Sukses

Peralatan yang Sebaiknya Dipersiapkan dan Dibawa Saat Mudik

Penting bagi Anda mengetahui alat yang wajib dibawa saat mudik dengan mobil dan motor sebagai bentuk persiapan.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dan sepeda motor merupakan salah dua jenis kendaraan yang kerap diandalkan untuk bepergian, termasuk mudik ramadan dan lebaran 2024 yang akan datang. Tak jarang jarak tempuh yang jauh membuat pengemudi maupun mobil atau sepeda motor yang mereka bawa kelelahan.

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui alat yang wajib dibawa saat mudik dengan mobil dan motor sebagai bentuk persiapan. Bagi Anda yang mengandalkan mobil untuk bepergian, berikut alat-alat yang sebaiknya disiapkan:

* Dongkrak dan ban cadangan

Ketika melakukan perjalanan jauh dalam rangka mudik, Anda barangkali akan melewati jalan yang kondisinya kurang mulus bahkan berbatu. Hal tersebut tak jarang merusak ban dan akan menganggu kenyamanan berkendara.

Sebelum memasukkan alat yang wajib dibawa saat mudik dengan mobil dan motor ini, pastikan kondisinya masih layak pakai, sehingga tak menyulitkan pemasangan.

* Alat reparasi atau toolkit mobil

Peralatan lainnya yang harus Anda sediakan untuk mudik dengan mobil adalah alat reparasi atau toolkit. Alat-alat yang mencakup toolkit adalah kunci roda, kunci pas, obeng, tang, dan lain sebagainya. Untuk ban dan dongkrak, gunakan toolkit yang kondisinya bagus. Perlu dicatat, toolkit hanya bisa Anda gunakan untuk jenis perbaikan ringan saja saat di perjalanan mudik ramadhan 2024 ini

 

Alat-alat yang wajib dibawa untuk sepeda motor

Sementara alat yang wajib dibawa saat mudik dengan mobil dan motor khusus sepeda motor mencakup:

* Alat reparasi atau toolkit sepeda motor

Sama seperti mobil, Anda juga dianjurkan membawa toolkit atau alat reparasi yang dikhususkan untuk sepeda motor. Sejumlah alat yang sebaiknya disiapkan mencakup obeng, kunci pas, kunci busi, dan ring nomor 10mm sampai 19mm. Membawa toolkit memungkinkan Anda melakukan perbaikan ringan. Sementara untuk masalah berat sebaiknya dibawa ke bengkel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

* Pelumas atau oli serbaguna

Alat yang wajib dibawa saat mudik dengan mobil dan motor selanjutnya yang sebaiknya tak Anda lupakan adalah pelumas atau oli serbaguna. Seperti yang diketahui, pelumas mempunyai kegunaan untuk mengatasi masalah kelistrikan.

Beberapa masalah kelistrikan yang biasanya dialami sepeda motor adalah tombol sein yang macet hingga mengeras, klakson tak berbunyi, hingga membantu membuka baut.

Satu lagi alat yang wajib dibawa saat mudik dengan mobil dan motor: smart car air pump Notale. Sesuai namanya, pompa angin dari Notale ini mengusung konsep portable, mudah dibawa ke mana-mana. Notale Smart Car Air Pump memiliki ukurannya yang kecil pun memungkinkan Anda mengisi ban mobil maupun sepeda motor selama perjalanan mudik 2024.

Anda bisa membeli Notale smart car air pump secara online di toko Notale di Tokopedia. Tak hanya memperoleh pompa angin, Anda juga akan menerima garansi selama 12 bulan dan layanan di service center yang terbesar di 30 kota seluruh Indonesia. Anda kunjungi langsung Marketplace dan Sosial Media resmi Notale untuk mengetahui informasi lengkap terkait produk ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini