, si pengunggah video menyebut ia sengaja mencicip makanan rekomendasi suami Nagita Slavina tersebut.

Sajian yang dimaksud adalah bakso malang dari Bakso Makul. Ia menyebut bahwa harga bakso malang itu sebenarnya Rp35 ribu, tapi karena menambah bakso urat, ia jadi membayar Rp55 ribu untuk makanan tersebut. Seporsi makanan itu terdiri dari bihun, beberapa bakso kecil, tahu cokelat, dan bakso urat.

Kendati pria di video sempat menyebut harga bakso tersebut cukup mahal, ia mengakui rasanya memang enak, dengan kuah berkaldu dan bakso yang terasa dagingnya. Harga seporsi bakso itulah yang juga ramai dibahas warganet lewat sederet komentar di video yang sudah mencatat lebih dari 300 ribu penayangan saat artikel ini ditulis.

"(Rp)55 ribu dengan tempat yang nyaman menurutku worth it, klo mau muraah gerobakan aja ygy," sebut seorang warganet, sementara yang lain berkomentar, "Makan mall versi alam ga sih mungkin harganya karena nyewa juga kali ka mereka ke rans kalo bakso malang muter-muter atau ruko kan agak murah 🥰."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ragam Komentar Warganet

Pengguna TikTok lain berkomentar, "Tempatnya di BSD target marketnya bukan kaum mendang mending, kaum mendang mending udah disedian jajanrans bukan rans Nusantara 😭." Ada juga yang salah fokus, mempertanyakan mengapa makanan dengan harga segitu pakai mangkuk sekali pakai.

Ini dijawab si pengunggah, menulis, "Enggaa wkwkw, kayaknya sih biar ga ribet untuk cuci” karena banyak bgt tenant nya, jadi kayak tipe food bazaar." Ini ditanggapi kembali si penulis komentar, "WKWKWKWK baru engeh🙃 gue kira foodcourt semi mall gitu loh yang ada pencucian alat makan resmi biar ga jadi sampah gitu hahaaaa Miip yeh all😂."

Tidak sedikit pula yang menganggap harga segitu cukup mahal, mengingat tenant RANS Nusantara Hebat disebut-sebut sebagai UMKM. "Di tempatku dapat 5 mangkok 55rb 😌," sebut seorang pengguna. "Ada tuh di Serpong bakso 27k di ruko gitu jualannya, enak banyak dagingnya," timpal yang lain.

"Berani bersaing rasa sih kalo sampe segitu," komentar warganet berbeda. "Ini udah pajak belum sih harga segitu?"

3 dari 4 halaman

Proyek RANS Nusantara Hebat

Keberadaan RANS Nusantara Hebat sebenarnya sudah diinformasikan sejak tahun lalu. Mengutip laporan kanal Bisnis Liputan6.com, 31 Mei 2024, bisnis kuliner itu merupakan hasil kerja sama Raffi Ahmad dan Kaesang Pangarep yang menggaet pengembang Sinar Mas Land.

Pusat kuliner diklaim terbesar di BSD City ini menampati luas area 2,1 hektare dengan kapasitas sekitar dua ribu orang. "Kami meyakini bidang kuliner sangat cocok untuk dikembangkan di BSD City. Ratusan UMKM akan hadir di sini, ada sekitar 500 UMKM yang akan diakurasi, menghadirkan sajian autentik khas Nusantara agar masyarakat dapat mengenal, menikmati, dan melestarikan kekayaan ragam kuliner Indonesia," tutur founder RANS Entertainment, Raffi Ahmad.

Founder GK Hebat, Kaesang Pangarep, optimis bahwa RANS Nusantara Hebat akan berdampak positif bagi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi lokal. Pusat kuliner baru ini, sebut dia, dipercaya akan membuka peluang kerja baru bagi penduduk setempat, serta mendukung pedagang makanan dan pemasok lokal.

4 dari 4 halaman

Jadi Daya Tarik Tersendiri

Kaesang juga berkata, "Pusat kuliner ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, baik lokal maupun dari luar daerah, sehingga dapat meningkatkan pariwisata dan pendapatan bagi bisnis di sekitarnya."

Sementara itu, CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja menyampaikan bahwa BSD City memiliki captive market yang datang dari penghuni, pelajar, dan karyawan yang beraktivitas di wilayah tersebut. Area itu juga dikatakan mengundang berbagai lapisan masyarakat sebagai pengunjung.

"Kami menyambut baik adanya permintaan ini dan secara konsisten menambahkan ruang-ruang publik dan area komersial untuk melengkapi BSD City. Di sini, kami menggandeng RANS Entertainment dan GK Hebat yang telah memiliki portofolio yang mumpuni dalam menjawab kebutuhan gaya hidup masyarakat Indonesia," katanya.

Pusat kuliner dan UMKM Indonesia ini akan menghadirkan berbagai variasi masakan yang dapat memanjakan lidah para penikmat kuliner, serta gaya hidup Nusantara. Secara visual, desain RANS Nusantara Hebat ini diklaim inovatif, serta menonjolkan konsep luar ruang yang dipadukan dengan elemen ramah lingkungan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini