Sukses

Tren PDKT dengan Orang Baru yang Nggak Bikin Capek, Pakai CV PDF bak Melamar Kerja

Belakangan ada cara baru berkenalan yang tidak membuat capek karena sudah dirangkum dalam CV atau Curiculum Vitae. CV biasanya dipakai untuk melamar kerja, dengan isi di dalamnya berupa detail data diri, riwayat pendidikan sampai hobi.

Liputan6.com, Jakarta - Di era canggih seperti sekarang, setiap orang dengan mudahnya berkenalan satu sama lain melalui platform media sosial. Namun, masih ada juga yang merasa cara ini ribet lantaran harus pendekatan lebih intens lagi.

Belakangan ada cara baru berkenalan yang tidak membuat capek karena sudah dirangkum dalam CV atau Curiculum Vitae . CV biasanya dipakai untuk melamar kerja, dengan isi di dalamnya berupa detail data diri, riwayat pendidikan sampai hobi.

Hal tersebut dibagikan oleh akun TikTok @erwiatra yang diunggah pada Sabtu, 20 Januari 2024. "Ribet ga sih kenalan sama orang baru? engga!" Tulisnya.

Di slide video selanjutnya, ia menunjukan saat sedang memulai obrolan dengan seorang wanita. Tanpa banyak basa-basi, ia meminta izin dulu untuk memperkenalkan diri secara singkat.

Lalu ia mengirimkan sebuah CV dalam bentuk PDF sebanyak 2 halaman, bermuatan 130 kb. "Salam kenal," ketiknya di obrolan Whats'app itu.

Lalu dibalas oleh temannya yang merasa kaget ketika ia mengirimkan CV berisi biodata berbentuk PDF. "Loh, Januari juga," balasnya seketika lalu mereka langsung terasa nyambung karena memiliki makanan favorit yang sama yaitu martabak.

Laki-laki bernama Ferdy itu juga menyertakan foto kecil, nama lengkap hingga tempat tanggal lahir dan berapa jumlah saudara kandungnya. Lalu biodata juga menuliskan sesuatu yang agak pribadi seperti hal-hal yang bisa membuatnya hilang perasaan atau ilfil. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berisi Informasi Detail hingga Nomor Sepatu

Ferdy juga menuliskan bahasa cintanya, riwayat pacaran dan berapa lama yang terakhir. Sampai detail, pria yang masih berseragam putih abu-abu itu juga menulis tentang cita-citanya, ukuran sepatu hingga minuman favorit.

Konten yang viral dengan kata kunci "kenalan lewat PDF" itu pun mendapat tanda suka oleh lebih dari 70 ribu pengguna TikTok. Ia juga mendapati banyak komentar tentang caranya berkenalan dengan seorang wanita.

"Secara usia memang masih junior, tapi terima kasih ilmunya," tulis warganet.

"Cantumin hard skill dan soft skill juga bang," sambung yang lain.

"Apaan ada ukuran baju segala," tanya warganet.

"Kurang BB sama TB bang," yang lain menimpali.

"Definisi lamaran PT cinta sejati," kata warganet.

"Gak bisa bang, gak ada bahan obrolan buat chatingan lagi," kata yang lain.

"Kreatif banget," sambung warganet lagi.

"Sepertinya tren anak 2006 ke atas kek gini ya, berasa tua sekali aku," ungkap warganet.

3 dari 4 halaman

Komunikasi Saat Pendekatan

Mengutip dari Tim Citizen Liputan6.com, Rabu, 24 Januari 2024, Anda pasti pernah melakukan pendekatan atau PDKT dengan seorang pria yang tak kamu kenal dengan baik. Hal ini bakal mempersulit pendekatan kamu dengannya, lantaran perlu mengulik latar belakang dan hobi yang disukainya kalau ingin berkomunikasi dengannya.

Mencari topik dalam melakukan pendekatan dengan seseorang mungkin terasa sulit bagi sebagian orang. Karena, masa pendekatan merupakan masa yang terbilang penting untuk menentukan suatu hubungan akan berlanjut ke tahap yang lebih serius atau tidak.

Jangan sampai kamu salah memilih topik pembicaraan karena akan membuat hubungan yang kamu jalin dengannya menjadi canggung dan tidak nyaman. Penting untuk memilih topik yang menarik dalam melakukan PDKT dengan seseorang.

Misalnya, Anda bisa membahas mengenai hobi, makanan kesukaan, keinginan dan harapan di masa depan, pengalaman liburan, perjalanan atau bahkan mengenai pengalaman pekerjaan dan pendidikan. 

4 dari 4 halaman

Topik Bahasan Saat Pendekatan

Topik pembicaraan memang bisa berasal dari mana saja, misalnya dari hal-hal sederhana di sekitar atau bahkan hal-hal lucu di sekeliling. Namun, saat sedang bersama dengan gebetan, tak jarang seseorang akan kehabisan topik pembicaraan yang berujung membuat suasana menjadi canggung.

Topik pembicaraan saat melakukan pendekatan memang menjadi permasalahan yang dialami seseorang. Melansir laman Pinkvilla, berikut beberapa tips untuk mencari topik pembicaraan yang terapkan saat pendekatan dengan gebetan.

1. Ketahui Minat dan Hobi

Anda pasti merasa senang jika membicarakan hal-hal yang menarik bagi lawan bicara. Bertanya kepadanya tentang minat atau hobinya pendekatan yang bagus untuk memulai percakapan. Hal ini pun akan membantu dalam mencari tahu apakah kalian berdua akan cocok.

2. Ceritakan Hal Lucu

Saat ada jeda dalam obrolanmu dengan gebetan, ceritakan hal lucu yang berasal dari pengalaman masa lalumu. Hal ini akan membuat gebetan merasa senang dan tertarik sehingga ia akan menceritakan hal lucu lainnya.

3. Film atau Acara TV Favorit

Anda dapat bertanya mengenai film atau acara TV yang disukai oleh sang gebetan. Jika kalian berdua memiliki kesamaan, hal ini merupakan cara yang bagus untuk memulai topik percakapan.

4. Makanan dan Minuman

Untuk memulai percakapan dengannya, kamu bisa bertanya, "Apa masakan favoritmu?" "Apa makanan favoritmu?" atau "Apakah kamu bisa memasak?"

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.