Sukses

42 Finalis Puteri Indonesia 2024 Mulai Jalani Masa Karantina untuk Pembekalan Menuju Malam Final

Sebanyak 42 finalis Puteri Indonesia mewakili provinsi di Indonesia dengan berbagai profesi seperti dokter, influencer, model, karyawati, dan mahasiswi dari berbagai universitas dari dalam maupun luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Puteri Indonesia (YPI) kembali menyelenggarakan ajang tahunan bergengsi Pemilihan Puteri Indonesia ke-27 tahun 2024 yang kali ini mengusung tema "Mewujudkan Generasi Berkarakter Menuju Indonesia Maju Berkelanjutan". Sebanyak 42 Finalis Puteri Indonesia mewakili provinsi di Indonesia dengan berbagai profesi seperti dokter, influencer, model, karyawati, dan mahasiswi dari berbagai universitas dari dalam maupun luar negeri.

Para finalis akan berkompetisi untuk memperebutkan empat mahkota Borobudur yang mewah, agung dan mempesona persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT) untuk Puteri Indonesia 2024, yang terdiri dari Mahkota Merah untuk Puteri Indonesia, Mahkota Hijau untuk Puteri Indonesia Lingkungan dan Mahkota Biru untuk Puteri Indonesia Pariwisata dan Mahkota untuk Puteri Indonesia Kebudayaan 2024.

Para finalis sebelumnya telah mengikuti berbagai rangkaian kegiatan pembekalan dan kelas pada saat pra karantina dari tanggal 20--27 Februari 2024 dan dilanjutkan dengan karantina Puteri Indonesia dari tanggal 29 Februari sampai 9 Maret 2024. Pada saat karantina, mereka mendapatkan pembekalan dan kelas di antaranya beauty class dan product knowledge bersama Mustika Ratu, ada pula pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Mereka juga akan mengikuti pembekalan pengetahuan mengenai finansial karena bekerja sama dengan salah satu bank. Para finalis juga akan mengikuti welcome dinner di Plataran, talent show, National Costume & Preliminary di Balai Sarbini, dan konservasi mangrove di Taman Wisata Alam Mangrove. 

Utamanya mereka juga akan belajar tentang public speaking, koreografi, serta mengikuti berbagai kegiatan lainnya. Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan ingin menekankan kepada anak-anak didiknya bahwa kecantikan bukan hanya sebatas wajah semata 'beauty' semata, tapi perlu ditunjang kecerdasan atau 'brain' sebagai keterampilan yang harus terus diasah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kualitas yang Diharapkan dari Puteri Indonesia

Para finalis juga harus mengetahui tentang tata krama pergaulan dan perilaku dalam 'behaviour' yang juga terus diperbaiki. "Dan tahun ini tidak kalah pentingnya kami menambahkan unsur BE RIGHT. Yaitu, sikap ketika kita dihadapkan kepada pilihan sulit di dalam kehidupan, kita harus memilih yang baik dan benar. Itulah kualitas seorang Puteri Indonesia yang seutuhnya," sebut Putri saat konferensi pers di The Westin Hotel Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Dengan serangkaian pembekalan dari karantina, Putri berharap para finalis dan pemenang nantinya bisa membawa nama baik Indonesia ke dunia dan Putri Indonesia bisa memberi peran agar disegani di dunia beauty pageant. Pihaknya pun punya cita-cita agar penyelenggaraan terus lebih baik, sehingga para finalisnya pun diharapkan tak berhenti untuk bisa terus meningkatkan diri. 

Putri juga menjelaskan bahwa tahun ini Yayasan Puteri Indonesia telah menambah lisensi baru yaitu Miss Cosmo. Disebutkan bahwa salah satu pemenang Puteri Indonesia Kebudayaan 2024 akan dikirimkan ke Miss Cosmo edisi pertama di Vietnam pada September 2024.

3 dari 4 halaman

Malam Final Bertepatan dengan International Women's Day

Ketua Pemilihan Puteri Indonesia 2024, Kusuma Ida Anjani, mengatakan bahwa acara final Pemilihan Puteri Indonesia tahun ini akan berlangsung pada 8 Maret 2024, yang bertepatan dengan International Womens Day. "Kita ingin memberikan penghargaan untuk membuat semangat para perempuan sebagai inspirasi bagi banyak orang dan generasi bangsa Indonesia," tuturnya di kesempatan yang sama.

Sementara itu, menurutnya tahun ini pihak penyelenggara juga mengadakan 'Motion Chalenge' yang bisa digunakan sebagai platform untuk para finalis menyampaikan aspirasinya. Ada pula kompetisi debat yang diadakan agar finalis bisa mengutarakan pemikirannya pemikiran yang sudah sangat maju. Untuk mendukung sektor ekonomi kreatif, dalam rangkaian acara pihaknya juga mengadakan 'Makeup Artist Search' dan mengajak para MUA berpartisipasi.

"Dari pra-karantina sampai karantina aku banyak belajar bersosialisasi, mengenal individu dan bagaimana kita sebagai seorang perempuan yang merepresentasikan daerah kita sendiri," ungkap finalis Puteri Indonesia 2024 wakil Sumatera Barat, Fitria Helnawati bercerita tentang hari pertamanya saat karantina, ditemui di sela acara pada Kamis, 29 Februari 2024. 

4 dari 4 halaman

Semangat Peserta Jalani Karantina

Fitria yang lolos dalam seleksi gelombang kedua di daerah asalnya itu mengaku sangat antusias menjalani karantina hari pertama, karena ini merupakan ajang beauty peagean pertamanya. Selain Fitria, ada Vanessa Zahra, finalis Jakarta 6 yang juga begitu bersemangat menjalani karantina hari pertama. "Saya excited tapi juga nervous," sebutnya kepada Tim Lifestyle Liputan6.com. 

Saat ditanya saat mewakili Jakarta sebagai salah satu wilayah unggulan dalam kontes kecantikan seperti ini, ia menjawab bahwa setiap peserta masing-masing punya keunggulan dan karakternya masing-masing. Harapannya dengan mengikuti ajang tersebut, Vanessa berharap bisa melanjutkan advokasi yang selama ini sudah diperjuangkan untuk kepentingan umum. 

Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 akan diselenggarakan Jumat, 8 Maret 2024 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center. Gelaran tersebut akan dihadiri oleh Miss International 2023, Andrea Valentina Rubio Armas dari Venezuela, Miss Supranational 2023, Andrea Victoria Aguilera Paredes dari Ekuador dan Miss Charm 2023 Lumar Russo Moura dari Brasil.

Acara final akan disiarkan langsung oleh televisi nasional SCTV. Publik juga bisa menyaksikannya melalui live streaming di YouTube dan sosial media asset Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu yang dapat disaksikan dari seluruh dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.