Sukses

Potret Mesra Arsyah Rasyid Mantan Maudy Ayunda Lamar Putu Ayu Saraswati di Tengah Hamparan Salju

Arsyah Rasyid tampak memasangkan cincin berlian ke jari Putu Ayu Saraswati di tengah hamparan salju Hokkaido, Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Arsyah Rasyid baru saja melamar kekasihnya, Putu Ayu Saraswati di Jepang. Setelah sebelumnya gagal menjalin asmara dengan Maudy Ayunda dan Pevita Pearce, pengusaha muda ini didoakan langgeng dengan Putu Ayu Saraswati.

Ayu Saraswati merupakan Puteri Indonesia Lingkungan 2020 asal Bali. Wanita yang akrab disapa Ayusa itu diketahui terpaut usia tujuh tahun dan menjalin hubungan beda agama. Meski begitu, pasangan ini serius untuk melaju ke jenjang pernikahan.

Informasi itu diketahui dari unggahan keduanya di akun Instagram mereka masing-masing pada Senin, 26 Februari 2024. Dalam unggahan itu, Ayusa dilamar kekasihnya di tengah hamparan salju Hokkaido, Jepang. Keduanya sama-sama mengenakan jaket tebal untuk menghangatkan tubuh di tengah cuaca dingin. 

Arsyah pun menyematkan cincin berlian dengan ukuran yang cukup besar di jari manis tangan kanan Ayusa. Usai menerima lamaran Arsyah, Ayusa pun langsung berpelukan dengan kekasihnya.

Hamparan salju dan cuaca dingin membuat momen lamaran ini bak di sebuah episode dorama (drama Jepang). "A lifetime of this (seumur hidup ini)," tulis Ayu sambil memamerkan cincin dengan latar pujaan hatinya.

Melalui Instagram Story, Arsyah mengungkap bahwa rencananya melamar Putu Ayu Saraswati terbilang cukup mendadak. Cara Arsyah melamar pun cukup unik. Ayusa mengungkapkan, Arsyah awalnya mengatakan akan memberi sesuatu agar tangan sang kekasih tetap hangat. Ayu lantas mengira hand warmer yang disiapkan Arsyah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan Selamat untuk Ayu Saraswati dan Arsyah Rasyid

Tak disangka, Arsyah Rasyid justru memberikan sebuah cincin berlian. Ayusa sempat kaget tapi kemudian langsung semringah menerima lamaran Arsyah. Ucapan selamat tampak diberikan rekan-rekan artis, termasuk Erina Gudono, untuk Arsyah dan Ayusa yang sedang berbahagia.

"Omg! Congratulations beb," tulis Yuki Kato.

"Congratulationsss you twooo 🩵🩵,” ujar Mikha Tambayong.

."Congratulations Ayusa❤❤,” ucap Erina Gudono.

"Putu ayu saraswati sarjana kedokteran bali, beruntung banget ya orang yang dapetin kak ayu," komentar seorang warganet.

"Congrats ayusak 🔥🔥🔥 pertama kali gue ketemu mas arsyah di final PI 2022. Ku kira mau nonton sape ternyata nemenin ayusa aaww,” ujar warganet lainnya.

Momen ini termasuk mengejutkan karena baik Ayusa maupun Arsyah hampir tidak pernah mengungkapkan hubungan spesial mereka. Bisa dibilang mereka menunggu momen yang tepat untuk mengumumkan hubungan spesial keduanya.

Nama Putu Ayu Saraswati mencuat saat mengikuti gelaran puncak KTT G20 di Bali pada 2022 lalu. Putri Indonesia Lingkungan 2020 itu bertugas memandu para pemimpin negara G20 yang mengikuti tur ke Tahura Ngurah Rai Mangrove, Bali, pada 17 November 2022.

3 dari 4 halaman

Kiprah Ayu Saraswati di KTT G20 Bali

Ayusa menjelaskan secara umum soal hutan mangrove yang dibenahi sejak setahun lalu untuk menyambut G20. Bali, dikutip dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), menjadi salah satu percontohan mangrove dengan luasan mencapai 2.144,8 hektare. Berjalan di depan para pemimpin G20 diakui Ayusa yang saat itu mengenakan blus batik dan celana putih membuatnya grogi.

Sampai-sampai, ia harus menulis tanda senyum di kertas contekan yang dibawanya. "Karena takut nanti nervous sampai lupa senyum," ucap Ayusa dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat, 18 November 2022.

Ia mengaku sangat senang dan merasa terhormat sekaligus beruntung mendapat pengalaman tersebut. Ia berharap apa yang disampaikannya bisa memberikan kesan baik sekaligus dampak yang lebih sustainable.

"Pengalaman unik mungkin saat masuk ke dalam, mungkin karena pakai wireless, jadi sinyalnya on and off. The first thing President Joe Biden say to me was you have very good sound system," tutur perempuan berdarah Bali dan Taiwan tersebut.

"Yes sir we try our best (Iya tuan, kami mengusahakan yang terbaik)," begitu jawaban Ayusa kepada Biden.

4 dari 4 halaman

Hobi Putu Ayu Saraswati

Putu Ayu Saraswati merupakan anak sulung dengan dua orang adik. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana itu mengaku hobi kulineran. Ia tak takut menyusuri pasar-pasar tradisional untuk berburu makanan enak.

Salah satu minuman favorit Ayu adalah es daluman, minuman tradisional khas Bali yang terbuat dari cincau hijau dengan campuran santan dan gula. Di akun Instagram pribadinya @ayusarasw, Ayu juga kerap membagikan foto hidangan khas Bali.

Sementara, nama Arsyah Rasyid dikenal saat berpacaran dengan Maudy Ayunda pada 2015. Hubungan mereka berakhir tak lama setelah merayakan anniversary ke-4, diduga karena LDR. Kala itu, Maudy Ayunda masih mengenyam pendidikan di Oxford University di Inggris.

Maudy lantas menikah pada 2022, dengan teman kuliahnya saat menempuh pendidikan S2 di Stanford University. Arsyah Rasyid cepat move on kepada Pevita Pearce setelah putus dari Maudy Ayunda pada 2020. Sayangnya, hubungan Arsyah dan Pevita kandas setelah dua tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.