Sukses

Kisruh Manipulasi Foto Kate Middleton Berlanjut, Pakar Temukan 16 Keanehan pada Potretnya di Hari Ibu

Permintaan maaf Kate Middleton atas manipulasi foto yang dilakukannya tidak mampu meredam spekulasi liar soal kondisi kesehatannya di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Kisruh kasus manipulasi foto Kate Middleton terus berlanjut meski ia sudah mengakui dan meminta maaf pada Senin, 11 Maret 2024. Putri Wales menyatakan bahwa dia 'kadang-kadang bereksperimen dengan penyuntingan'.

Mengutip People, Rabu (13/3/2024), Daily Mail menemukan setidaknya 16 keanehan dalam potret Kate bersama ketiga anaknya, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, seraya menyebut Pangeran William yang menjepret foto yang dirilis di Hari Ibu itu. Kesalahan pengeditan termasuk gambar buram yang terlihat jelas di sekitar rambut Putri Kate dan ketidakselarasan dengan pergelangan tangan kiri dan rok Putri Charlotte.

Media Inggris itu mengutip keterangan beberapa fotografer yang meyakini bahwa gambar tersebut telah disunting. Meski begitu, pendapat profesional mereka berbeda-beda menanggapi dugaan penggunaan Photoshop. Berikut adalah 16 titik keanehan dari foto Kate Middleton yang dimanipulasi.

1. Ritsleting di atasan Putri Kate tampak sudah diedit.

2. Rambut Putri Charlotte dipotong aneh.

3. Rok Putri Charlotte tampak menonjol aneh di pinggangnya.

4. Lutut Putri Charlotte tampak kabur.

5. Pola lengan sweater Pangeran Louis miring.

6. Jempol kanan Pangeran Louis terlihat buram.

7. Ada lekukan di langkan dekat tangan Pangeran Louis.

8. Distorsi lain terlihat di langkan.

9. Langkah di belakang Pangeran Louis tampak menyimpang dengan lantai.

10. Jari Pangeran Louis sepertinya terpotong.

11. Pinggiran sweter biru Pangeran George tampak dipercantik.

12. Tangan Putri Kate tidak fokus tetapi area di sekitarnya fokus.

13. Rambut Putri Kate tampak disisir dengan airbrush.

14. Rambut Putri Charlotte tampak terselip aneh.

15. Lengan sweter Pangeran George memiliki garis-garis yang aneh.

16. Sebagian lengan baju Putri Charlotte di atas tangan kirinya dihapus.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Analisis Pengambilan Foto

Sementara itu, Sky News yang menganalisis metadata file gambar, mengklaim menemukan bukti bahwa Photoshop digunakan pada gambar tersebut. Media itu mengatakan gambar itu disimpan dua kali di Photoshop pada Apple Mac, "tetapi tidak jelas apakah gambar itu disimpan di perangkat yang sama."

Publikasi itu menjelaskan bahwa potret itu pertama kali disimpan pada Jumat malam pukul 21.54. dan sekali lagi pada Sabtu pagi pukul 09.39. Waktu yang sama juga dilaporkan oleh BBC. Temuan outlet tersebut juga mengonfirmasi bahwa foto tersebut diambil di Adelaide Cottage, tempat keluarga Pangeran dan Putri Wales tinggal di Windsor, dengan kamera profesional Canon 5D Mark IV dengan lensa Canon 50mm.

Editor sains dan teknologi Sky News, Tom Clarke, mengatakan dalam sebuah video yang diterbitkan pada Senin, 11 Maret 2024, "Gambar dapat dimanipulasi, tetapi kamera modern tidak berbohong...jika Anda dapat mengakses metadata yang tertanam dalam file gambar, itulah yang kami lakukan."

Potret tersebut menarik perhatian ekstra ketika foto resmi pertama Putri Kate dirilis setelah operasi perutnya pada 16 Januari 2024. Kehebohan ini semakin diperkuat oleh fakta bahwa Putri Wales tidak tampil di depan umum sejak Natal, dan Istana Kensington mengatakan dia adalah "tidak mungkin untuk kembali menjalankan tugas publik sampai setelah Paskah."

3 dari 4 halaman

Agensi Foto Ternama Ramai-Ramai Tarik Foto dari Peredaran

Setelah merebak dugaan rekayasa, agensi foto beramai-ramai menarik peredaran potret tersebut. AP merilis 'kill notice' untuk gambar tersebut, menulis peringatan kepada jurnalis bahwa setelah "pemeriksaan lebih dekat tampaknya sumber telah memanipulasi gambar tersebut. Tidak ada foto pengganti yang akan dikirim," menurut tangkapan layar yang dibagikan di X oleh para bangsawan. wartawan Chris Ship.

Agensi lain juga membuat pernyataan serupa. Juru bicara Reuters mengatakan, "Sumber foto yang dibagikan kemarin mengatakan bahwa dia telah bereksperimen dengan pengeditan. Foto yang diubah tidak memenuhi standar kualitas gambar Reuters, dan itulah alasan kami menariknya kemarin."

PA Media dilaporkan menjadi agensi foto kelima yang menghapus foto tersebut dari arsipnya pada Senin lalu. Agensi tersebut menjelaskan dalam sebuah pernyataan, "Seperti kantor berita lainnya, PA Media mengeluarkan gambar selebaran yang diberikan oleh Istana Kensington Putri Wales dan anak-anaknya dengan itikad baik kemarin."

"Kami menyadari adanya kekhawatiran mengenai gambar tersebut dan kami melaporkannya tadi malam, dan menjelaskan bahwa kami sedang mencari klarifikasi mendesak mengenai gambar tersebut dari Istana Kensington," lanjut PA. "Jika tidak ada klarifikasi, kami mematikan gambar dari layanan gambar kami." 

 

4 dari 4 halaman

Memperparah Spekulasi Seputar Kondisi Kate

Menurut pemantauan BBC, AP, Reuters, Getty, AFP dan PA tidak lagi memuat foto Putri Wales dan anak-anaknya. Situasi itu memperparah spekulasi yang beredar walau awalnya diharapkan bisa meredam rumor tentang kondisi kesehatan Putri Kate yang beredar di media sosial.

"Sekarang beberapa orang bertanya apakah itu semua dihasilkan oleh AI atau Photoshop dari foto yang diambil. Anda tidak ingin brand kerajaan disejajarkan dengan itu," kata Mark Borkoski, pakar hubungan masyarakat dan komunikasi krisis yang berbasis di London, kepada People.

Sebelumnya, Kate Middleton terekam meninggalkan Istana Windsor bersama Pangeran William pada Senin, 11 Maret 2024, beberapa jam setelah meminta maaf usai ketahuan memanipulasi foto. Ia difoto berada semobil dengan suaminya yang akan menuju Westminster Abbey, tempat Pangeran William menghadiri acara Hari Persemakmuran.

Dalam foto tersebut, wajah Kate hanya terlihat dari samping. Foto itu adalah foto keduanya yang beredar di publik setelah ia menjalani operasi perut pada Januari 2024 dengan agenda publik terakhir yang dihadirinya adalah mengunjungi gereja di Sandringham saat Hari Natal 2023.

Ia juga tak ikut suaminya menghadiri salah satu acara kerajaan penting tersebut. Mengutip NY Post, Selasa, 12 Maret 2024, Kate dilaporkan memiliki agenda pertemuan pribadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.