Sukses

Top 3 Islami: Raffi-Nagita Diduga Adopsi Bayi dan Hukumnya dalam Islam, Pertanyaan yang Bikin Rasulullah Tersinggung Kata Gus Baha

Dalam unggahan yang lain, akun Instagram @raffinagita1717 membagikan momen Rafathar dengan Lily. “Bidadari kecil Rafathar ❤️ Lily,” tulisnya dalam kepsyen

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina diduga mengadopsi bayi perempuan bernama Lily. Disebut dugaan karena hingga kini belum ada pengumuman resmi mengenai hal ini.

Terlepas dari itu, adopsi anak diperbolehkan dalam Islam. Bahkan, Nabi SAW sendiri pernah mengangkat seorang anak.

Namun begitu, Buya Yahya mengingatkan agar adopsi anak sesuai dengan hukum Islam. Jangan sampai mengadopsi anak tapi tak sesuai dengan syariat.

Ulasan ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Senin (15/4/2024).

Artikel lain yang juga menyita perhatian adalah pertanyaan sahabat yang membuat Rasulullah SAW marah dan tersinggung, kata Gus Baha.

Sementara, artikel ketiga yaitu alasan Gus Baha ingin agar Malaikat Izrail hadir dalam pengajiannya. 

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Raffi-Nagita Adopsi Anak, Buya Yahya Ingatkan Cara Mengadopsi Seperti Ini Haram Hukumnya

Pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina diduga mengadopsi anak perempuan yang masih bayi. Potret Nagita dengan bayi perempuan bernama Lily itu dibagikan di akun Instagram centang birunya.

“Grateful ‘Lily’ seperti malaikat baik yang dikirim Allah SWT,” tulisnya di media sosial, dikutip Ahad (14/4/2024).

Dalam unggahan yang lain, akun Instagram @raffinagita1717 membagikan momen Rafathar dengan Lily. “Bidadari kecil Rafathar ❤️ Lily,” tulisnya dalam kepsyen.

Kabar dugaan Raffi-Nagita adopsi anak seketika bikin heboh jagat media sosial. Tak sedikit warganet yang ‘ingin’ diadopsi menjadi bagian keluarga mereka.

Terlepas dari itu, mengadopsi anak harus memenuhi syarat sesuai perundang-undangan yang berlaku. Tak hanya hukum positif, cara mengadopsi anak juga telah diatur dalam syariat Islam.  

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Pertanyaan Sahabat Ini Bikin Rasulullah Marah dan Tersinggung, Kata Gus Baha

Nabi Muhammad SAW diriwayatkan rutin menggelar halaqah alias forum diskusi dan pengajian bersama para sahabatnya. Dalam forum ini, nabi menyampaikan ilmu-ilmu baru dan para sahabat Nabi bebas bertanya.

Namun, Nabi ternyata pernah dibuat marah oleh pertanyaan sahabatnya. Ulama kondang asal Rembang yang diakui kealimannya dalam bidang Tafsir Al-Qur’an KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, mengatakan bahwa mendengar pertanyaan sahabatnya ini, Rasulullah SAW pernah sangat marah dan tersinggung.

Awalnya, para sahabat menanggapi statemen atau perkataan Rasulullah SAW yang menurut Gus Baha boleh dibilang kontroversial.

“Nabi punya statemen, yang kalau boleh kita bahasakan sekarang ini mohon maaf kontroversi,” kata Gus Baha dikutip dari tayangan YouTube Short @MasadeYoutuber, Sabtu (13/04/2024).

Perkataan yang dianggap kontroversial atau janggal oleh sahabat Rasulullah SAW ialah perihal keharusan mencari ilmu sebelum ilmu itu dihilangkan oleh Allah SWT.

“Kamu harus mencari ilmu sebelum ilmu itu dihilangkan sama Allah. Kan janggal sahabat, hilang gimana ada Quran yang sudah terdokumen dan Quran itu kita ajarkan ke anak kita, istri kita kok kata nabi ilmu itu jadi hilang,” terang santri Mbah Moen ini.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Gus Baha Ingin Malaikat Izrail Hadir dalam Pengajiannya, Ini Alasannya

Ulama kharismatik yang merupakan pengasuh Ponpes Tahfidzul Qur’an LP3IA, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha pernah melontarkan lelucon perihal keinginannya supaya malaikat Izrail mengikuti pengajiannya.

Alasan yang dikemukakan ulama kelahiran Rembang ini pun sangat kocak. Meskipun demikian, hal yang beliau sampaikan tetap sarat makna.

“Di hari kiamat itu masih ada malaikat yang tidak rusak yaitu delapan malaikat yang termasuk panitia malaikat, maka Izroil itu, semoga ikut ngaji di sini, Izroil itu kacau. Kacaunya itu, dia taunya terlambat. Masyhur itu, setelah orang mati semua di hari kiamat, kamu tidak tahu karena sudah mati,” katanya dikutip dari tayangan YouTube Kang Santri Chanel, Sabtu (13/04/2024).

Murid Mbah Moen ini mengaku informasi ini diperoleh melalui kitab yang beliau baca. Di mana saat kiamat dan semua makhluk yang bernyawa telah mati, tinggal satu makhluk sendirian yang masih hidup yakni malaikat Izroil yang bertugas menyampaikan wahyu.

“Ini saya tahu ya di kitab, setelah mati semua Allah bertanya: “Izrail, sudah mati semua?” “sudah Gusti,” sudah semua?”, “sudah” Masih satu, Mana Gusti, saya cabut nyawanya,” Allah: “kamu,” demikian cerita dialog Allah dengan malaikat Izrail sebagaimana dikisahkan oleh Gus Baha.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.