Sukses

Putri Cak Imin Ungkap Masalah yang Pernah Bikin Mereka Berdebat Panas

Di balik sifatnya yang santai, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ternyata juga sosok yang serius. Putrinya, Rahma Arifa alias Rara, bahkan mengungkap ayahnya itu pernah marah dan berdebat dengannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dikenal karena sifatnya yang santai dan lucu. Ia bahkan beberapa kali membuat candaan bersama pasangan calon presidennya, Anies Baswedan, di beberapa video yang beredar di media sosial.

Namun, di balik sifatnya yang santai, Cak Imin ternyata juga sosok yang serius. Putrinya, Rahma Arifa alias Rara, bahkan mengungkap ayahnya pernah marah padanya.

Di video podcast yang diunggah ke kanal YouTube Merry Riana, belum lama ini, Rara bercerita, ia pernah berdebat dengan sang ayah karena masalah unggahan di media sosial. Ia menyebut, saat lulus kuliah, Cak Imin membagikan unggahan untuk menyatakan rasa bangga pada anaknya.

Namun, Rara meminta ia menghapusnya karena tidak ingin banyak orang yang tahu latar belakangnya. Selain, ia juga ingin mencari pekerjaan sendiri. Ia tidak ingin mendapat pekerjaan karena ayahnya seorang tokoh penting.

Tapi, hal itu membuat Cak Imin marah karena menganggap putrinya seperti tidak bangga dengan identitasnya sendiri. "Aku ingin lebih merasa leluasa membangun identitasku saat itu. Tapi, itu jadi perdebatan yang panas dengan ayah aku," terang Rara dalam video yang dibagikan Senin, 22 Januari 2024.

"Katanya, kesannya aku seperti menutupi kayak, 'Apakah kamu enggak bangga dengan identitas kamu?' Akhirnya kami berdebat," sambungnya.

Menurut Cak Imin, Rara justru bisa memanfaatkan "kelebihannya" untuk hal-hal positif dan bermanfaat untuk orang lain. "Tapi habis itu diskusinya jadi, 'Kamu itu diberikan kelebihan, memiliki seorang ayah yang sosoknya itu bisa memberi manfaat yang lebih banyak,' kayak embel-embel itu, justru jadi sosok yang bisa bermanfaat untuk orang lain," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Mau Manfaatkan Nama Cak Imin

Rara menambahkan, "Tapi, itu debatnya di situ, 'Aku kan maunya orang banyak enggak usah tahu soal ayah aku, tapi ayah bilang, 'Itu kan manfaat Ra, kenapa enggak jadikan fasilitas?'"

Setelahnya, Rara justru dibacakan dalil oleh ayah dan ibunya, Rustini Murtadho. Ia akhirnya mulai menerima identitasnya yang merupakan anak seorang pejabat.

Meski begitu, bukan berarti Rara memanfaatkan posisi ayahnya yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI. Ia mengatakan, ia tetap mengambil keputusan sendiri, termasuk dalam menempuh pendidikan. Namun, Rara lebih menerima identitasnya dan tidak menutupinya sebagai anak seorang Cak Imin.

Momen kebersamaan dengan ayahnya juga beredar, baru-baru ini. Usai debat cawapres, Minggu, 21 Januari 2024, Anies Baswedan membagikan trik agar bisa semangat beraktivitas di hari Senin, dan itu disontek dari Rara.

Ayah empat anak ini membagikan ulang video TikTok Rara lewat cuitannya di X, dulunya Twitter. Video itu menunjukan kebersamaan Rara dengan Cak Imin yang asyik melompat-lompat sambil berpegangan tangan.

3 dari 4 halaman

Cara Unik Rara Memotivasi Cak Imin

Anies merekomendasikan menirukan gerakan tersebut untuk mengurangi grogi bila harus melakukan tugas penting. "Happy Monday! Grogi mau ada tugas penting di kerjaan/sekolah hari ini? Pakai trik dari Rara ini biar hati semangat dan badan nggak kaku. " tulis Anies dalam cuitannya, Senin, 22 Januari 2024.

Tapi, banyak warganet lebih fokus pada video Rara. Pasalnya, tingkah ayah dan anak itu dinilai lucu dan menggemaskan. Video itu menunjukkan momen unik yang terjadi di belakang panggung debat cawapres pada Minggu malam, 21 Januari 2024, di JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Rara bermaksud membuat ayahnya rileks sebelum tampil. Selain mengajak Cak Imin melompat-lompat, ia juga terlihat memberi kata-kata penyemangat pada ayahnya. Namun, figur Rara yang tingginya setara dengan Cak Imin justru dinilai warganet terlihat seperti kakak yang sedang memberikan arahan pada adiknya.

"Kayak bukan lagi disemangatin anaknya, tapi kayak lagi disemangatin kakaknya yang pake nada anceman 'awas yee kalo nilai lu jelekkk!'" komentar seorang warganet.

4 dari 4 halaman

Tampilan Cak Imin Menurut Pengamat Mode

Di sisi lain, pengamat mode sekaligus perancang dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) Lisa Fitria menyoroti tampilan Cak Imin saat debat keempat. Lisa menyatakan, jika ditelisik, tampilan pasangan capres Anies Baswedan itu merupakan gaya andalan yang kerap digunakan para aktor dan idol Korea Selatan.

"Mungkin ada strategi baru, karena artis-artis Korea memang suka tampil dengan attire (busana) seperti itu untuk menampilkan look yang clean, putih bersih dengan kemejanya dimasukkan ke dalam celana. Itu bisa mengarah ke sana jadi agar gayanya office attire (baju kantor) ala Korea," kata Lisa, Senin, 22 Januari 2024, dikutip dari Antara.

Menurut Lisa, selain tetap menjaga tampilannya agar tampak seperti pejabat negara, sentuhan lengan baju yang digulung membuat Cak Imin tampil lebih kasual. Hal itu juga mungkin jadi cara cawapres nomor urut 01 itu untuk memacu elektabilitasnya dari anak-anak muda.

Pasalnya, anak-anak muda khususnya generasi Z dan generasi milenial saat ini cukup menggandrungi budaya Korea, termasuk seputar para aktor dan idol Negeri Ginseng. Karenanya, bisa jadi tampilan tersebut sengaja diusung Cak Imin untuk mendulang lebih banyak pemilih muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini