Sukses

Viral Caleg DPD Jawa Timur Banyak Dipilih karena Foto dan Wajahnya Glowing, Disebut Senada dengan Komeng

Pemilihan caleg DPD RI Dapil Jawa Timur membuat nama seorang caleg jadi viral. Caleg dengan nomor 10 tersebut bernama Kondang Kusumaning Ayu jadi dikenal luas karena foto dirinya di surat suara.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilu 2024 tak hanya dihebohkan dengan pemilihan presiden atau pilpres tapi juga calon anggota legislatif atau caleg. Salah satunya adalah pemilihan caleg DPD RI Dapil Jawa Timur periode 2024-2029 yang membuat nama seorang caleg jadi viral. Caleg dengan nomor 10 tersebut bernama Kondang Kusumaning Ayu.

Ia langsung berseliweran di media sosial karena paras wajahnya yang cantik. Meski namanya Kondang, namanya ternyata tidak terlalu dikenal sebelumnya. Videonya ramai beredar di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun TikTok @riil__10. Dalam unggahan itu tampak surat suara yang memperlihatkan foto para calon anggota DPD RI.

Sekilas tidak ada yang aneh atau mencolok dari suara suara dengan ciri khas warna merah itu. Namun saat mengamati wajah-wajah yang terpampang di surat suara itu ada satu foto yang menarik perhatian. Foto itu adalah sosok wanita berjilbab abu-abu dean baju putih itu terlihat tersenyum yang ternyata memikat hati para warga untuk mencoblosnya.

Ayu pun meraup banyak suara di Pemilu 2024. Bahkan, dalam real count sementara KPU, perolehan suara Kondang masuk 4 besar terbanyak.

Para warganet mengaku mencoblos Kondang karena parasnya yang cantik dan wajahnya yang glowing.  "Bukan masalah amplopnya, tapi ini berkaitan dengan wajah cantiknya," bunyi tulisan dalam video viral itu.

Sayangnya tidak banyak informasi yang bisa didapat mengenai sosok calon anggota DPD RI dari Jawa Timur ini. Meski begitu, di akun Instagram yang diduga baru dibuatnya, Kondang Kusumaning Ayu gencar mengajak warga Jatim memilihnya.

"Assalamualaikum warga Jawa Timur. Waktunya generasi muda dan perempuan berpartisipasi ke ranah politik wajah baru, semangat baru,” ," tulis Kondang di salah satu unggahannya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Informasi Caleg DPD Jatim

"Saatnya yang muda maju untuk Jawa Timur lebih maju," tulis Kondang di salah satu unggahannya. Selain itu, Kondang Kusumaning Ayu hanya mencantumkan informasi dirinya calon anggota DPD RI periode 2024-2029.

Dia juga tidak menyebutkan informasi lainnya seperti tempat lahir atau aktivitas yang telah dilakukannya untuk menarik simpati warga. Unggahan itu pun viral dan mengundang banyak komentar.

Selain memuji, ada juga yang menyamakan Kondang dengan Komeng yang banyak dipilih sebagai caleg DPD Jawa Barat karena fotonya yang unik. Bedanya, nama Komeng sudah dikenal luas sebagai komedian sejak puluhan tahun lalu.

"Gak tau kok tiba-tiba nusuk jenengan (kamu) Mbak, wajahe paling bersinar sak kertas. Salam dari Sumenep Mbak Kondang👏." komentar seorang warganet.

"Pertama liat udah langsung fix nyoblos mbk nya .. apa aku terpelet senyumnya 😆😆 pdhl aku cewek … adududu,” ujar warganet lainnya.

"Aku nyobloss ini,karna Ini yg paling Glowing Shining Shimering like a Diamond 😍." tulis warganet lainnya.

"Jatim = mbak kondang , Jateng = Gus Yasin ( putra Alm Mbah Maimoen Zubair) , Jabar = Komeng ( bapanya adul ) ... DPD Jawa insya Allah amanah 🤲,” timpal warganet lainnya.

"Ini nunjukin rendahnya pemilih di indo akan pengetahuan tentang calon yg akan mimpin mereka,” sebut warganet lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Tingkah Kocak Komeng

 

Sebelumnya, komedian Komeng viral di media sosial setelah banyak pemilik akun yang berbagi foto surat suara Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024). Salah satu penyebabnya, ia menampilkan pose nyeleneh yang bikin warganet tertawa.

Tidak seperti calon legislatif (caleg) kebanyakan yang berfoto dengan pose serius, Komeng justru memperlihatkan ekspresi melotot sambil membuka sedikit mulutnya, seolah-olah seperti orang terkejut. Momen kocak yang diperlihatkan pria yang mencalonkan diri sebagai salah satu anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat ini sukses meleburkan beban serius jadi terasa lebih ringan.

Tingkah kocak pemilik nama asli Alfiansyah Bustami ini pun menarik perhatian komedian senior lainnya, Abdel Achrian. Abdel pun menghubungi Komeng melalui pesan WhatsApp (WA) dan mendoakan sahabatnya itu lolos jadi anggota DPD dan masuk Senayan.

"Buset gue nanya banyak yang milih lo. Semoga beneran masuk Senayan, aamiin,” tulis Abdel yang dibagikan di akun Twitter (X) miliknya, @abdelachrian, Rabu. Tanpa diduga, Komeng ternyata tak menjawab serius doa Abdel buat masa depannya tersebut.

4 dari 4 halaman

Kegiatan Komeng Tak Pernah Terekspos

 

Pria yang terkenal dengan jargon ‘uhuy’ di program Spontan ini malah mengatakan dirinya kini sudah ada di Senayan. "Ini ane dah di daerah Senayan pak, di daerah Patal lagi ngopi,” balas Komeng.

Tak berhenti di situ, pria 53 tahun ini lantas mengatakan bahwa tujuannya ke Senayan agar lekas dipanggil. "Biar deket kalo ada panggilan,” kata Komeng. Jawaban itu langsung menuai ragam respons warganet dalam unggahan cuitan Abdel.

Ada juga yang menuliskan kegiatan Komeng yang hampir tak pernah terekspos. Kemunculan Komeng yang tidak disangka-sangka disebut oleh salah seorang warga, Agustin Wardhani (33), memudahkannya dalam memilih di antara para caleg yang tidak dikenalnya.

"Pas aku buka kertas suara, ada lima, kan? Bingung tuh mau milih siapa. Pas buka (surat suara) DPD, banyak juga dan enggak ada nama partainya. Jadinya aku cari wajah-wajah familiar, eh, ada Bang Komeng. Langsung coblos deh," kata Agustin yang memilih di TPS 37 Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat kepada tim Liputan6.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini