Sukses

Usai Potret Kate Middleton, Giliran Foto Pembaptisan Anak Pangeran Harry dan Meghan Markle Dituding Telah Dimanipulasi

Fotografer yang mengambil foto pembaptisan Archie, anak Pangeran Harry dan Meghan Markle, langsung memprotes tuduhan telah memanipulasi foto tersebut. Tuduhan muncul setelah skandal potret Kate Middleton di Hari Ibu meledak.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menuding foto Ratu Elizabeth II bersama para cucu dan cicitnya hasil jepretan Kate Middleton telah dimanipulasi secara digital, kini giliran foto pembaptisan Archie, putra Pangeran Harry dan Meghan Markle, ditandai dengan catatan editor oleh Getty Images. Agensi foto ternama itu akan menyelidiki lebih lanjut terkait foto tersebut.

"Getty Images sedang meninjau gambar-gambar yang dibagikan dan, sesuai dengan kebijakan editorialnya, menempatkan catatan editor pada gambar-gambar yang menurut sumbernya dapat disempurnakan secara digital," kata juru bicara Getty pada Selasa, 19 Maret 2024, kepada Daily Mail, mengutip People, Kamis (21/3/2024).

Pernyataan itu langsung ditanggapi Chris Allerton selaku fotografer yang mengambil gambar tersebut. Ia membantah telah memanipulasi foto yang diambil di Ruang Santai Hijau di Istana Windsor pada 6 Juli 2019 tersebut.

Salah satu foto memperlihatkan Harry dan Meghan Markle duduk bersama Archie yang saat itu baru berusia 2 bulan, dikelilingi oleh Ratu Camilla, Raja Charles, ibu Meghan, Doria Ragland, saudara perempuan Diana, Lady Jane Fellowes dan Lady Sarah McCorquodale, serta Pangeran William dan Kate Middleton. Daily Mail menyebut foto tersebut 'telah ditingkatkan secara digital'.

Tak terima dituduh memanipulasi foto, Allerton menyatakan kepada Daily Mail bahwa foto keluarga kerajaan hanya memerlukan 'penyetelan yang sangat minimal' pada tone dan eksposurnya. Ia juga telah mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu yang memungkinkannya untuk menangkap 'momen santai dan menyenangkan dengan cepat dan efisien'.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Getty Images Tanggapi Protes Fotografer

Misan Harriman, fotografer sekaligus teman dekat pasangan Sussex yang sempat memotret keluarga Harry dan Meghan itu juga ikut bersuara. Ia mengaku telah berbicara dengan Chris Allerton dan sepakat bahwa Getty Images semestinya tidak mencantumkan catatan editor itu pada fotonya.

"Saya yakin Getty Images akan membuat pernyataan tentang hal ini pada waktunya," kata Harriman, Rabu, 20 Maret 2024. "Lebih penting lagi, surat kabar seharusnya berbicara dengannya SEBELUM menerbitkan apa yang kini menjadi non-cerita global tentang karyanya. Dia adalah seorang fotografer hebat yang tidak pantas menerima semua ini. Tolong biarkan dia sendiri."

Pada hari itu pula, juru bicara Getty menyatakan kepada People bahwa catatan yang disematkan pada gambar tersebut sudah dihapus 'tanpa ditemukan masalah'. Sementara, Harriman sebelumnya juga menanggapi rumor bahwa dia telah memalsukan foto yang dibagikan Meghan dan Harry saat mengumumkan sedang mengandung anak kedua mereka, Putri Lilibet, pada 2021. Dia pun membagikan foto berwarna untuk pertama kalinya bersama dengan informasi metadata yang membuktikan bahwa dia mengambil potret itu di Apple iPad.

 

3 dari 4 halaman

Spesialisasi Chris Allerton

Foto pembaptisan Archie yang diambil Allerton bukan hanya itu. Ia juga sempat merilis foto hitam putih yang diambil di Rose Garden di Kastil Windsor menunjukkan Meghan menggendong Archie sementara Harry menatap putranya.

"Saya merasa terhormat telah mengambil foto resmi pada Pembaptisan Archie Harrison Mountbatten-Windsor, dan sekali lagi, menjadi bagian dari acara yang istimewa dan menggembirakan bagi Duke dan Duchess of Sussex," kata Allerton dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada Instagram pada saat itu. 

Duke dan Duchess of Sussex sebelumnya telah menggandeng fotografer tersebut untuk mengambil foto bersejarah tak lama setelah Archie lahir pada Mei 2019. Foto tersebut menunjukkan Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip bertemu dengan cicit terbaru mereka saat Meghan menggendongnya bersama Doria dan Pangeran Harry mengawasi di dekatnya.

Momen tersebut menandai pertama kalinya dalam sejarah kerajaan bahwa seorang raja Inggris berfoto bersama nenek bayi kerajaan yang berkulit hitam, dan keluarga Sussex mengungkapkan nama bayi mereka yang baru lahir beserta gambar tersebut. Allerton dikenal memiliki spesialisasi dalam fotografi fesyen dan potret. Ia juga hadir di acara Invictus Games Pangeran Harry di Den Haag, Belanda, pada 2022.

 

4 dari 4 halaman

Foto Jepretan Kate Middleton Kembali Dipertanyakan

Belum lewat skandal manipulasi foto Hari Ibu, Getty Images menuding foto Ratu Elizabeth II bersama para cicit dan cucunya yang dirilis untuk merayakan ulang tahun ke-97 pada April 2023 juga dituding hasil editan. Foto itu disebutkan diambil Kate Middleton saat perjalanan keluarga ke Balmoral pada musim panas sebelumnya.

"Getty Images telah meninjau gambar tersebut dan menempatkan catatan editor di atasnya, yang menyatakan bahwa gambar tersebut telah disempurnakan secara digital dari sumbernya," kata juru bicara Getty kepada The Telegraph, dikutip dari People, Selasa, 19 Maret 2024.

'Beberapa inkonsistensi' disorot oleh The Telegraph, termasuk garis vertikal di mana tartan rok mendiang Ratu tidak serasi dan pengulangan digital rambut Mia Tindall. Outlet tersebut menunjukkan dan memperbesar enam hal yang berbeda. Sementara itu, mengutip Tatler, sebuah catatan telah ditambahkan ke akun X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengklarifikasi bahwa gambar tersebut tampaknya telah dimanipulasi.

"Gambar ini tampaknya telah diubah secara digital untuk memberikan kesan bahwa semua orang di dalamnya hadir pada waktu yang sama. Ini bukan sebuah foto momen, melainkan sebuah kolase momen yang disatukan untuk menciptakan ilusi sebuah foto," demikian bunyinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini