Sukses

Kronologi Insiden Pesawat AirAsia Tergelincir Usai Mendarat di Bandara Komodo Labuan Bajo

Insiden pesawat AirAsia tergelincir di Bandara Komodo Labuan Bajo ini terjadi pada Senin, 19 Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 860 rute Jakarta-Labuan Bajo mengalami insiden roda pesawat keluar dari jalur setelah mendarat di Bandar Udara (Bandara) Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin, 19 Februari 2024.

Terkait kejadian itu, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Komodo Labuan Bajo Ceppy Triono mengatakan bahwa pesawat AirAsia keluar dari marka jalur taxiway yang ada. "Setelah landing dan sedang taxi (berjalan) menuju apron, roda pesawat sebelah kanan ternyata melebihi marka tepi taxiway, sehingga terjerembab," katanya pada Antara, dikutip Rabu (21/2/2024).

Menurut dia, langkah-langkah penanganan insiden tersebut telah dilakukan sesuai SOP. Dilaporkan pula bahwa seluruh penumpang berhasil diturunkan dan pesawat bisa dengan aman di towing menuju apron. "Operasional bandara berjalan dengan normal," katanya.

Di keterangan terpisah, Manager Public Relations and Communication of Indonesia AirAsia, Ageng Wibowo Leksono, mengatakan, "Penerbangan yang membawa 151 penumpang ini mendarat pukul 10.20 Wita. Seluruh kru dan penumpang dipastikan dalam keadaan selamat dan seluruhnya telah berhasil dievakuasi."

Ia juga menyebut bahwa pesawat telah berhasil dievakuasi dan memasuki area parkir B2 Bandara Komodo Labuan Bajo. "Proses evakuasi berlangsung sekitar kurang lebih 50 menit. Keadaan runway telah clear dan bisa beroperasi kembali dengan normal," imbuh Ageng.

Investigasi lebih lanjut mengenai kejadian ini, menurutnya, tengah dilakukan tim AirAsia Indonesia  bersama pihak otoritas Bandara Komodo Labuan Bajo. Kejadian ini membuat penerbangan selanjutnya, yakni QZ 861 rute Labuan Bajo-Jakarta, terpaksa menunda penerbangan selama beberapa jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kompensasi untuk Penumpang Penerbangan yang Tertunda

Terkait penundaan penerbangan, Ageng mengatakan, "AirAsia Indonesia memastikan bahwa penumpang mendapat kompensasi atas keterlambatan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan."

"Penerbangan AirAsia Indonesia  bekerja sama dengan pihak berwenang terkait, dan memastikan langkah-langkah perbaikan yang sesuai. Kami juga terus berupaya mencapai standar keselamatan tertinggi dalam semua operasi dan akan terus memantau situasi ini untuk memberi informasi secara berkala," tandasnya.

Sebelumnya, AirAsia Indonesia telah mengumumkan promosi Free Seat dan Terbang Hemat untuk rute internasional. Penawaran ini hadir dalam rangka mendukung peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, klaimnya.

"Kami menghadirkan kembali Free Seat dan Terbang Hemat untuk seluruh rute internasional yang dilaksanakan serentak. Upaya ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen kami dalam mendukung kebangkitan sektor pariwisata," ungkap Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine, dalam keterangan tertulis pada Tim Bisnis Liputan6.com, Senin, 19 Februari 2024.

Veranita menambahkan, komitmen AirAsia sejalan dengan target yang dicanangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia pada 2024.

3 dari 4 halaman

Periode Promo

Veranita berkata, "Kesempatan ini sekaligus mendorong peningkatan jumlah wisman untuk berkunjung ke destinasi unggulan di Indonesia, seperti Jakarta, Bali, Medan, Surabaya, dan Kertajati yang baru diresmikan tahun lalu. Juga, memberi kemudahan penumpang dari Indonesia untuk terbang ke berbagai destinasi internasional."

Free Seat dan Terbang Hemat Rute Internasional AirAsia dapat dipesan pada 19 sampai 25 Februari 2024 dengan periode terbang 1 September 2024 hingga 18 Juni 2025. Pilihan rute penerbangannya mulai dari Jakarta, Bali, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Pekanbaru, Padang, dan Kertajati menuju Perth, Singapura, Kuala Lumpur, Penang, Bangkok, dan masih banyak lagi destinasi internasioanl lain.

Semakin melengkapi pengalaman perjalanan penumpang yang ingin membawa lebih banyak barang, pihaknya juga menambah diskon 20 persen OFF Xtra Carry On sehingga penumpang dapat membawa dua bagasi kabin ke dalam pesawat dengan total berat 14 kg.

Pihaknya mengaku berkomitmen memberi pilihan terbang ke berbagai destinasi menarik yang bisa dikunjungi untuk memudahkan wisatawan terhubung dengan kota-kota tujuan. 

4 dari 4 halaman

Cara Menikmati Promo AirAsia

Cara mendapatkan kursi gratis dan terbang hemat AirAsia, yakni:

  1. Kunjungi situs web airasia.com atau aplikasi AirAsia MOVE.
  2. Pilih rute internasional sesuai periode penerbangan yang diinginkan.
  3. Remove check-in bagasi jika tidak diperlukan.
  4. Promo ini tersedia untuk seluruh kursi dan penerbangan internasional sesuai yang ditawarkan.
  5. Pastikan juga untuk mengatur jadwal penerbangan sesuai syarat dan ketentuan promo, lalu selesaikan transaksi sebelum 25 Februari 2024.

Di sisi lain, AirAsia Indonesia terus menghimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah. Selain itu, para penumpang juga dianjurkan tiba di pintu keberangkatan paling lambat satu jam sebelum waktu keberangkatan sesuai waktu yang tertera pada boarding pass.

Pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih diharapkan menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.