Sukses

Selamat, Pink Beach di Pulau Padar Masuk 20 Besar Pantai Terbaik di Dunia Versi Lonely Planet

Pink Beach di Pulau Padar menjadi salah satu dari 20 Besar Pantai Terbaik di Dunia versi Lonely Planet berkat keunikan pasirnya yang berwarna merah muda.

Liputan6.com, Jakarta - Publikasi perjalanan, Lonely Planet, baru saja merilis daftar pantai terbaik di dunia 2024. Dalam rilis yang dipublikasikan pada Selasa, 30 Januari 2024, mereka mengatakan mengirim sejumlah penulis mereka untuk menemukan pantai terbaik yang pantas direkomendasikan.

Lokasinya tidak terbatas pada satu benua saja, tetapi hampir semua benua memiliki perwakilan. Indonesia juga masuk daftar 20 Pantai Terbaik di Dunia lewat Pink Beach yang berlokasi di Pulau Padar, bagian dari Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Di dalam daftar itu, Pink Beach menempati urutan ke-14.

Lonely Planet menggambarkan keindahan pasir Pink Beach dengan menyebutnya gulali. Warna khasnya berasal dari karang pipa organ berwarna merah tua yang terurai di lepas pantai selama berabad-abad dan bercampur dengan butiran pasir putih halus sehingga menghasilkan garis pantai berwarna merah muda yang lembut.

Dengan banyaknya terumbu karang, pantai ini merupakan tempat snorkeling yang populer – kumpulan ikan tropis juga menyukai terumbu karang. Pondok pantai sederhana tersebar di garis pantai di sini, menawarkan minuman dan makanan sederhana serta satu-satunya tempat berteduh di pantai yang bermandikan sinar matahari.

Pantai Pink populer di kalangan wisatawan sehingga disarankan untuk tiba lebih awal atau sebelum matahari terbenam untuk pengalaman yang lebih tenang. Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari Labuan Bajo dan hanya bisa dikunjungi dalam tur sehari atau kapal pesiar yang berlayar. Pengunjung juga diminta menjaga keasrian pantai dengan tidak membawa pulang pasir yang ada.

Sementara di urutan pertama Pantai Terbaik di Dunia adalah The Pass yang berlokasi di Teluk Byron, Australia. Pantai ini disukai para peselancar karena memiliki gelombang besar tetapi juga bisa memiliki hamparan pasir lembut berwarna krem merah muda. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pantai Ipanema dan Ao Maya

Menyusul di urutan kedua adalah Pantai Ipanema yang menginspirasi lagu The Girl form Ipanema yang populer. Pantai yang berlokasi di Rio de Janeiro, Brasil itu memiliki pemandangan matahari terbenam yang dicintai oleh warga lokal.

Pantai tersebut membentang sejauh (3 km). Subkultur lokal menggunakan kursi penjaga pantai yang diberi nomor sebagai penanda berbeda untuk area pantai mereka. Misalnya, Posto 9, yang terletak di dekat Rua Vinícius de Moraes, adalah tempat tujuan bagi para pecinta mode, menarik perhatian kaum muda dan cantik, serta artis dan hippie.

Sementara, Praia Farme yang terletak di depan Rua Farme de Amoedo, merupakan tempat berkumpulnya komunitas gay. Posto 8 adalah tempat berkumpulnya anak-anak dari favela. Antara Ipanema dan Copacabana, Posto 7 populer di kalangan peselancar, dan Posto 10 adalah tempat Anda akan menemukan permainan bola voli, sepak bola, dan futevôlei (voli kaki) berlangsung.

Di urutan ketiga adalah Ao Maya yang berlokasi di Krabi, Thailand. Pantai tersembunyi di balik tebing kapur menginspirasi sutradara film Danny Boyle untuk menjadikannya latar film The Beach yang dibintangi Leonardo Dicaprio. Popularitasnya melonjak dengan 6.000 turis berkunjung setiap hari ke Ao Maya.

Namun, kedatangan banyak wisatawan itu menimbulkan masalah ekologi, seperti merusak tanaman dan koral, tumpukan sampah, dan mengganggu kehidupan satwa. Pemerintah Thailand lalu memutuskan menutup teluk itu sejak 2018 hingga 2022. Mereka membangun infrastruktur yang lebih baik dan pelindung tambahan. Aturan kunjungan pun diperketat, meliputi larangan berenang, perahu tak bisa ditambatkan di teluk, dan kuota dibatasi 375 pengunjung dalam satu jam.

3 dari 4 halaman

Pulau di Tanzania hingga Yunani

Di posisi ke-4 terdapat Pulau Mnemba di Zanzibar, Tanzania. Pantai itu, menurut Lonely Planet, adalah tempat istirahat yang sempurna setelah beberapa hari ikut safari di daratan Tanzania. Pantai tersebut hanya bisa diakses tamu andBeyond resort yang bisa diinapi 23 orang. Tamu bisa menikmatinya dengan berjalan-jalan di pantai atau mencoba menyelam dan snorkeling di pantai.

Pelengkap daftar lima teratas adalah Sarakiniko yang berlokasi di Yunani. Pengunjung diimbau untuk membawa peralatan sendiri untuk pergi ke Sarakiniko, yakni sekumpulan batuan vulkanik yang diputihkan oleh sinar matahari yang tenggelam ke dalam hamparan kecil berwarna biru kehijauan di Laut Aegea.

Namun, pemandangan yang menakjubkan dan air yang sejuk menggantikan keadaan yang sulit. Erosi gelombang dan angin selama berabad-abad membuat formasi batuan di pantai menukik dan melengkung, menciptakan gua untuk dijelajahi dan tebing pualam untuk dilompati. Pengunjung bisa berjemur di bebatuan atau menggunakannya sebagai titik akses untuk snorkeling.

Sarakiniko termasuk pantai yang paling disukai di Yunani. Karena itu, pengunjung disarankan untuk berkunjung antara September-- Oktober agar tidak terlalu ramai.

 

4 dari 4 halaman

Daftar 20 Pantai Terbaik di Dunia Versi Lonely Planet

Jika Anda berada di sini saat musim ramai, tibalah di pagi hari dan Anda bisa menikmati suara angin dan deburan ombak sepuasnya. Jika memungkinkan, datanglah kembali saat matahari terbenam – pemandangannya cukup indah karena bebatuan berwarna pualam bersinar melawan warna api matahari terbenam. Berikut adalah daftar lengkap 20 besar pantai terbaik di dunia versi Lonely Planet:

1. The Pass, Teluk Byron, New South Wales, Australia

2. Pantai Ipanema, Rio de Janeiro, Brasil

3. Ao Maya, Ko Phi-Phi, Krabi, Thailand

4. Pulau Mnemba, Zanzibar, Tanzania

5. Sarakiniko, Milos Cyclades, Yunani

6. Pantai Chesterman, Tofino, Vancouver Island, British Columbia, Kanada

7. Cabo San Juan del Guía, Parque Nacional Natural Tayrona, Kolombia

8. Anse Source d’Argent, La Digue, Seychelles

9. Playa Balandra, La Paz BCS, Meksiko

10. Punta Paloma, Tarifa, Cádiz, Spanyol

11. Pantai Punta Rata, Brela, Makarska Riviera, Kroasia

12. Pantai Barat, Berneray, Outer Hebrides, Skotlandia

13. Rauðasandur, Westfjords, Islandia

14. Pink Beach, Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, Indonesia

15. Dueodde, Nexø, Bornholm, Denmark

16. Pantai Teluk Keem, Keel, County Mayo, Irlandia

17. Pantai Ruby, Taman Nasional Olympic, Washington, USA

18. Pantai Stanhope, Taman Nasional Prince Edward, PEI, Kanada

19. Radhanagar, Swaraj Dweep, Pulau Andaman, India

20. Pantai Pacifico, Siargao, Surigao Del Norte, Filipina

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.