Sukses

7 Kuliner Indonesia Favorit Grace Natalie, dari Lontong Medan hingga Choi Pan

Siapa yang suka dengan dunia kuliner? Simak artikel di bawah ini untuk mendapatkan rekomendasi makanan dengan rasa yang unik.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Grace Natalie jadi sorotan setelah ia menguasai perolehan suara di dapil neraka. Mengutip kanal Pemilu Liputan6.com, Kamis (22/2/2024), politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu menguasai dapil Jakarta III dengan perolehan perhitungan sementara sebanyak 38.106 suara, menurut hitungan sementara KPU pada Selasa, 20 Februari 2024, pukul 15.30 WIB.

Menyusul perolehan Grace Natalie Louisa adalah politikus Golkar Erwin Aksa dengan perolehan suara 35.409, disusul politikus Nasdem Ahmad Sahroni dengan jumlah suara 28.483, kemudian politikus PDIP Charles Honoris dengan jumlah suara 20.342. Sementara, politikus PKS Adang Daradjatun mendapat 16.878 suara dan Sigit Purnomo atau Pasha Ungu dari PAN mendapat 10.566.

Sedangkan, keponakan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo mendapat 9.086 suara. Dapil Jakarta III ini menjadi arena pertarungan sejumlah politisi senior hingga mantan artis sehingga kerap disebut sebagai 'dapil neraka'.

Di luar kesibukannya berpolitik dan berkampanye, ada kebiasaan yang biasa dilakoni Grace, yakni berwisata kuliner. Hal itu terlihat lewat sejumlah unggahan di media sosialnya. Apa saja menu kuliner favorit mantan pembawa acara berita di SCTV tersebut? 

1. Lontong Medan

Salah satu menu favorit Grace Natalie ternyata berasal dari Medan, yakni lontong medan. Wujudnya mirip lontong sayur tetapi isiannya lebih variatif. Potongan lontong biasanya disajikan bersama bihun goreng, kerupuk udang, kerupuk kentang, tauco, ikan teri, sambal tempe, serundeng, bahkan bumbu rendang.

Salah satu rekomendasi tempat untuk menyantapnya adalah Nasi Belawan khas Medan. Lokasinya berada di beberapa pasar di Jakarta, seperti Pasar PIK, Pasar Laris Palem, dan Pasar Muara Karang.

"Ini nasi belawan enak banget, khususnya harus pesen lontong Medannya," ujar Grace dalam video yang diunggah 26 Agustus 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bubur Singkawang

Dalam kesempatan berbeda, Grace Natalie diajak rekannya untuk berburu kuliner enak di sekitar Krendang, Jakarta Barat. Ada beberapa makanan yang dicicipinya. Tapi, yang paling disukainya ternyata adalah bubur Singkawang. Tempatnya bersantap saat itu adalah bubur Singkawang Ajun.

"Jadi waktu ke Singkawang, pernah nyobain makanan kaya gini. Enak banget," ujarnya.

Kuliner yang dikenal sebagai bubur nasi ini adalah jenis bubur berkuah. Warga Singkawang biasa menyantapnya dengan toping irisan daging sapi atau ayam, teri goreng, kacang tanah, irisan daun sawi, daun bawang, lobak asin, dan kerupuk. Ada pula yang membuat variasi non-halal dengan menggunakan daging babi. Karena itu, umat Islam harus hati-hati memilih tempat mencicipi bubur Singkawang.

3. Bihun Bebek Khas Medan

Masih tentang khas Medan, kali ini yang jadi kesukaan Grace adalah bihun bebek. Makanan ini terdiri dari bihun yang direbus, suwiran daging bebek rebus, ditambah kuah kaldu rebusan bebek dengan rasa yang gurih. Jika kamu ingin mencoba juga kelezatan bihun bebek, tidak perlu jauh-jauh ke Medan, karena di pasar PIK juga ada.

"Ini waktu dimakan pertama kali rasanya gurih, asin, tapi di ujung lidah manis," ucapnya.

3 dari 4 halaman

4. Es Brenebon

Selain yang gurih-gurih, Grace ternyata juga suka yang manis dan segar. Es brenebon alias es kacang merah menjadi salah satu favoritnya. Es khas Sulawesi Utara dan Gorontalo itu adalah olahan es serut yang berisi kacang merah dan kental manis. Es itu biasa ditambahkan alpukat atau durian yang sayangnya saat itu tak tersedia

Selain disantap sebagai makanan penutup, es brenebon juga seringkali dihidangkan sebagai makanan pembuka karena cukup mengenyangkan. "Seger banget, apalagi panas-panas gini," ucap Grace.

5. Es Krim Angi

Masih membahas yang manis-manis, kali ini ada kuliner legendaris dari Pontianak. Es krim ini katanya adalah es krim tertua yang ada di Pontianak, dan sudah ada sejak 1950.

Penyajian es krim ini cukup unik, yaitu dengan wadah menggunakan batok kelapa. Rasa es krim ini pun ada berbagai macam, mulai dari cokelat, stroberi, teh hijau, ketan hitam, alpukat, durian, nangka, vanila, hingga cempedak. Anda bisa mengombinasikan rasa sesuai selera. Popularitasnya yang melegenda membuat es krim ini diburu banyak orang.

4 dari 4 halaman

6. Bubur Tinutuan

Bubur tinutuan adalah makanan khas Manado yang tak dilewatkan Grace saat berkunjung ke Manado. Bubur ini umumnya terdiri dari campuran beras, kangkung, bayam, jagung, labu kuning, ubi jalar, daun gedi dan bahan lainnya.

Setelah matang, bubur dihidangkan dengan ikan asin jambal dan mie. Karena campuran dari bubur ini cukup banyak, rasanya pun sangat unik. Ketika mencoba makanan ini, kamu akan mendapatkan kombinasi rasa yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya.

7. Choi Pan

Choi Pan adalah makanan khas Pontianak yang bentuknya seperti pangsit dimsum. Isinya bengkuang kucai atau talas, di atasnya ada taburan bawang putih goreng. Biasanya dimakan dengan dicocol sambal yang khas. Makanan khas Pontianak ini ternyata menjadi makanan kesukaan Grace Natalie sejak kecil.

Ini salah satu makanan kesukaan saya dari kecil, choi pan namanya,” ungkapnya dalam caption salah satu unggahan di Instagram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini