Sukses

Perjalanan Hidup Donny Kesuma dari Atlet Banting Setir Jadi Aktor dan Sempat Nyaleg

Memang sosok Donny Kesuma lebih dikenal di dunia hiburan sebagai pemain sinetron maupun pembawa acara, tapi ia juga sempat mengharumkan Indonesia dengan meraih medali emas SEA Games 1997 dari cabang olahraga sofball putra.

Liputan6.com, Jakarta - Publik dikagetkan dengan berita duka aktor Donny Kesuma meninggal dunia pada Selasa, 19 Maret 2023. Kabar tersebut datang dari unggahan rekan terdekatnya Ferry Maryadi di Instagram pribadinya di hari meninggalnya sang rekan.

"Semoga husnul khotimah KangDon pileuleuyan," tulis Ferry Maryadi diunggahan.

Donny Kesuma meninggal pada usia 55 tahun. Beberapa hari sebelum berpulang, ia terlihat masih aktif di akun media sosialnya.

Unggahan terakhirnya dibagikan seminggu lalu yang memperlihatkan Donny tengan berfoto dengan para suster yang merawatnya saat sakit. Untuk diketahui, mantan atlet softball itu memang sempat menjalani perawatan medis karena lemah jantung.

Ya, Donny dulunya adalah seorang atlet. Mengutip dari Tim Bola Liputan6.com, Donny Kesuma termasuk salah satu atlet berprestasi.

Memang sosoknya lebih dikenal di dunia hiburan sebagai pemain film dan sinetron, tapi Donny Kesuma sempat mengharumkan bangsa di pentas internasional. Dia adalah peraih medali emas SEA Games 1997 dari cabang olahraga sofball putra.

Lahir pada 6 Juni 1968, meski berprestasi Donny banting setir dan sebagai salah satu aktor produktif di serial televisi. Wajah Donny Kesuma pun sempat menghiasi layar lebar melalui film berjudul Love and Edelweiss sampai Kawin Kontrak 3. 

Pada era 1990-an lalu, ia juga tampil di banyak judul serial televisi seperti Bidadari yang Terluka, Rahasia Gadis, Ksatria Banjaran. Pada 2021 lalu Donny juga sempat muncul di judul sinetron Jodoh Rahasia Bapak 2 yang tayang di salah satu stasiun televisi meski hanya satu episode. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Nyaleg

Lama tak terlihat di layar televisi, artis Donny Kesuma kini mengenakan rompi Partai Berkarya. Dia terdaftar sebagai calon legislatif (caleg) daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat XI.

Donny mengungkap motivasinya maju menjadi caleg. Pria asal Bandung ini mengaku  ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

"Saya bertekad mewakafkan diri saya untuk Indonesia lebih baik," ujar Donny Kesuma, mantan atlet softball ini, Selasa 27 Maret 2019 kepada Tim Showbiz Liputan6.com. 

Menurut Donny, Partai Berkarya baru berusia dua tahun, namun menyita perhatian masyarakat karena mengemban cita-cita Presiden RI ke-2 Soeharto. Donny pun mengaku tertarik dengan visi besar Partai Berkarya yang mau membangkitkan sektor pertanian.

Ia ingin mengembangkan ekonomi kerakyatan dengan kearifan lokal, menjadikan Indonesia mandiri pangan dan energi, serta mengembalikan kewibawaan Indonesia di dunia internasional. "Di era Pak Harto, sektor pertanian menjadi prioritas," sebut Donny yang saat itu tak lelah menyambangi calon konstituennya di Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya.

"Saat itu Indonesia dihormati di forum regional dan internasional,” unggapnya.

3 dari 4 halaman

Cita-Cita Donny Kesuma

Terkait visinya maju melalui Dapil Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, Donny mengatakan potensi ekonomi sektor pertanian di dua wilayah itu sangat luar biasa. Namun, katanya, pelaku usaha dan petani kekurang informasi dan jaringan untuk pengembangan usaha dan peningkatakan kualitas produk.

Karena itu menurutnya, harus ada yang bisa mengatasi persoalan tersebut. Petani kata Donny, membutuhkan penyuluh pertanian yang mampu memberikan informasi teknologi pertanian terkini.

Namun Donny memang gagal melangkah ke Senayan. Partai Berkarya tidak masuk dalam salah satu partai yang memenuhi persentase masuk ke legislatif.

Jauh setelah itu, pada bulan Ramadhan tahun 2023 Donny lalu tetap aktif sebagai aktor. Hingga dikabarkan dilarikan ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit St. Carolus Jakarta karena serangan jantung.

Kondisinya sempat tidak sadarkan diri. Saat itu kabar Donny Kesuma serangan jantung disampaikan komedian Jio Jimmy lewat akun Instagram pribadi yang diikuti 10 ribuan orang. Ia mengungah potret Donny Kesuma dalam berkemeja merah.

 

4 dari 4 halaman

Lemah Jantung hingga Meninggal Dunia

Di detik-detik hari terakhir Donny, Ghassan Indira Kesuma, putranya menyatakan kondisi lemah jantung yang dialami sang ayah. Hal tersebut menjawab kabar yang menyebut bahwa Donny Kesuma dilarikan ke rumah sakit gara-gara terkena serangan jantung pada Minggu, 17 Maret 2024.

"Untuk kena serangan jantung itu sebenarnya bukan serangan jantung. Namun, jantungnya menjadi lemah, tapi bukan kayak serangan tiba-tiba gitu," kata Ghassan seperti dilaporkan kanal Showbiz Liputan6.com.

Kondisi ayahnya sempat membaik hingga diperbolehkan pulang. Namun, ketika berada di rumah kondisinya kembali menurun. Keluarga memutuskan membawa Donny Kesuma ke rumah sakit di daerah Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu, 16 Maret 2024.

Ghassaan menyebut ayahnya memang memiliki jadwal kegiatan yang sangat padat, terutama di malam hari. Hal itu yang membuat kualitas istirahatnya menjadi terganggu.

"Jadi kualitas tidurnya terganggu. Orang sehat pun jika kualitas tidurnya terganggu mungkin dapat sakit, apalagi Papa yang sudah ada penyakit seperti ini malah tetap beraktivitas pada malam hari," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.