Sukses

Meghan Markle Rilis Akun Instagram Baru Usai Mengaku Ingin Menjauh dari Media Sosial

Meghan Markle pada minggu lalu mengaku menjauh dari media sosial untuk melindungi dirinya saat menjadi pembicara di konferensi yang digelar minggu lalu. Nyatanya, ia merilis akun Instagram baru.

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle kembali membuat akun Instagram baru pada Kamis, 14 Maret 2024. Bernama American Riviera Orchard, akun tersebut menuliskan 'Oleh Meghan, Duchess of Sussex. Didirikan 2024' di bionya. Selain Instagram, ia juga merilis situs American Riviera yang merupakan situs gaya hidup.

Akun itu membagikan Instagram Story yang berisi video Meghan sedang memetik bunga dan memasak di dapur pedesaan diiringi lagu "I Wish You Love" oleh Nancy Wilson. Nama American Riviera Orchard sepertinya mengacu pada Santa Barbara, kota California tempat Meghan tinggal bersama Pangeran Harry dan kedua anak mereka, Pangeran Archie (4) dan Putri Lilibet (2).

Menurut Travel & Leisure, Santa Barbara dikenal sebagai 'American Riviera' selama lebih dari 100 tahun 'karena iklimnya yang sedang dan lanskapnya yang subur, serta budaya makanan dan anggurnya yang kuat'. Logo tersebut juga mencantumkan Montecito, nama lingkungan tempat mereka tinggal.

Permohonan merek dagang, yang saat ini menunggu pemeriksaan, untuk American Riviera Orchard mengungkapkan rencana merek tersebut untuk menjual peralatan makan, perlengkapan minum termasuk decanter, linen dapur, dan camilan yang dapat dimakan seperti jeli, selai, selai jeruk, dan olesan. Permohonan merek dagang juga meminta persetujuan untuk buku masak.

Mengutip People, Jumat (15/3/2024), pendaftaran daftar tunggu mengiklankan cara untuk tetap mendapatkan informasi tentang "produk, ketersediaan, dan pembaruan", menjanjikan sesuatu yang mirip dengan The Tig, blog gaya hidup yang dibuat Meghan pada 2014 sebelum ditutup pada 2017. Meghan menggunakan blognya sebagai tempat untuk berbagi makanan favoritnya, kisah perjalanannya, serta refleksi pribadinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tutup Akun Media Sosial dan Blog Pribadi Sebelum Jadi Anggota Kerajaan

Akun tersebut menandai pertama kalinya Meghan kembali tampil di media sosial sejak pasangan Sussex tak lagi memperbarui akun Instagram @SussexRoyal pada 2020 setelah mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris. Sebelumnya, Meghan menutup profil media sosial pribadinya, termasuk halaman Instagram-nya dengan 3 juta pengikut, dan blog The Tig setelah bertunangan dengan Pangeran Harry.

Setelah Meghan dan Pangeran Harry menikah pada Mei 2018, berita tentang pekerjaan kerajaan mereka muncul di akun @KensingtonRoyal bersamaan dengan kabar terbaru tentang Pangeran William dan Kate Middleton. Tahun berikutnya, pasangan ini meluncurkan halaman Instagram terpisah, @SussexRoyal, sebagai bagian dari rencana mendirikan kantor terpisah dari William dan Kate.

Meghan kemudian mengatakan kepada majalah New York, The Cut, dalam sebuah wawancara pada 2022 bahwa media sosial para bangsawan memiliki aturan yang ketat.

"Ada struktur di mana jika Anda ingin merilis foto anak Anda, sebagai anggota keluarga, Anda harus memberikannya terlebih dahulu kepada Royal Rota," kata Duchess of Sussex, mengacu pada media di Inggris. Dia mempertanyakan mengapa dia harus merilis foto anaknya ke media sebelum bisa membagikannya kepada orang-orang yang menyayangi anaknya.

 

3 dari 4 halaman

Pengakuan Ingin Menjauh dari Media Sosial

Pada saat yang sama, Meghan mengaku bahwa dia sudah kembali ke Instagram dengan membuat akun baru bernama @meghan. Namun, ia saat itu mengaku 'tak yakin akan benar-benar kembali ke Instagram'.

Akun yang memasang gambar bunga warna pink sebagai foto profilnya sejauh ini tak pernah mengunggah apapun. Namun, akun kosong itu nyatanya sudah memiliki 122 ribu pengikut.

Dalam kesempatan berbeda, Meghan berulang kali mengaku ingin menjauh dari media sosial. "Demi keselamatan diri saya sendiri, saya sudah lama tidak menggunakan media sosial," katanya di Fortune Most Powerful Women Next Gen Summit pada 2020.

"Saya membuat pilihan pribadi untuk tidak memiliki akun apa pun, jadi saya tidak tahu apa yang ada di luar sana, dan dalam banyak hal, itu membantu saya."

Pernyataan senada diulanginya pada minggu lalu saat ia menjadi salah satu pembicara di Konferensi SXSW di Austin, Texas. Menurutnya, media sosial memiliki banyak hal yang toksik.

"Tahukah Anda, menurut saya ini sangat menarik karena saya dapat merenungkannya, saya menjaga jarak dari hal tersebut saat ini hanya demi kesejahteraan saya sendiri, tetapi sebagian besar bullying dan pelecehan yang saya alami di media sosial dan online adalah ketika saya mengandung Archie dan Lili, dan saat mereka baru lahir," kata Meghan, dikutip dari NY Post, Sabtu, 9 Maret 2024.

4 dari 4 halaman

Foto Kate Middleton Ditandai Instagram

Sementara itu, dikutip dari People, foto Hari Ibu Kate Middleton yang menuai kontroversi telah ditandai oleh Instagram setelah beberapa agensi foto global membatalkan foto tersebut karena dugaan manipulasi, pada Kamis, 14 Maret 2024. Terdapat pesan di bawah gambar di Instagram Pangeran William dan Putri Kate bertuliskan teks berwarna merah, "Foto/video yang diubah. Foto perubahan yang sama telah ditinjau oleh pemeriksa fakta independen di postingan lain."

Klik pada panah akan mengarah ke pesan lain yang berbunyi, "Foto yang sama telah diubah oleh pemeriksa fakta di postingan lain. Mungkin ada perbedaan kecil. Pemeriksa fakta independen mengatakan foto atau gambar tersebut telah diedit sedemikian rupa sehingga dapat menyesatkan orang, tetapi bukan karena hal itu ditunjukkan di luar konteks." Platform ini mencantumkan pemeriksa fakta sebagai EFE Verifica.

Pembaruan ini terjadi tiga hari setelah Putri Wales meminta maaf ke media sosial seputar foto Hari Ibu itu setelah agensi gambar bergengsi termasuk Associated Press, Getty Images dan Reuters menarik foto tersebut dari arsip mereka karena kekhawatiran bahwa gambar tersebut dimanipulasi. Pakar menemukan 16 keanehan dalam gambar tersebut, dan Sky News kemudian membagikan bahwa penyelidikan metadata menunjukkan bahwa gambar asli disimpan dua kali di Photoshop.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.