Sukses

Cinta Laura Tampil Modis Saat Mencoblos Pemilu 2024 di New York, Warganet Penasaran Siapa yang Dipilih

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia akan menjalani masa pemungutan suara Pemilu dan Pilpres pada 14 Februari 2024. Namun sebagian warga negara Indonesia yang sedang berada di luar negeri sudah lebih dulu mencoblos, salah satunya adalah Cinta Laura.

Ia harus lebih dulu menggunakan hak suaranya karena sedang berada di luar negeri. Penyanyi dan aktris terkenal tersebut diketahui mengikuti pencoblosan dan memberikan hak suaranya di New York, Amerika Serikat (AS).

Momen dirinya mencoblos jauh-jauh di New York ini, dibagikan Cinta di akun Instagram pribadinya, @claurakiehl.  Artis berusia 30 tahun itu menunjukan momennya di bilik pencoblosan dan menunjukan jari ungu tanda dirinya sudah menggunakan hak suaranya.

"Nyoblos di New York, let’s go Indonesia,” tulis Cinta dalam unggahannya pada Minggu, 11 Februari 2024.  Saat pencoblosan, penampilan simpel tapi menawan Cinta bikin banyak warganet salah fokus. Cinta tampil dengan mix and match long sleeve hitam dan rok jeans biru. Sedangkan rambutnya dicepol ke atas dan riasan tipis.

Cinta juga berpose di bilik pencoblosan dan menunjukan kerta suaranya. Terakhir, tak ketinggalan, Cinta juga berpose menunjukan jari kelingkingnya yang bertinta ungu untuk menandakan dirinya sudah mengikuti Pemilu 2024 dengan baik dan benar.

Tampilan gaya Cinta Laura mencoblos di New York, Amerika Serikat ini pun ramai pujian warganet. Warganet juga ikut salfok dengan gaya Cinta yang tetap modis dan kece walau hanya untuk mencoblos

Tak sedikit juga yang penasaran siapa capres yang dipilih Cinta. Belum sehari dibagikan, sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah disukai lebih dari 107 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 840 komentar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cinta Laura Dipuji Warganet

 

"Nah ini baru public figur. promosi buat pada nyoblos, poinnya jangan golput! bukannya jadi public figur malah promosiin paslon tertentu. pemilu dijadiin jualan🤭🤭 keren ka cintaa,” komentar seorang warganet.

"Salfok sama Cinta cantik banget," ujar warganet yang lain.

"Definisi nyoblos terlihat slay, yaa🩵 Hmmm, jadi penasaran Cinta pilih siapa ya??!,” kata warganet yang lain.

"Ya ampun Cinta, cantiknya kayak apotek tutup. Ngga ada obat... 😍😍😍,” sebut warganet lainnya.

"Pastikan dibuka dan diperiksa dulu, seperti kak cinta sebelum ke bilik utk pencoblosan ya 👏,” timpal warganet lainnya.

Tidak hanya warga negeri Indonesia (WNI) yang ada di Tanah Air, Pemilu juga berlangsung untuk WNI yang ada di mancanegara.Dikutip dari akun kpu.go.id, Rabu, 10 Januari 2024, dijelaskan bahwa WNI di luar negeri bisa menyalurkan suaranya melalui Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dengan 3 tata cara memilih.

Pertama, yaitu memilih di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPS LN). Kedua, melalui Kotak Suara Keliling (KSK) dan ketiga melalui pos.KPU dalam keterangannya menyatakan, WNI bisa datang ke TPS yang biasanya dibangun di pusat berkumpulnya WNI, atau Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal.

 

3 dari 4 halaman

Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri

Namun bagi WNI yang jauh dari lokasi Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN), bisa memilih dengan tata cara mencoblos surat suara dan memasukkan surat suara ke KSK yang dapat dijangkau PPLN di tempat WNI bekerja dalam satu kawasan.

Namun, bagi WNI yang berlokasi lebih jauh dan terpencil, dapat mengirimkan surat suara tersebut melalui pos ke Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Proses Pemilu di luar negeri akan dilaksanakan lebih dulu atau early voting dibandingkan dengan Pemilu di dalam negeri, namun proses penghitungan dan rekapitulasi suara dilakukan bersamaan dengan di dalam negeri.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) sudah merlis waktu pencoblosan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di sejumlah kota-kota di luar negeri. Melansir kanal Pemilu Liputan6.com, 19 Januari 2024, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, penetapan hari dan tanggal pemungutan suara di tempat pemungutan suara luar negeri atau (TPSLN) ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan KPU bernomor 1811 tahun 2023.

Berdasarkan salinan surat keputusan diterima Liputan6.com, Jumat, (19/1/2024) setiap kota di belahan negara memiliki waktu yang berbeda dan lebih cepat atau sama dengan waktu pemungutan suara di dalam negeri. Berikut daftar tanggal dan kota yang dikategorikan berdasarkan tanggal paling awal hingga mendekati jadwal di Indonesia, 14 Februari 2024. 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pencoblosan Bagi WNI di Luar Negeri

 

Tanggal 5 Februari 2024: Ho Chi Minh City dan Hanoi di Vietnam.

Tanggal 6 Februari 2024: Panama City di Panama

Tanggal 8 Februari 2024: Tehran di Iran

Tanggal 9 Februari 2024: Amman di Yordania, Kepulauan Seychelles, Baghdad di Irak, Dhaka di Bangladesh, Doha di Qatar, Khartoun di Sudan, Kuwait City di Kuwait, Manama di Bahrain, Muscat di Oman, Riyadh di Saudi, Sana’a di Yaman.

Tanggal 10 Februari 2024:Abu Dhabi, Abuja, Alger, Berlin, Bern, Bogota, Brasilia, Bratislava, Budapest, Brussel, Buenos Aires, Canberra, Cape Town, Caracas, Chicago, Colombo, Dakar, Damaskus, Darwin, Den Haag, Dubai, Frankfurt, Hamburg, Havana, Helsinki, Houston, Islamabad, Jedah, Kairo, Kopenhagen, Kyiev, Lima, Lisabon, Los Angeles, Maputo, Marseilles, Melbourne, Mexico City, Moskow, Mumbai, Nairobi, New Delhi, New York, Oslo, Ottawa, Paris, Perth, Phnom Penh, Praha, Pretoria, Quitto, San Fransisco, Sarajevo, Seoul, Sofia, Stockholm, Suva, Sydney, Tashkent, Toronto, Tripoli, Vancouver, Vatikan, Vientiane, Warsawa, Washington DC, Wina, Windhock, Zagreb.

Tanggal 11 Februari 2024:Addis Ababa, Ankara, Athena, Baku, Bandar Seri Begawan, Bangkok, Beirut, Beograd, Bucharest, Dar Es Salaam, Davao City, Dili, Istanbul, Johor Baru, Karachi, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Kuching, London, Madrid, Manila, Noumea, Osaka, Paramaribo, Penang, Port Moresby, Rabat, Roma, Santiago, Singapura, Songkhla, Tawau, Tokyo, Tunis, Yangon

Tanggal 13 Februari 2024: Hongkong

Tanggal 14 Februari 2024: Guangzhou, Beijing, Madagaskar, Astana, Shanghai, Taipei, Vanimo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini