Sukses

F1 Powerboat Seri Danau Toba Digelar 2--3 Maret 2024, Target Kunjungan Wisatawan Naik Sampai 25 Persen dari 2023

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan tak pernah membayangkan akan ada event sebesar F1 Powerboat digelar di Danau Toba secara berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balap perahu motor F1 Powerboat akan kembali digelar di Danau Toba. Pada tahun ini, penyelenggaraannya berlangsung dua hari, yakni 2--3 Maret 2024, yang dikelola oleh InJourney, holding BUMN Pariwisata dan Pendukunganya.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tak pernah membayangkan ada event olahraga sebesar F1 Powerboat di Danau Toba. Pada 2023, kegiatan itu berdampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat, mencapai Rp1,68 triliun dengan 100 ribu penonton langsung. Tetapi, impresinya besar lantaran acara itu juga diputarkan lewat livestreaming di 44 negara dan ditonton jutaan pasang mata.

"Bagi orang Batak ini jadi penting karena satu perhelatan berlanjut dengan dampak ekonomi begitu besar," kata Luhut dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (7/2/2024).

F1 Powerboat 2024 di Danau Toba rencananya akan diselenggarakan di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Sebanyak 18 pembalap internasional dari sekitar 10 negara akan mengikuti kejuaraan internasional tersebut.

Untuk memeriahkan acara tersebut, sejumlah side event akan dihadirkan. Di antaranya, kompetisi Solu Bolon antar-kabupaten di Sumatera Utara dan kompetisi Aquabike Indonesian Championship Series Pertama yang akan diikuti kurang lebih 30 atlet jetski nasional.

"Salah satu perubahan fundamental, selain komunikasikan keindahan Toba, kita juga buat pagelaran kebudayaan dan culture Batak. Kita akan menggelar side event yang mempromosikan culture dan keindahan Danau Toba," ujar Dony Oskaria, Direktur Utama InJourney.

Salah satu event budaya yang dihadirkan adalah menari tor-tor ramai-ramai. Akan digelar pula pameran UMKM setempat. "Kita dorong produk kuliner, kriya, dan fesyen dari Danau Toba. Sebelumnya sudah kita lakukan pelatihan di sentra ekraf di sekitar Danau Toba," ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Target Kunjungan Wisata dan Sektor Parekraf

Berdasarkan kajian, Sandiaga optimistis penyelenggaraan F1Powerboat tahun ini akan semakin membaik dengan target capaian sektor pariwisata dan ekonomi kreatif meningkat 20--25 persen dari tahun lalu. Penyelenggaraan event internasional tersebut, sambung dia, sangat penting untuk meningkatkan kunjungan wisata.

Hal tersebut, kata dia, terbukti pada capaian kunjungan wisatawan mancanegara 2023 yang menembus angka 11,7 juta. Capaian tersebut salah satunya ditopang oleh event-event. "Semakin banyak event yang berkualitas, khususnya di Indonesia dan Danau Toba, bisa membawa geliat ekonomi yang sangat meningkat," katanya.

Terlebih, Danau Toba dinobatkan sebagai host terbaik F1Powerboat terbaik di seluruh dunia. Untuk mengoptimalkan potensi wisata, pihaknya juga mendorong pembangunan amenitas berkelas dunia.

Dirut InJourney menambahkan bahwa pihaknya sedang merenovasi Hotel Grand Inna di Parapat untuk menjadi hotel bintang lima pertama di kawasan Danau Toba yang dilengkapi ruang konvensi yang memadai. Sementara, Luhut berharap jalan tol dari Siantar ditembuskan ke Parapat agar akses darat semakin lancar.

 

3 dari 4 halaman

Bangun Akademi Latih Riders

Di kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo mengungkapkan rasa bangganya terhadap antusiasme warga sekitar Danau Toba pada event internasional lalu, khususnya Aquabike Jetski World Championship 2023 yang mampu menyedot hingga 200.000 pengunjung. Hal ini menunjukkan potensi water sport tourism di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

"Ajang ini jadi sangat menarik dan menjadi potensi bagi kita untuk memunculkan kembali local heroes Indonesia, khususnya untuk ajang water sport," kata Dito.

Dito menambahkan dengan telah bergulirnya event olahraga air di Danau Toba, Pemerintah akan menyiapkan akademi khusus untuk mendidik atlet-atlet agar dapat berlaga di kejuaraan internasional seperti F1Powerboat dan Aquabike Jetski World Championship.

Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri BUMN juga menyampaikan kebanggaannya dengan Danau Toba karena dengan event olahraga internasional yang diselenggarakan ini dapat mendulang coverage yang sangat tinggi. Ia berharap kedepannya trafik wisatawan akan terus meningkat di seluruh 5 DPSP.

"Dukungan luar biasa tak lepas dari sinergi BUMN yang juga full effort dalam mendukung untuk meningkatkan trafik wisatawan," tambah Tiko.

4 dari 4 halaman

Berapa Harga Tiketnya?

Dony menjelaskan bahwa dalam membangun pariwisata, InJourney melakukannya secara komprehensif, salah satunya dengan memastikan bahwa dalam mengadakan suatu event dapat memberikan dampak ekonomi yang luar biasa kepada masyarakat baik langsung maupun tidak langsung. Dengan terselenggaranya ajang berskala global ini, Indonesia mendapatkan media exposure yang tinggi di kancah internasional.

"Yang utama adalah bagaimana kita dapat mempromosikan destinasi pariwisata ke mata dunia sehingga hal tersebut dapat mendatangkan trafik wisatawan dan masyarakat sekitar yang akan merasakan dampaknya ekonominya," jelasnya. Ditanya soal harga tiket, Dony menyatakan masih didiskusikan besarannya.

Tahun lalu, melalui gelaran Aquabike Jetski World Championship 2023 Indonesia sukses menjadi tuan rumah kejuaraan jetski internasional. Keberhasilan ini diakui oleh Founder H2O Racing Management, Nicolo Di San Germano yang menyebut bahwa Danau Toba merupakan venue terbaik di dunia sebagai lokasi balapan jetski lantaran keindahan, kemegahan dan kecantikan pesona Danau Toba.

Gelaran F1 Powerboat tahun ini akan dimeriahkan juga dengan ajang Aquabike Indonesian Championship seri pertama. Dalam ajang tersebut akan digelar dua kategori, yakni endurance dan paralel slalom. Sekitar 20 pembalap nasional akan ikut dalam ajang ini. Kesempatan ini akan membuka peluang bagi para atlet untuk meningkatkan performa terbaiknya dalam Aquabike World Championship selanjutnya di Danau Toba.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.