Sukses

Gibran Rakabuming Raka Minta Warganet Kirim Video dan Foto Orang Berwajah Mirip Dirinya

Gibran Rakabuming Raka sebelumnya telah merespons cuitan video memperlihatkan pria disebut berwajah mirip dirinya.

Liputan6.com, Jakarta - Ada-ada saja interaksi Gibran Rakabuming Raka dengan warganet. Ya, Wali Kota Solo ini memang terbilang aktif di media sosial, namun langkah daringnya acap kali tidak terduga. Yang terbaru, ia meminta pengguna X, dulunya Twitter, mengirim video maupun foto orang yang dinilai mirip dengannya.

"Tolong kirimin video-video atau foto-orang orang yang mukanya mirip sama saya 🙏🙏," cuitnya pada Jumat, 23 Februari 2024. Tidak butuh lama bagi warganet menjawab "panggilan" itu, yang mana beberapa bahkan mengirimkan foto Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ada juga yang menunjukkan kreativitasnya dengan mengedit foto Gibran. Salah satunya menulis, "Gibran JKT48." "Mas gibran pas masih jadi anak bandrock n roll @gibran_tweet," sahut yang lain, memperlihatkan foto Gibran diedit bersama beberapa orang, termasuk Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Terdapat pula Gibran versi oppa Korea. "Sumpah di luar nurul (nalar) banget rangorang pada kreatif," tulis seorang pengguna mengomentari berbagai potret editan tersebut. Tidak hanya itu saja, karena ada juga yang "serius" memperlihatkan sederet orang yang dinilai berwajah mirip suami Selvi Ananda itu.

Sebelumnya, terdapat video viral memperlihatkan pria dinilai mirip Gibran. Di rekaman, pria yang menata rambutnya dalam belah pinggir mirip ayah dua anak ini terlihat memakai kaus abu-abu saat berbincang sambil tertawa.

Sejumlah warganet menyebut pria itu memang mirip dengan Gibran, bahkan sorot matanya. Namun, pria di video bertubuh lebih ramping dari Gibran Rakabuming Raka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Direspons Gibran

Tanpa diduga, cuitan yang memperlihatkan pria itu mendapat respons langsung dari Gibran. "Hhhmmm," tulisnya singkat menanggapi. Bukan kali saja, bulan lalu, beredar juga video seorang siswa dinilai mirip anak sulung dari tiga bersaudara itu.

Dalam video yang akhirnya jadi viral di jagat mata, siswa itu diketahui duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), menurut unggahan akun TikTok @anostu25 pada 12 Januari 2024. Akun tersebut menjelaskan bahwa siswa mirip Gibran itu merupakan pelajar kelas XI IPS 1 di sebuah sekolah, tapi tidak disebutkan di daerah mana.

"Mas Gibran biar enggak dituduh ijazah palsu, jadi sekolah lagi," tulis keterangan unggahan tersebut. Klip awalnya memperlihatkan suasana kelas XI IPS 1, lalu beralih ke seorang siswa laki-laki dengan seragam warna hijau army duduk di deretan bangku belakang.

Uniknya, video tersebut diedit dengan diberi stiker mirip Prabowo Subianto bergaya gemoy mengenakan kemeja biru. Siswa yang disebut mirip Gibran itu bahkan sempat berpose salam dua jari, kompak dengan stiker Prabowo di sampingnya.

3 dari 4 halaman

Tidak Hanya Gibran

Tidak hanya Gibran, beberapa tahun lalu, publik lebih dulu dihebohkan dengan potret seorang pria asal Banyuwangi, Jawa Timur yang dinilai mirip Presiden Jokowi. Ini diketahui dari unggahan akun Facebook bernama Imron Gondrong.

Meski memiliki rambut yang gondrong, wajah Imron digadang-gadang mirip mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Tidak heran, meski telah diunggah pada 2019, foto profilnya pernah jadi perbincangan hangat warganet pada 2020 lalu.

Merujuk keterangan Facebook-nya, foto profil dinilai mirip Jokowi itu dipublikasikan Imron pada 22 Januari 2019. Beberapa warganet mengaku heran mendapati wajah pria itu "mirip banget" dengan Jokowi. "Begini kali ya gambaran kalo Pak Jokowi gondrong," kata salah satunya.

Maklum, selama jadi pejabat, Jokowi menjaga rambutnya dalam potongan pendek dalam tatanan klimis. "Sampe sesenyum-senyumnya mirip," sahut pengguna berbeda.

Imron sendiri mengaku sebagai seorang pengusaha buah naga. Tidak tanggung-tanggung, menurut sejumlah unggahan Facebook-nya, ia kerap memasarkan buah naga dagangannya hingga ke luar Pulau Jawa.

4 dari 4 halaman

Temui Prabowo

Di tengah keriuhan daring karena orang-orang dinilai berwajah mirip Gibran, anak Presiden Jokowi ini dilaporkan menyambangi kediaman calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 23 Februari 2024, lapor Tim Pemilu Liputan6.com.

Gibran terlihat turun dari Toyota Innova hitam dengan memakai kemeja cokelat sekitar pukul 17.08 WIB. Ia tidak banyak bicara saat ditanya apakah bakal membahas program makan siang gratis maupun kabinet pemerintahan jika ditetapkan sebagai pemenang pilpres 2024.

"Tunggu nantilah ya. Ya nanti aja," kata Gibran saat tiba di Kertanegara.

Sementara itu, Prabowo Subianto terlihat datang setelahnya, sekitar pukul 17.52 WIB. Sejak siang, Prabowo berada di kantor Kementerian Pertahanan untuk menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Australia Richard Marles MP.

Sebelumnya, Gibran mengaku bakal bertemu Prabowo untuk membahas satu jabatan menteri yang bakal mengurusi program makan siang dan susu gratis. Pertemuan dengan pasangan calon presidennya disebut akan mematangkan rencana tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.